On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

5 Pertunjukan Alam Paling Menakjubkan Di Dunia

Air terjun Victoria, Zambia & Zimbabwe

Fenomena Alam Paling Menakjubkan
 
Air Terjun Victoria merupakan salah satu air terjun paling spektakuler di dunia. Air terjun ini terletak di Sungai Zambezi, yang pada kini membentuk perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe.

Air terjun ini memiliki lebar kira-kira 1,6 kilometer, dengan ketinggian 128 meter.  Air Terjun Victoria merupakan bagian dari dua taman nasional, Mosi-oa-Tunya National Park di Zambia dan Victoria Falls National Park di Zimbabwe. Ini juga Situs Warisan Dunia UNESCO, dan objek wisata utama di Afrika Selatan.

Bila tidak ingin terjebak keramaian turis saat mengunjungi air terjun ini, sebaiknya Anda pergi ke sisi air terjun yang berada di Zimbabwe. Sisi ini lebih murah, aman, dan sepi dari kepadatan turis.

Klik untuk memutar

Pada musim hujan yang jatuh pada November hingga April, pemandangan di air terjun ini menjadi lebih dramatis. Air terjun ini akan tampak hilang di antara kabut, seiring dengan suara deburan air yang semakin kencang.


Fenomena Matahari Malam, Finlandia

Fenomena Alam Paling Menakjubkan
 
Matahari pasti munculnya di pagi hari. Terbit di ufuk timur, menerangi hari hingga saat terbenamnya jelang malam tiba. Namun di finlandia, Anda bisa melihat matahari saat tengah malam, Lapland adalah sebuah provinsi di Finlandia yang memiliki luas wilayah 98.946 km² dan populasi 187.777 jiwa (2002). Ibu Kotanya ialah Rovaniemi. Provinsi ini memiliki fenomena unik yang indah dipandang, yaitu matahari di tengah malam.

Karena lokasinya yang berada di lingkar kutub, selama 24 dalam dua bulan setiap tahun provinsi ini disinari matahari sepanjang hari tanpa henti. Fenomena ini disebut midnight sun atau matahari tengah malam.

Fenomena ini terjadi setiap Juni dan Juli. Wisatawan yang mengunjungi Lapland dapat melihat cahaya unik dari matahari tengah malam, yang tidak memberi batas antara siang dan malam di sini. Hal ini memungkinkan pelancong untuk mendaki gunung Lapland di malam hari atau olahraga golf selama 24 jam.

Kerajaan Kupu-Kupu, Meksiko

Fenomena Alam Paling Menakjubkan
 
Fenomena di Meksiko ini adalah salah satu fenomena unik. Setiap tahun saat musim dingin, jutaan kupu-kupu Monarch dari Amerika Serikat dan Kanada bermigrasi ke Kota Angangueo dan bertengger di pohon-pohon yang ada di hutan Fir.

Melihat pemandangan kupu-kupu migrasi ini sangat menakjubkan, mulai dari terbang memenuhi langit dengan warna sayap oranye dan hitamnya, kemudian bertengger di pohon tinggi dan memenuhi hingga ke cabang-cabang pohon tersebut.

Aurora, Islandia dan Norwegia

Fenomena Alam Paling Menakjubkan
 
Aurora adalah fenomena pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat interaksi medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari.

Di Bumi, aurora terjadi di daerah di sekitar kutub Utara dan kutub Selatan magnetiknya. Aurora yang terjadi di daerah sebelah Utara dikenal dengan Aurora Borealis.Biasanya, Aurora Borealis terlihat di kota-kota di Islandia dan Norwegia. Terutama di Islandia, hampir setiap malam Anda bisa melihat fenomena ini.

Saat paling tepat melihat fenomena ini adalah setelah pukul 22.00 waktu setempat di pertengahan Oktober hingga pertengahan Maret. Lokasi yang ideal adalah di luar kota agar tidak terganggu cahaya lampu kota.

Kerlap-Kerlip di Gua, Itu Cacing Bukan Bintang!

Fenomena Alam Paling Menakjubkan
 
Alam memang luar biasa, tidak hanya menghasilkan pemandangan yang indah juga fenomena-fenomena unik yang seakan menjadi suatu pertunjukan menarik.

Berada dalam gua, tapi bisa melihat bintang berkelap-kelip? Pemandangan tersebut hanya bisa Anda saksikan di Gua Waitomo, Selandia Baru.

Sekilas, gua ini nampak seperti gua biasa, namun bila dilihat lebih dalam, gua ini merupakan habitat alami spesies unik. Ada cacing yang dapat menyala dalam gelap atau Arachnocampa luminosa di dalamnya.

Spesies ini merupakan satu-satunya spesies cacing menyala yang hanya ditemukan di Selandia Baru. Wisatawan dapat menikmati cahaya cantik dari hewan yang menyinari gua ini dengan menjelajahinya menggunakan perahu.

: dodkop.blogspot.com

.
Updated: Juni 22, 2016 — 23:26
On The Spot © 2014