On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

10 Penyakit Yang Dapat Diobati Dengan Lemon

Mamfaat Lemon
10 Penyakit Yang Dapat Diobati Dengan Lemon – Para penduduk Mesir Kuno percaya bahwa lemon merupakan penangkal manjur untuk beragam jenis racun. Para wanita yang mengharuskan tubuh langsing juga percaya bahwa lemon bisa membantu melancarkan pencernaan dan membantu membersihkan liver.


Buah satu ini memang kaya asam sitrat, kalsium, magnesium, vitamin C, bioflavonoids, pektin, dan limonene yang mampu mencegah infeksi.Lalu, apakah hanya 2 itu saja manfaat baik dari sebuah lemon. Tentu tidak, sebab masih ada 10 Penyakit Yang Dapat Diobati Dengan Lemon lainnya yang mungkin ada yang belum pernah Anda dengar sebelumnya. Penasaran? Mari kita gali bersama harta karun di balik lemon ini.

1. Obat jerawat

Asam sitratnya manjur untuk menghilangkan jerawat, sementara kandungan vitamin C-nya penting untuk menghaluskan kulit karena sifat alkalinya bisa membunuh bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat. Selain minum jus lemon setiap pagi, maka berikut ini ada beberapa resep obat jerawat ala lemon :

Klik untuk memutar

Dengan jari atau cotton ball, aplikasikan perasan lemon ke area berjerawat dan diamkan semalam. Bilas pada keesokan paginya. Mungkin awalnya area berjerawat akan terasa seperti terbakar, namun itu hanya reaksi awal saja.

Campurkan satu bagian perasan lemon dengan satu bagian air mawar atau air madu. Oleskan campuran ke area berjerawat dan diamkan selama 30 menit. Bilas, ulangi pengobatan 2 kali sehari, biasanya pada pagi dan malam hari.


2. Obat stres

Penelitian menunjukkan bahwa minyak atau balsem aroma lemon memiliki efek menenangkan yang bisa meredakan pusing, kelelahan, kegelisahan, rasa gugup, dan rasa tegang. Tak hanya itu saja, minyak lemon juga bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus. Anda bisa menggali manfaatnya lewat cairan pel, pewangi ruangan, aromaterapi, hingga minyak pijat.

3. Obat sariawan

Kandungan antibakteri dan antivirus yang ada dalam sebuah lemon bisa menyembuhkan sariawan dengan segera. Berkumurlah dengan campuran perasan lemon dengan air hangat, lakukan 3 kali sehari. Mungkin rasanya akan sedikit perih namun yang penting segera sembuh kan?

4. Obat flu

Saat Anda terkena flu, khasiat menyembuhkan lemon bekerja dari dalam dan luar. Dari dalam, kandungan vitamin C-nya mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan dari luar, kandungan antivirusnya yang mencegah virus berkembang biak.

Ketika tanda-tanda awal mulai muncul seperti hidung mbeler dan sakit tenggorakan, coba tingkatkan konsumsi vitamin C dengan mengonsumsi perasan 1 buah lemon dengan air hangat tiap 2 jam sekali.

Namun jika kondisi tenggorokan sudah lebih parah, maka tambahkan perasan 1 buah lemon dan 1 sendok teh garam ke dalam 250 ml air hangat. Berkumurlah 3 kali sehari selama 1 menit untuk mengurangi sensasi perihnya.

Bagi penyakit radang amandel, berkumurlah tiap 2 jam sekali selama lebih kurang lebih 30 detik dengan menggunakan lemon segar. Miringkan kepala ke belakang agar cairan mencapai belakang tenggorokan. Anda boleh menelan cairan ketika Anda selesai berkumur.

5. Obat eksema/eksim

Radang kulit bisa disembuhkan dengan menambahkan 8 tetes minyak esensial lemon dan 1 sendok makan madu (madu juga memiliki efek anti-radang dan bisa memperkuat daya pengobatan lemon) ke dalam 250 ml air hangat. Rendam sebuah kain ke dalam cairan, peras, lalu letakkan di atas kulit selama 15 menit, 2-3 kali sehari. Tidak hanya bisa meredakan infeksi, rasa gatal pun bisa hilang.

6. Obat lelah

Para pejalan kaki dan petualang dunia menganggap lemon sebagai obat penghilang penat kiriman Tuhan yang ajaib. Saat merasa lelah, mereka tinggal menyedot cairan masam tersebut untuk bisa merasa segar kembali.

Tinggal tusuk, sedot, dan minum. Selain diperas dan diminum, minyak lemon juga mampu meredakan lelah. Anda bisa menambahkan 4 tetes minyak lemon ke dalam air bathtub sebelum berendam.

7. Obat nafas bau

Usai makan seafood yang amis, merokok, atau minum alkohol, biasanya mulut akan bau. Untuk menyegarkannya, Anda bisa berkumur dengan perasan lemon yang dicampur dengan air hangat. Mengunyah irisan lemon setelah makan merupakan alternatif lain yang lebih mudah.

8. Obat hipertensi

Bawang memang efektif meredakan tekanan darah, namun dampaknya akan lebih hebat saat Anda mengombinasikannya dengan lemon.

Tambahkan lumatan 3 butir bawang putih dan 1 irisan bawang bombay ke dalam 1 liter susu kedelai atau susu rendah lemak. Didihkan di atas api kecil dan diamkan 5 menit. Tuang melalui saringan dan tambahkan perasan 3 lemon segar.

Minum dan habiskan dalam sehari. Untuk kasus kolesterol tinggi, lemon juga bisa banyak membantu karena kandungan pektinnya yang mampu melancarkan sirkulasi gizi sehingga kolesterol bisa turun.

9. Obat gigitan serangga

Kulit digigit serangga? Oleskan 1-2 tetes minyak lemon yang telah dicampur dengan 1 sendok teh madu di atas kulit tersebut. Untuk mencegah gigitan serangga, tambahkan 20 tetes minyak lemon ke dalam 250 ml air hangat dan semprotkan ke udara.

Baunya yang segar sekaligus bisa menolak nyamuk. Cara lain adalah dengan menempatkan rendaman cotton ball ke dalam minyak lemon di dalam kamar. Jika Anda hendak cari angin di luar rumah, aplikasikan wewangian lemon ke sekitar kulit yang terbuka atau gosokkan campuran 10 tetes minyak lemon dengan 45 ml minyak biji bunga matahari.

10. Obat insomnia

Beberapa studi menemukan bahwa balsem/ minyak beraroma lemon yang dipadukan dengan calming herbs seperti valerian atau chamomile bisa membantu meredakan kegelisahan dan menuntun seseorang untuk lekas terlelap.

Baca Juga : 9 Mamfaat Buah Naga

Sumber Artikel

.
Updated: Mei 21, 2016 — 11:26
On The Spot © 2014