On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

5 Nutrisi Selain Kalsium Yang Baik Untuk Tulang Kamu

Kalsium adalah salah satu mineral yang penting untuk kesehatan tulang. Namun, mengonsumsi banyak kalsium juga dapat menimbulkan resiko buruk pada kesehatan tulang. Karena kalsium yang terlalu banyak dan tidak diserap oleh tulang ini hanya akan berakhir pada ginjal dan menyebabkan masalah kesehatan.

Klik untuk memutar

Untuk itu diperlukan beberapa nutrisi lain dalam meningkatkan kesehatan tulang. Nutrisi lain selain kalsium ini dapat membantu penyerapan kalsium pada tulang yang membuat tulang lebih bekerja secara optimal.

Nah, seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 5 nutrisi selain kalsium yang baik untuk tulang kamu :

1. Magnesium

Magnesium merupakan salah satu nutrisi yang juga baik untuk kesehatan tulang kamu. Karena tulang yang sehat ini akibat asupan Vitamin D yang cukup. Dan magnesium inilah yang dapat menjadi nutrisi pendamping untuk membuat vitamin D ini bekerja dengan baik sehingga tulang akan lebih sehat.

Magnesium ini bisa kamu dapat dengan mengonsumsi beberapa makanan seperti bayam, sayuran buah bit, biji labu, biji-bijian, gandum utuh, kacang, dan kacang polong. Makanan tersebut dapat bekerja baik dalam penyerapan kalsium ke tulang.

2. Potasium

Potasium ini biasa di dapatkan dari makanan seperti jus jeruk, kentang, kismis, bayam, pepaya, pisang, dan labu. Potasium ini sangat baik untuk menetralkan asam metabolisme yang diproduksi oleh tubuh dan melindungi tulang dari kerusakan seperti keroposan tulang penyebab oesteroporosis.

3. Vitamin D

Vitamin D ini merupakan sala satu nutrisi terpenting untuk kesehatan tulang. Karena vitamin D ini sangat berperan penting untuk mengatur tingkat kalsium dan fosforus dalam pembentukan tulang supaya tidak mengalami kelebihan dan kekurangan.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D ini, kamu dapat mengonsumsi beberapa makanan seperti ikan salmon, tuna, makarel, jamur shitake, telur, dan hati sapi. Atau dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi.

4. Fosforur

Fosforur ini juga merupakan nutrisi penting dalam meningkatkan kesehatan tulang. Karena Fosforur ini berperan penting untuk menghambat produksi garam kalsium dan menyebabkan tulang menjadi lemak.

Namun, mengonsumsi fosfour ini juga tidak boleh berlebihan karena dapat beresiko penyakit jantung dan stroke. Biasanya fosfour ini terdapat dalam makanan seperti salmon, keju, hati sapi, biji bunga matahari, biji labu, ayam kalkun, ayam, domba, dan lainnya.

5. Vitamin K

Vitamin K yang di dapat dari makanan seperti bayam dan kale atau sayuran seperti brokoli, kubis, dan brussel sprout ini telah dibuktikan dari sebuah penelitian yang mengungkap bahwa vitamin K juga terlibat dalam produksi protein yang penting untuk menjaga kekuatan tulang.

Nah, itulah dia kelima nutrisi selain kalsium yang baik untuk kesehatan tulang kamu. Ingin tulang tetap kuat dan sehat, penuhi kelima nutrisi di atas setiap harinya.

sumber

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

.
Updated: September 25, 2015 — 03:28
On The Spot © 2014