On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Dampak Begadang Bagi Kesehatan Tubuh Menyeramkan !!!

Onthespotv7.Com – Dampak Negatif dari begadang – Setelah sebelumnya ciyusni membahas dampak begadang bagi kesehatan psikis atau psikologi maka kali ini kita akan membahas dampak begadang bagi kesehatan. Tentunya dampak begadang bagi kesehatan adalah negatif atau buruk tidak ada manfaat positif yang bisa diambil karena tidur malam merupakan waktu yang berguna untuk mengistirahatkan tubuh.

Tetapi cukup banyak orang yang kesulitan atau tidak memiliki waktu untuk melakukan kebiasaan sehat ini. Kurang tidur akibat kebanyakan begadang bisa menyebabkan dampak buruk pada fisik dan mental Anda juga. Terlepas dari penyebabnya, secara negatif ada beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh orang yang sering begadang, seperti dilansir Livestrong dan detikhealth.

Klik untuk memutar

Baca Juga : Kebiasaan Penyebab Impoten atau Cara Mudah Cepat Tertidur.

1. Begadang Menyebabkan Daya Tahan Tubuh Menurun

Begadang adalah salah satu penyebab utama dari daya tahan tubuh seseorang menurun sehingga menyebabkan orang yang suka begadang menjadi mudah sakit. Sistem kekebalan tubuh Anda memerlukan jumlah tidur yang cukup untuk dapat berfungsi dengan baik. Bahan kimia tertentu dalam tubuh yang mempromosikan tidur juga berfungsi untuk mengatur sel sistem kekebalan.
Sel pembunuh alami (natural killer cell atau sel NK) dapat mengalami depresi selama periode kurang tidur, menurut sebuah penelitian ‘FASEB Journal’, yang telah dipublikasikan resmi oleh Federation of American Societies for Experimental Biology. Sel NK memainkan peran penting dalam pertahanan awal terhadap infeksi bakteri dan virus serta penolakan terhadap sel tumor. Sitokin, molekul sel sinyal yang diproduksi oleh sel-sel saraf dan sistem kekebalan tubuh, juga terpengaruh oleh kurang tidur, menyebabkan perubahan respon sistem kekebalan tubuh serta peningkatan molekul pro-inflamasi yang dapat merusak tubuh Anda.

2. Begadang Menyebabkan Menurunnya Performa Seksual Pria

Kurang tidur tak hanya membuat tubuh lekas letih dan dilanda stres, tapi juga mempengaruhi performa seksual, terutama bagi kaum pria. Pada pria yang sering begadang dan kurang tidur, hormon testosteron mereka menjadi sangat berkurang. Pengaruh berkurangnya hormon testosteron pada pria karena kurangnya waktu tidur membuat kemunduran performa fisik yang signifikan,  dapat membuat fisik pria menjadi 15 tahun lebih tua dari umur sesungguhnya. Rendahnya hormon testosteron tadi kemudian membuat pria kehilangan hasrat seksualnya. Tak hanya itu, kurang tidur juga membuat otot dan tulang menjadi lemah. Energi pun seakan menjadi habis.

3. Begadang Menyebabkan Perubahan Berat Badan

Begadang memiliki efek negatif pada berat tubuh Anda, yang mungkin menyebabkan penurunan berat badan, tetapi lebih sering penambahan berat badan. Kurang tidur berdampak negatif terhadap kadar hormon dalam tubuh. Secara khusus, hormon leptin dan ghrelin, yang memainkan peran penting dalam kelaparan dan nafsu makan, dapat menjadi tidak seimbang. Ghrelin merangsang tubuh untuk makan, sedangkan leptin memainkan peran dalam menceritakan kepada tubuh bahwa Anda sudah kenyang. Menurut situs Sleep Deprivation, kurang tidur menyebabkan tingkat ghrelin meningkat dan tingkat leptin menurun, yang sering mengakibatkan makan berlebihan dan kenaikan berat badan.

4. Begadang Menyebabkan Mudah Terkena Stroke

Begadang dan kurang tidur dapat meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung. Kebiasaan tidur singkat yang sudah kronis menghasilkan hormon dan bahan kimia dalam tubuh yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, dan kondisi lain seperti tekanan darah tinggi,kolesterol dan diabetes.

5. Begadang Menyebabkan Menurunnya Kinerja Seluruh Organ Tubuh Manusia

Kekurangan jam tidur dan tidur tidak teratur bisa membuat fungsi organ mulai dari bagian kepala hingga pencernaan mengalami masalah. Hal ini ditunjang dengan kebiasaan yang sering dilakukan saat susah tidur di malam hari seperti main video game, menggunakan komputer, ngemil dan sebagainya.

translate
.
Updated: September 11, 2014 — 17:26
On The Spot © 2014