On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

10 Negara dengan Koneksi Internet Tercepat

Mempunyai koneksi yang cepat merupakan dambaan setiap pengguna internet. Dengan mempunyai koneksi internet yang cepat setidaknya mengurangi resiko stress. Karena dengan koneksi internet yang lemot dapat meningkatkan tingkat stress orang bertambah. Sebuah penelitian dari Akamai Technologies yang mana merupakan  perusahaan internet content delivery, mendata negara mana saja yang mempunyai akses internet super cepat. Berikut daftar negara yang mempunyai koneksi internet paling ngebut yang dihitung berdasarkan kecepatan koneksi tertinggi rata-rata atau average peak connection speed yang diukur di negara itu. Dalam periode Juli sampai September tahun lalu.

Inilah Negara – negara yang mempunyai koneksi kecepatan internet tertinggi yang di kutip dari Bloomberg :

1.Singapura (30,7 Mbps)

Dengan kecepatan puncak mencapai 30,7 Mbps, Singapura berhasil merangsek posisi 10 besar. Negara tetangga ini memang mengalami kemajuan di segala bidang. Singapura dipandang sebagai pusat teknologi atau tech hub di Asia Tenggara. Banyak perusahaan teknologi besar yang mendirikan kantor di negara mungil ini. Pendiri Facebook, Eduardo Saverin, juga tinggal di Singapura. Dengan fasilitas super nyaman yang disediakannya, memang Singapura menjadi pilihan tempat tinggal banyak kaum ekspatriat

2.Israel (30,9 Mbps)

Israel memang termasuk negara paling maju di Timur Tengah. Negara kaum Yahudi ini punya kecepatan koneksi internet puncak rata-rata 30,9 Mbps. Di samping Amerika Serikat, Israel dikenal sebagai gudangnya start up teknologi. Studi terbaru dari Start Up Genome menyatakan bahwa ibu kota Tel Aviv adalah tempat terbaik bagi pengembangan start up setelah Silicon Valley. Berbagai perusahaan teknologi besar juga punya kantor besar di sini. Seperti raksasa mesin cari Google.

3. Bulgaria (32,1 Mbps)

Negara Eropa Timur ini menarik para perusahaan global dan investor berinvestasi di sana karena pajaknya yang rendah dan upah buruh murah. Selain itu, koneksi internet puncaknya mencapai rata-rata 32,1 Mbps.
Local Area Network adalah jenis koneksi yang paling banyak digunakan di sana. Dipakai oleh sekitar 60% konsumen. Internet pun kini semakin menjangkau pelosok-pelosok Bulgaria. Dan dengan kecepatannya, penduduk pun lumayan terpuaskan.

4. Swiss (32,4 Mbps)

Negara di Eropa Barat ini tercatat punya kecepatan koneksi puncak rata-rata 32,4 Mbps. Swiss juga tercatat sebagai salah satu negara dengan peneterasi internet broadband tertinggi di Eropa. Di negara ini, broadband telah menggantikan komunikasi telepon dan DSL network telah menggantikan kabel sebagai teknologi kunci akses broadband. Swiss memang termasuk negara maju, terkenal antara lain dengan industri jam tangannya. Juga tujuan wisata terkemuka dengan gunung Alpen yang bersalju tebal.

5. Belgia (32,7 Mbps)

Koneksi internet di Belgia mencapai kecepatan puncak rata-rata 32,7 Mbps. Termasuk sangat tinggi untuk ukuran benua Eropa sekalipun. Dengan kecepatan tersebut, mendownload film bisa dilakukan dengan kilat. Sebagai contoh, download film komedi Austin Powers in Goldmember mungkin hanya butuh waktu enam menit. Belgia yang negara tetangga Belanda ini punya posisi sangat penting di Eropa. Yakni sebagai markas besar lembaga Uni Eropa di Brussels.

6. Rumania (37,4 Mbps)

Rumania ternyata masuk negara yang punya koneksi internet super cepat untuk memanjakan warganya. Dengan kecepatan puncak rata-rata mencapai 37,4 Mbps. Sayangnya, sejatinya kecepatan tersebut turun 3,2% dari periode kuartal sebelumnya. Rumania pun menjadi satu-satunya negara dengan kecepatan rata-rata puncak yang mengalami penurunan. Kota-kota di Rumania seperti Constanta tercatat menikmati akses internet yang termasuk paling cepat di dunia.

7. Latvia (37,5 Mbps)

Ketika memperbincangkan negara dengan teknologi tinggi, Latvia barangkali jarang masuk hitungan. Namun nyatanya, negara kecil ini mencatat kecepatan koneksi puncak rata-rata 37,5 Mbps. Internet di Latvia memang mengalami masa pertumbuhan pesat sejak tahun 2000-an. Dengan dukungan penuh dari pemerintah. Perekonomian Latvia mungkin belum semaju negara-negara Eropa Barat. Namun untuk urusan koneksi internet, mereka boleh diacungi jempol.

8. Jepang (42,2 Mbps)

Sebagai negara yang terkenal dengan teknologi tinggi, tidak heran jika Jepang juga maju soal koneksi internet. Kecepatan koneksi puncak rata-rata di sini adalah 42,2 Mbps. Pemerintah Jepang memang sejak lama memprioritaskan pengembangan internet sebagai tujuan nasional. Kabel optik kecepatan tinggi bertebaran di banyak tempat. Jepang adalah rumah dari banyak perusahaan multinasional yang sukses di ranah global. Sebut saja nama seperti Sony, Toshiba, Canon, Toyota ataupun Honda.

9. Korea Selatan (48,8 Mbps)

Korea Selatan selalu menempati posisi tinggi soal koneksi internet berdasarkan riset berbagai lembaga. Menurut Akamai, kecepatan koneksi puncak rata-rata mencapai 48,8 Mbps. Selain koneksi nan cepat, harganya pun relatif terjangkau. Misalnya untuk berlangganan internet 100 Mbps, user di sana cukup membayar USD 31,9. Penduduk Korea Selatan sendiri dikenal sangat gandrung main game online. Internet yang cepat pun memanjakan aktivitas mereka.

10. Hongkong (54,1 Mbps)

Dengan dukungan besar dari pemerintahnya, koneksi internet di Hong Kong begitu ngebut. Di bekas jajahan Inggris ini, kecepatan internet puncak rata-rata mencapai 54,1 Mbps. Sebagai ilustrasi, dengan kecepatan tersebut, pengguna bisa mengunduh film HD Battleship dalam waktu sekitar 4 menit saja. Tidak seperti negara induknya China yang dikenal sangat ketat meregulasi internet, Hong Kong reatif bebas sensor. Sehingga penduduknya bisa merdeka soal akses internet dengan kecepatan kilat.

100 besar koneksi internet tercepat di dunia koneksi internet negara paling tinggi lembaga penelitian kecepatan broadband internet
.
Updated: Juli 20, 2016 — 03:26
On The Spot © 2014