On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

5 Makanan Khas Korea Selatan Yang Tidak Biasa

5 Makanan Khas Korea Selatan Yang Tidak Biasa – Makanan Korea saat ini sedang naik daun berkat Korean wave yang sedang melanda seluruh dunia. Masakan dari negara ini terkenal dengan proses memasak dan bahan-bahannya yang sederhana namun unik.

Tetapi siapa sangka kalau di Korea juga terdapat makanan-makanan dengan bahan ekstrem yang mungkin bisa membuat Anda bergidik. Berikut ini kami sajikan 5 Makanan Khas Korea Selatan Yang Tidak Biasa seperti dilansir Korea Bridge .

1. Sundae

Klik untuk memutar
Makanan Khas Korea Selatan

Sundae yang satu ini bukan jenis es krim yang berasal dari barat. Sundae adalah masakan Korea yang dibuat dengan cara mengisi usus sapi atau babi dengan berbagai bahan makanan kemudian direbus.

Sundae termasuk dalam varian sosis darah, sama seperti haggis dari Irlandia dan didih dari Indonesia. Makanan ini adalah jajanan populer di Korea dan merupakan salah satu kuliner tradisional Korea.

Resepnya bahkan tertulis dalam buku panduan memasak “Gyuhap chongseo” dan “Siuijeonseo” yang terbit pada masa Dinasti Joseon. variasi sundae yang banyak dijumpai di Korea adalah yang terbuat dari usus babi dan diisi dengan soun (dangmyeon), barley, dan darah babi.

Kadang ditambahkan pula daun perilla, pasta kedelai, nasi, kimchi, dan kecambah. Walaupun begitu setiap daerah di Korea memiliki resep Sundae khas masing-masing.

2. Bosintang

Makanan Khas Korea Selatan

Beberapa negara seperti China dan daerah barat Indonesia memiliki kuliner yang terbuat dari daging anjing. Ternyata di Korea juga ada makanan yang serupa.

Bosintang atau rebusan daging anjing. Makanan ini adalah hidangan khas musim panas. Konon bisa meningkatkan stamina tubuh. Di Korea anjing ternyata termasuk daging yang lumrah dikonsumsi.

Ada jenis anjing tertentu yang sengaja dikembangbiakkan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi warga Korea. Tetapi ada banyak pula warga Korea yang menentang konsumsi daging binatang ini.

3. Beondegi 

Makanan Khas Korea Selatan

Beondegi adalah jajanan khas pinggir jalan di Korea. Bahan utamanya adalah larva ulat sutra yang dibumbui kemudian direbus atau dikukus. Makanan ini biasa dijadikan teman minum alkohol.

4. Ggeopdaegi

Makanan Khas Korea Selatan

Hidangan ini pasti tak asing lagi bagi Anda yang gemar menonton film atau serial drama Korea. Ggeopdaegi. Makanan yang sering dijajakan di kedai-kedai kaki lima ini dibuat dari kulit babi.

Biasanya disajikan dalam balutan saus kemerahan yang dicampur dengan sayuran atau dijadikan semacam barbeque. Teksturnya liat dan kenyal menyerupai kikil. 

5. Bokjili

Makanan Khas Korea Selatan

Pernah mendengar tentang ikan fugu? Ikan berduri yang bisa menggembungkan tubuhnya untuk mempertahankan diri ini terkenal beracun tetapi juga populer sebagai hidangan mewah di Jepang.

Ternyata di Korea pun ada makanan yang terbuat dari ikan fugu. Namanya bokjili. Bokjili biasanya disajikan dalam bentuk sup. Isinya terdiri dari daging ikan fugu, cabai merah, dan rempah-rempah.

Nah, Itulah 5 Makanan Khas Korea Selatan Yang Tidak Biasa. Sebenarnya masih banyak lagi hidangan khas negeri ginseng tersebut yang tergolong ekstrem. Anda berniat mencoba?

.
Updated: Juni 7, 2016 — 23:27
On The Spot © 2014