On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

5 Fakta Menarik tentang Uban


Kebanyakan orang takut saat di mana rambut mereka berubah menjadi putih. Memikirkan warna rambutnya berubah saja bisa membuat orang teringat akan kematian.

Sayangnya, rambut beruban merupakan fakta kehidupan bahwa kita semua harus berurusan dengannya suatu saat nanti. Berikut adalah beberapa fakta yang perlu Anda ketahui tentang uban, seeperti yang dikutip dari metrotvnews.com

Klik untuk memutar

1. Rambut awalnya memang berwarna putih
Pada awalnya rambut semua orang sebenarnya berwarna putih. Rambut tumbuh di folikel, di kulit kepala Anda dan mungkin Anda pernah melihat dalam iklan-iklan sampo.

Awal mulanya, rambut berwarna putih kemudian pigmen melanin memberikan warna lain saat rambut tumbuh. Saat Anda berusia lebih tua, sel penghasil pigmen ini mulai mati, sehingga rambut Anda berwarna seperti asalnya yaitu putih.

2. Penyebab utama uban adalah penuaan
Mungkin Anda sudah mengetahui dengan baik hal ini. Tapi menurut dermatologist, 50 persen uban terjadi pada usia 50 tahun. Nah, apabila di usia 30 tahun Anda sudah beruban, itu berarti karena gen keluarga Anda. Sebab gen juga bisa menyebabkan rambut menjadi berwarna putih.

3. Etnis mempengaruhi uban
Secara umum, rambut putih pertama kali ada pada orang-orang Amerika, kemudian Asia, dan Afrika. Itulah mengapa orang Asia lebih cepat rambutnya beruban ketimbang dari benua lainnya.

4. Gaya hidup juga turut andil

Merokok, stres, penyakit, dan pola makan yang buruk semua dapat mengubah rambut menjadi abu-abu lebih cepat, jadi penting untuk menjalani gaya hidup sehat jika Anda ingin menjaga penampilan Anda.
Salah satu penyebab utama munculnya uban yang ‘terlalu dini’ yaitu karena kekurangan vitamin B12, jadi pastikan pasokan vitamin ini pada tubuh Anda tercukupi.

5. Mencabut uban tidak membuat uban tumbuh lebih banyak
Ini hanyalah mitos yang ada di masyarakat. Setiap folikel hanya bisa menghasilkan satu rambut, dan mencabut rambut putih tidak serta merta membuat rambut disekitarnya menjadi putih.

Tapi pencabutan bisa merusak folikel, dan membuatnya tidak tumbuh lagi. Hingga bisa menyebabkan kebotakan. Solusinya Anda hanya perlu memotong rambut uban tersebut.

.
Updated: Juli 27, 2015 — 03:26
On The Spot © 2014