On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

9 Tindakan Yang Membuat Uang Anda Terbuang Percuma

Setiap hari, banyak orang yang membeli sejumlah barang dan tanpa sadar telah membuang uangnya secara percuma untuk benda tersebut. Hati-hati, seringkali Anda tidak menyadari telah menghabiskan uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

Seperti dikutip dari Lifehack.org, sejumlah pengeluaran kecil untuk barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan, dapat menumpuk menjadi pemborosan besar.

Tentu saja, semakin lama, sikap boros tersebut dapat menguras uang dan merugikan Anda dalam jumlah besar. Belum lagi, sebagian orang juga membuang barang yang telah dibelinya karena merasa tidak terlalu membutuhkan atau menginginkannya.

Klik untuk memutar

Untuk menghindari kerugian tersebut, berikut sembilan pengeluaran yang dapat membuat uang Anda terkuras percuma:

1. Air mineral

Harga air kemasan dalam botol tercatat terus naik. Daripada membeli, lebih baik Anda membawa bekal air minum sendiri dari rumah. Tak hanya berhemat, Anda juga dapat menyelamatkan lingkungan karena tak menumpuk sampah plastik dari botol kemasan air minum yang dibeli.

2. Membeli produk bermerek
Kapan terakhir kali Anda membeli barang hanya karena mereknya? Banyak orang membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan dan hanya melihat mereknya saja. Lain kali, cobalah untuk mencari produk serupa dengan harga yang lebih murah dan jangan jadikan merek sebagai patokan utama.

3. Kopi
Membeli kopi di kedai-kedai tertentu seperti Starbucks hanya akan membuat Anda membuang uang secara percuma. Apalagi, jika Anda membelinya setiap hari. Buat dan bawa kopi dari rumah, tabung uang Anda.

4. Membeli makanan siap saji
Saat ini, banyak toko yang menyediakan makanan siap saji bagi para pembelinya. Anda hanya tinggal memanaskannya dan makanan tersebut siap untuk dihidangkan. Padahal dengan memasak sendiri di rumah, Anda tak perlu mengeluarkan terlalu banyak uang. Dengan begitu, Anda bisa menambah tabungan di rekening pribadi.

5. Membeli buku
Hobi membaca buku seringkali tak murah karena Anda harus membeli bacaan yang diinginkan secara rutin. Tapi jangan salah, hobi tersebut dapat berubah menjadi murah jika Anda meminjam buku dari pelajaran.

Dengan perkembangan teknologi, Anda juga bisa membaca buku melalui bantuan internet di komputer atau laptop.

6. Rokok
Hati-hati! Tak hanya buruk bagi kesehatan, rokok juga berbahaya bagi dompet Anda. Meski sulit, cobalah untuk keluar dari kebiasaan tidak sehat ini dan cari cara untuk menghentikannya. Tak hanya uang, tapi nyawa Anda juga berhasil diselamatkan.

7. Telepon seluler (ponsel)
Meski memiliki banyak manfaat, tapi ponsel dapat menjadi salah satu penguras kantong Anda. Kaji kembali penggunaannya, agar Anda tetap dapat menggunakannya dengan biaya murah dan tidak mengeluarkan uang terlalu banyak.

8. Hidangan yang tidak akan Anda makan
Jika tidak hati-hati dalam membeli makanan, Anda justru hanya akan membuangnya dan membuat pengeluaran Anda sia-sia. Saat ini, rata-rata keluarga di Amerika Serikat (AS) tercatat membuang 25% menu makanan yang dibelinya.

9. Membeli makanan di bioskop
Bukan rahasia lagi, membeli makanan dan minuman di bioskop dapat menjadi sangat mahal. Popcorn atau softdrink dapat dijual dengan harga dua kli lipat atau bahkan lebihh. Untuk itu, sebaiknya Anda tidak membeli makanan saat hendak menonton di bioskop dan fokus menikmati film yang tengah ditayangkan.[lpt6/lifehack]

kata membuang percuma uang
.
Updated: Juli 2, 2016 — 23:26
On The Spot © 2014