On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Ganja yang Diolah Menjadi Campuran Mentega yang Enak


Ganja atau cannabis termasuk tanaman yang dilarang karena mengandung zat aditif narkotika. Namun, di beberapa negara, tanaman ini diolah sebagai campuran makanan.

Sudah ada 11 negara bagian di Amerika Serikat yang mengijinkan konsumsi ganja. Seperti dilansir wellandgood.com, penelitian menemukan bahwa daun ganja sebenarnya mempunyai beberapa khasiat seperti menyembuhkan trauma dan merangsang kreativitas otak.

Klik untuk memutar

Tapi tentu hal itu bisa terjadi jika ganja diberikan dalam bentuk dan porsi tertentu. Hal ini bukan hal baru, karena ganja memang dibutuhkan dalam dunia medis.

Namun, seperti yang dikutip dari detik.com, kini daun yang punya nama Latin Cannabaceae ini diolah menjadi bahan makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Seperti Cannabutter, atau cannabis butter, mentega yang terbuat dengan campuran daun ganja.

Mentega ini sedang marak digunakan karena nutrisinya. Bahkan, sebuah buku berjudul Herb: Mastering the Art of Cooking with Cannabis telah beredar di pasaran, hasil tulisan Matt Gray.

Pria ini bekerjasama dengan Chef Melissa Parks, seorang chef lulusan Le Cordon Bleu, dan Laurie Wolf yang belajar di Culinary Institute of America.

Dalam buku ini menyebutkan cara membuat cannabutter, dan menu-menu praktis yang bisa dipraktekkan di rumah. Pembuatannya tak beda jauh dengan herb butter. Setiap 500 gram mentega diperlukan sekitar 30 g daun ganja yang sudah mengalami proses dycarboxylate. Proses dycarbo ini untuk memastikan ganja aman dicampur dalam makanan.

Menurut Laurie Wolfs, ganja bisa saja masuk pada semua jenis hidangan. Sifatnya seperti rempah penyedap pada tiap masakan.

Selain sebagai campuran brownies, ia juga sering membuat sup menggunakan cannabutter. Memang diperlukan teknik tertentu agar racikan hidangan yang mengandung ganja pas di lidah. Ia menyarankan untuk tidak terlalu banyak memakainya, karena akan merusak rasa makanan.

Ia juga menyarankan agar tidak menghanguskan ganja, tidak mencampurkan ganja terlalu banyak, dan selalu mencicip racikan tersebut sebelum memasaknya dalam porsi yang banyak.

.
Updated: Januari 7, 2016 — 07:27
On The Spot © 2014