On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

11 Rumah Sakit yang Terkenal Berhantu di Dunia


Banyak orang menganggap gedung rumah sakit sebagai salah satu tempat menyeramkan selain tempat pemakaman. Beberapa rumah sakit memang menyimpan kisah mengerikan dan memancarkan aura suram.

Berikut 11 rumah sakit berhantu yang paling mengerikan di dunia, seperti yang dikutip liputan6.com dari laman Grabhouse.

Klik untuk memutar

1. Severalls Hospital, Inggris
Pengobatan untuk gangguan kejiwaan seperti lobotomi dan electroshock (efek kejutan listrik) adalah hal yang normal di Severalls Hospital. Jadi tidak mengherankan jika rumah sakit ini kabarnya berhantu dan sangat menyeramkan. Severalls Hospital ditutup tahun 1997 tapi para pemburu hantu masih kerap mengunjungi tempat ini untuk menemukan penampakan tak lazim.

2. Old Changi Hospital, Singapura
Memiliki reputasi sebagai tempat paling berhantu di Singapura, Old Changi Hospital pernah digunakan oleh tentara Jepang sebagai kamp penjara selama Perang Dunia II. Konon, mereka yang tewas di tangan tentara Jepang masih berusaha untuk membalaskan dendamnya.

3. Royal Hope Hospital, AS
Dibangun di atas tanah pemakaman penduduk asli Amerika, rumah sakit yang terletak di St. Augustine, Florida ini kabarnya dipenuhi hantu mereka yang menghembuskan napas terakhir di sana.

4. Beechworth Lunatic Asylum, Australia
Penampakan misterius dan tahanan yang meninggal kerap dikabarkan terlihat dari Beechworth Lunatic Asylum yang ditutup pada 1995 setelah beroperasi selama 128 tahun ini.

Diperkirakan kurang lebih 9.000 tahanan telah menemui ajal di balik dinding rumah sakit jiwa Beechworth. Kabarnya seorang gadis muda pernah dilempar hingga tewas dari jendela tinggi Beechworth tanpa alasan yang jelas.

5. Athens Mental Hospital, AS
Lebih dari 1900 jenazah dimakamkan di halaman rumah sakit yang dikenal akan prosedur lobotominya ini. Nisan-nisan yang ada di sini tidak bernama, hanya diberi nomor urut. Rumah sakit ini ditutup pada 1993, tapi kabar tentang halamannya yang berhantu masih tetap terdengar hingga kini.

6. Tranquille Sanatorium, Kanada
Sanatorium ini semula adalah sebuah rumah peternakan sebelum kemudian dijadikan rumah sakit bagi pasien tuberkulosis (penyakit paru) pada 1907. Fasilitas ini lantas ditutup pada 1950-an dan hanya dibuka lalu ditutup kembali untuk selamanya pada 1985. Kabarnya banyak yang melihat gelembung-gelembung melayang yang entah dari mana datangnya serta suara-suara dan bayangan misterius. Keganjilan ini sering dikaitkan dengan kisah seorang perawat yang dibunuh oleh pasiennya.

7. Nocton Hall Hospital, Inggris
Menurut legenda, seorang pelayan wanita dibunuh oleh anak pemilik tempat ini yang awalnya adalah sebuah rumah besar. Rumah besar ini lantas dialihfungsikan sebagai rumah sakit dan hantu gadis itu bergentayangan di salah satu kamar tertentu. Banyak orang mengaku pernah melihat bayangan spektrum di kamar tersebut tepat jam 4.30 pagi.

8. Ararat Lunatic Asylum, Australia
Fakta bahwa rumah sakit jiwa ini mulai difungsikan sejak 1867 dan sekitar 13 ribu pasien telah meninggal di sini cukup membuat bulu kuduk berdiri. Saat ini rumah sakit jiwa ini memang sudah tidak lagi beroperasi tapi gedungnya masih digunakan sebagai fasilitas pendidikan. Konon sering ada penampakan hantu dan tur berkeliling gedung rumah sakit jiwa ini, termasuk ruang jenazahnya, cukup populer. Berani mencoba?

9. Sai Ying Pun Psychiatry Hospital, Hong Kong
Rumah sakit yang dibangun tahun 1892 ini kabarnya sangat berhantu sampai-sampai disebut “High Street Ghost House” atau sarang hantu. Konon rumah sakit ini digunakan oleh tentara Jepang sebagai tempat eksekusi selama Perang Dunia II.

10. Taunton State Hospital, AS
Ritual pemujaan setan dilakukan di ruang bawah tanah oleh para dokter dengan menggunakan pasien yang tak berkenan melakukan prosedur tersebut. Rumah sakit jiwa yang terletak di Massachusetts ini pernah menampung pembunuh berantai Jane Toppan sebagai tahanan. Berbagai jenis pengobatan aneh juga sering diterapkan pada pasien. penampakan yang sering terlihat di gedung rumah sakit ini adalah bayangan yang muncul dari ruang bawah tanah lalu merangkak ke tembok untuk mengawasi pasien di rumah sakit.

11. Trans-Allegheny Lunatic Asylum, AS
Meskipun fasilitas kesehatan yang dibuka pada 1864 ini ditutup pada 1994, ratusan orang telah menjadi korban karena sebaba yang tak pasti. Sebelum rumah sakit jiwa ini difungsikan, halamannya lebih dulu dijadikan pos militer pada Perang Dunia II. Beberapa hantu yang bergentayangan di halaman diyakini berasal dari periode tersebut.

.
Updated: Juli 27, 2015 — 03:27
On The Spot © 2014