On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Fenomena Alam yang Belum Terpecahkan


Para ilmuwan telah menghabiskan berabad-abad mengungkap banyak misteri alam, namun beberapa fenomena masih membingungkan pikiran ilmiah mereka. Dari cahaya aneh di langit setelah gempa hingga batuan yang secara spontan meluncur di tanah, peristiwa-peristiwa alamiah dari seluruh dunia ini tampaknya tidak memiliki tujuan atau makna. Inilah daftar top 8 fenomena yang paling aneh dan luar biasa yang terjadi dari seluruh dunia versi majalah science uncovered, seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com.

1. CAHAYA GEMPA
Cahaya Ethereal yang muncul di langit sebelum dan selama gempa

Untuk misteri, kontroversi dan skala epik, tidak ada yang mengalahkan cahaya gempa.

Klik untuk memutar

Misteri: apa yang menyebabkannya?
Kontroversi: apakah fenomena ini memang ada?

[embedded content]

Fisikawan Italia Cristiano Ferugia mengumpulkan banyak laporan cahaya gempa, bahkan ada laporan yang dibuat tahun 2000 SM. Untuk waktu yang lama, geoscientists tetap skeptis tentang fenomena aneh ini. Hingga sampai tahun 1966 saat bukti kuat muncul, dalam bentuk foto dari gempa Matsushiro di Jepang.

Sekarang, tentu saja, kita hanya perlu membuka internet untuk menemukan ratusan halaman penuh foto cahaya gempa, meskipun banyak yang meragukan keasliannya.

Tapi cahaya gempa muncul dalam begitu banyak warna dan bentuk yang berbeda – dari merah, putih dan biru, serta dalam bentuk bola, berkedip dan bersinar – hingga sulit untuk mendeteksi mana yang palsu.

Berbagai teori berusaha menjelaskannya termasuk panas yang disebabkan oleh gesekan, gas radon dan piezoelektrik – muatan listrik yang terakumulasi dalam batuan kuarsa saat lempeng tektonik bergerak.

Pada tahun 2003, fisikawan NASA, Dr Friedemann Freund melakukan percobaan laboratorium, yang menunjukkan bahwa cahaya gempa disebabkan oleh aktivitas listrik di batu. Dia mengatakan Gelombang dari gempa bumi dapat mengubah sifat listrik dari silikon dan oksigen yang mengandung mineral, yang memungkinkan mereka untuk mengirimkan arus dan memancarkan cahaya.

Tapi Profesor David Brumbaugh, dari Pusat Informasi Gempa Arizona di Flagstaff, Arizona, berpikir bahwa teori itu hanya dapat dianggap sebagai ‘kemungkinan penjelasan’ yang terbaik. “Meskipun teori Freund tampaknya menjanjikan, tapi kejadian yang sebenarnya mungkin sedikit lebih rumit,” katanya. Bagaimanapun, Brumbaugh mengakui bahwa ia tidak mengetahui adanya usulan lain yang lebih baik dari yang di usulkan Freund….

2. NAZCA LINES

Garis-Garis yang sangat panjang yang di pasir Peru yang membentuk gambar yang besar dan luas yang dibuat oleh populasi kuno – tapi tidak ada yang tahu mengapa.

Meliputi hamparan 450 km persegi padang pasir, Nazca Lines adalah karya seni besar yang terukir di dataran Peru. Termasuk desain geometris besar serta gambar binatang, tumbuhan dan tokoh mirip manusia, mereka terlihat dari udara seperti gambar raksasa.

Mereka diduga telah diciptakan oleh orang-orang Nazca selama periode 1.000 tahun antara 500SM hingga 500M, tapi tidak ada yang tahu mengapa .

Meskipun telah menjadi situs Warisan Dunia, pemerintah Peru mengalami kesulitan melindungi Nazca Lines dari penghuni liar. Menurut hukum Peru, yang melindungi rakyatnya yang tidak memiliki lahan, penghuni liar hanya perlu tinggal selama satu hari agar mereka bisa mengklaim sebuah lahan tak bertuan.

Tahun lalu, muncul laporan bahwa orang-orang Peru beternak babi pada situs ini. Dalam pandangan mereka, situs ini hanya sebuah hamparan ruang kosong di suatu wilayah dengan populasi miskin yang berkembang pesat.

Sementara itu, para arkeolog berusaha untuk mempelajari Nazca Lines sebelum mereka hancur. Klaim awal yang mengatakan bahwa desain di situs ini merupakan bagian dari kalender astronomi telah didiskreditkan dan sejak tahun 1997, para peneliti yang bekerja sebagai bagian dari kolaborasi Peru-Jerman telah mengalihkan perhatian mereka ke sejarah dan budaya dari orang-orang yang menciptakan mereka – bagaimana mereka hidup dan apa terjadi pada mereka .

Pada tahun 2012, Yamagata University, di Jepang , mengumumkan bahwa mereka akan membuka pusat penelitian di situs tersebut sebagai bagian dari proyek 15 tahun untuk mempelajari lebih dari 1.000 gambar. Selengkapnya baca disini

3. NAVIGASI KUPU-KUPU YANG LUARBIASA
Kupu-kupu Monarch dapat menemukan tujuan mereka yang jaraknya ribuan mil

Setiap tahun, jutaan kupu-kupu Monarch bermigrasi sejauh 2.000 km dari Amerika Utara ke selatan untuk musim dingin. Selama bertahun-tahun, tidak ada yang tahu di mana ribuan kupu-kupu ini berakhir.

Kemudian, pada tahun 1950-an, Norah Urquhart dan suaminya Fred, seorang ahli zoologi, mulai melakukan pelacakan pada kupu-kupu ini. Pada tahun 1976, diinformasikan oleh seorang penebang kayu lokal, bahwa kupu-kupu ini naik ke puncak sebuah gunung yang sekarang dijuluki ‘Pegunungan Kupu-Kupu’. Semua kupu-kupu di Amerika Utara, tampaknya, berada di hutan pegunungan di Meksiko.

Itu bukan akhir cerita. Meskipun saat ini kita tahu bahwa kupu-kupu monarch berakhir di 12 sampai 15 situs di pegunungan Meksiko, kita tidak tahu bagaimana mereka dapat pindah ke sana.

Studi menunjukkan mereka menggunakan posisi Matahari untuk terbang ke selatan, menyesuaikan dengan waktu hari melalui jam sirkadian di antena mereka. Tapi matahari hanya memberi mereka arah yang umum. Apa yang menuntun mereka hingga tepat menuju pegunungan Michoacan?

Satu teori adalah bahwa kekuatan geomagnetik lah yang menuntun mereka. Para ilmuwan baru-baru ini mengakuisisi beberapa alat genetik yang diperlukan untuk menyelidiki rincian sistem navigasi mereka. Sekarang para scientis memiliki kode genetik penuh, sehingga bisa mulai untuk melumpuhkan gen-gen tertentu untuk melihat bagaimana hal ini mempengaruhi ‘rasa’ arah dari hewan ini.

4. BALL LIGHTNING
Cahaya bulat yang muncul selama atau setelah badai.

Nikola Tesla, fisikawan yang menemukan listrik AC, diperkirakan pernah menciptakan bola petir di laboratorium. Dia menulis pada tahun 1904 bahwa meskipun dia tidak pernah melihat bola api, tapi … berhasil menentukan formasi mereka dan memproduksi mereka secara artifisial.

Itu klaim yang mengejutkan, dan bahkan sekarang lebih mengejutkan mengingat bahwa ilmuwan modern belum pernah bisa mereproduksi bola petir ini.

Terlebih lagi, banyak orang di komunitas ilmiah tetap skeptis tentang keberadaan bola petir. Namun, laporan saksi mata mengenai bola petir alami telah ada sejak era Yunani kuno.

Di zaman modern, fenomena bola petir secara umum telah digambarkan sebagai sebuah bola bercahaya yang muncul selama atau setelah badai. Ada juga laporan yang mengatakan bahwa bola petir melewati kaca jendela dan turun melalui cerobong asap.

Beberapa teori menyatakan bola petir adalah plasma, yang lain mengatakan bahwa itu adalah hasil dari proses chemiluminescent – cahaya yang terjadi karena reaksi kimia.

Pada Agustus 2013, para peneliti di Akademi Angkatan Udara AS di Colorado membuat dan memfoto bola plasmoid putih terang di laboratorium mereka. Bola ini dihasilkan dari percikan listrik daya tinggi , dilucuti oleh elektroda yang terendam dalam larutan elektrolit .

Para peneliti tidak bisa memastikan bahwa apa yang telah mereka ciptakan itu adalah bola petir, oleh karena itu, mereka menyebut fenomena itu sebagai “Ball Lightning-like Atmospheric Pressure Plasmoids”. Sedikit kurang menarik dari bola api Tesla, tapi yang pasti itu adalah bola cahaya yang paling mirip/mendekati bola api Tesla.

5. HUM
Suara berfrekuensi rendah yang tak teridentifikasi dan hanya beberapa orang yang dapat mendengarnya.

Kedengarannya seperti judul film horor tentang lebah pembunuh. Hum sebenarnya adalah nama yang diberikan untuk sebuah noise berfrekuensi rendah yang menjengkelkan – yang telah mengganggu penduduk setempat dari Bristol hingga ke Bondi. Meskipun tidak semua orang bisa mendengarnya, namun setidaknya satu dari 20 orang bisa mendengarnya.

Yang cukup menjengkelkan adalah jika Anda adalah satu dari 20 orang ini dan tak seorang pun akan mempercayai Anda.

Tahun lalu, warga Beaufort di County Kerry, Irlandia, memohon dewan lokal untuk mengatasi suara dengungan yang terus menerus terdengar sejak bulan April sebelumnya. Seorang warga mengatakan kepada Irish Examiner, “Tidak semua orang di paroki telah mendengar suara itu, tapi jangan hanya karena banyak orang tidak bisa mendengar, lalu dianggap suara itu tidak ada”. Dewan mencoba mematikan pompa air yang dituduh warga atas suara Hum, tapi setelah pompa dimatikan, suara itu tetap ada.

Di tempat lain, para ilmuwan ada yang mengkaitkan Hum ke tinnitus, kebisingan industri dan bukit pasir yang bernyanyi. Pada tahun 2006, salah satu ilmuwan Selandia Baru mengaku telah merekam suara Hum ini. Selengkapnya baca disini

6. TONGGERET YANG MUNCUL KEMBALI
Serangga yang tiba-tiba bangun setelah hampir 20 tahun hanya untuk kawin.

Mereka muncul dari sarang-sarang mereka yang sedikit gelap, setelah tidur selama 17 tahun. Mereka sangat berisik dalam mencari pasangan mereka. Ya ini adalah tonggeret (jawa: garengpung).

Sebagian besar tonggeret biasanya, tenang dan menyendiri, menghabiskan hari-hari mereka menggali tanah. Sebagai serangga, mereka berumur panjang dan tidak matang/dewasa sampai tahun ke-17 mereka. Pada awal musim panas tahun ke 17 mereka, sesuatu terjadi. Secara massal, mereka bangkit dari tanah dengan hawa nafsu mencari pasangan.

Dua atau tiga minggu kemudian, mereka mati, meninggalkan produk cinta mereka yaitu telur-telur. Telur kemudian menetas dan muncullah larva mereka (lebih tepatnya Nymph) yang kemudian masuk ke dalam tanah untuk memulai siklus itu lagi.

Pertanyaannya adalah: bagaimana mereka melakukannya? Jika kita terjebak dalam gelap selama beberapa hari, kita mungkin akan mengalami kesulitan untuk mengetahui waktu. Satu generasi tonggeret yang muncul di tahun 2013, mereka tidak pernah terlihat sejak tahun 1996. Tapi di musim panas 2013, miliaran Magicicada septendecim (species tonggeret) muncul, sesuai dengan jadwal, untuk membuat bayi tonggeret di seluruh timur AS.

Lebih anehnya lagi, Sementara tonggeret dengan periode 17 tahun terdapat di negara-negara bagian di timur laut amerika serikat, negara-negara bagian yang lebih tenggara diserbu oleh invasi tonggeret dengan periode 13 tahun. Apa hubungan antara 13 dan 17? Apakah bilangan prima?

Hal ini telah menyebabkan para ilmuwan untuk berspekulasi bahwa siklus hidup tonggeret berevolusi untuk menghindari bertepatan dengan siklus hidup predator-predator mereka.

Jadi, hidup tonggeret tidak sinkron dengan musuh-musuh mereka yang memiliki siklus hidup dua atau tiga tahun. Bahkan, mereka menghindari setiap predator dengan siklus hidup lebih lama dari satu tahun dan lebih pendek dari siklus hidup mereka sendiri. Sebuah trik yang rapi, tetapi tidak menjelaskan bagaimana mereka melacak waktu.

7. HUJAN HEWAN
Ketika satwa liar jatuh dari langit seperti hujan

Pada bulan Januari tahun 1917, ahli biologi Waldo McAtee mengirimkan paper nya ke Biological Society of Washington, dengan judul yang agak mengejutkan, “Hujan Materi Organik”.

Daftar isi makalah ini terlihat seperti resep untuk ramuan sihir, meliputi segala sesuatu, dari jerami dan daging hingga semut dan kodok. Dalam laporan delapan halaman, ia menyajikan klaim yang aneh,yaitu hujan larva salamander turun di Minnesota, dan hujan ikan di Inggris.

Odzaci, Serbia, pernah dihujani oleh katak, dan perch (semacam ikan merah) telah jatuh di Lajamanu, Australia . Setelah hujan berudu pada kota-kota Jepang, Nanao dan Hakusan pada tahun 2009, banyak yang mengira burung-burunglah yang menjatuhkan mereka. Jika hal ini benar, seharusnya berudu lebih terdistribusikan secara luas.

Para ilmuwan skeptis tentang hujan hewan, tapi satu penjelasan sederhana oleh fisikawan Perancis di abad ke-19 adalah bahwa angin kencang membawa dan menjatuhkan mereka.

Sebuah teori yang sedikit lebih kompleks melibatkan ‘ Waterspout’ – sebuah tornado yang melintasi kolam atau danau, mengisap kehidupan akuatik sebagai kelanjutannya. Ikan dapat ditarik oleh pusaran angin ini dan terbawa hingga kemanapun beliung ini kehabisan tenaga. Namun, sementara ini tampaknya ada kesepakatan tentatif bahwa hal ini belum mungkin, karena tidak ada penelitian ilmiah yang mengkonfirmasi hal itu.

McAtee lebih peduli dengan bagaimana peristiwa ini mungkin melayani penyebaran populasi. “Ikan ditakdirkan untuk jatuh di mana mereka tidak dapat bertahan hidup,” tulisnya. Ketidakmampuan mereka untuk hidup lama keluar dari air dengan ketat membatasi kemungkinan mereka tersebarkan secara luas dengan transportasi angin.” Selengkapnya baca disini

8. BOLA BATU BESAR COSTA RICA
Bola batu raksasa yang tujuan pembuatannya tak diketahui

Mengapa orang-orang Kostarika dari masa pra-hispanik memutuskan untuk mengukir ratusan bola raksasa dari batu, adalah sebuah misteri yang hingga hari ini masih belum terpecahkan.

The Great Balls of Costa Rica ditemukan oleh United Fruit Company pada 1930-an, ketika membuka lahan untuk dijadikan perkebunan pisang. Beberapa bola batu diameternya hingga dua meter.

Bola-bola batu ini diperkirakan dibuat antara 600 hingga 1000 Masehi. Bola dikenal secara lokal sebagai Las Bolas. Apa yang membuat misteri ini sulit untuk dipecahkan adalah karena tidak adanya catatan tertulis tentang budaya orang-orang yang menciptakan mereka. Penjajahan Spanyol menghancurkan semua warisan budaya penduduk pribumi.

Salah satu penyelidikan pertama dari batu diterbitkan pada tahun 1943 oleh arkeolog Doris Stone, yang memetakan distribusi mereka. Antropolog dari University of Kansas, Profesor John Hoopes telah menolak sebagian besar teori tentang ‘tujuan bola batu dibuat – khususnya yang menyangkut kota hilang dan pesawat ruang angkasa.

Pada tahun 2012, ia melakukan perjalanan ke Kosta Rika untuk mengevaluasi potensi mereka untuk dijadikan sebagai situs Warisan Dunia. Keputusan belum dibuat. Selengkapnya baca disini

Daftar fenomena di on the spot fenomena dalam on the spot oktober 2016 keunikan batu dan pasir persi on the sport misteri alam yg belum terpecahkan on the spot desa di norwegia dengan fenomena alam yang unik
.
Updated: Juni 21, 2015 — 03:26
On The Spot © 2014