On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Ini Kumpulan Foto-Foto Misterius Mars


Bagi orang awam, foto-foto Mars yang diambil oleh pesawat Curiosity mengungkapkan lebih dari sekedar pemandangan planet merah terpencil yang ‘dihuni’ bebatuan. Dengan pikiran sedikit imajinatif. Itu bukanlah sekedar bebatuan biasa. Seperti ada tanda-tanda kehidupan mahkluk asing di planet.

Seperti arti namanya, robot penjelajah Curiosity selalu membangkitkan rasa penasaran manusia terhadap Planet Mars.

Klik untuk memutar

Bertahun-tahun, para konspirator mata-elang yang menelaah lebih jauh gambar yang dikirim ke Bumi oleh NASA, menemukan sesuatu yang misterius. Mereka mengatakan bahwa ada kehidupan ekstraterestrial di Mars — dunia di mana kadal, putri duyung hingga patung mirip Presiden Barack Obama seperti muncul di permukaan planet merah itu.


Objek mirip Patung Presiden Barrack Obama


Objek mirip putri duyung atau Bigfoot

Mungkinkah ini sebuah kemungkinan bahwa batu itu berbentuk aneh?

Seperti yang dikutip dari liputan6.com, Foto terakhir kiriman Curiosity Rover yang memperlihatkan objek seperti pesawat UFO mendarat keras menghantam bebatuan, juga menuai perdebatan.

“Aku menemukan kejanggalan dari foto yang dikirim oleh Curiosity Rover. Obyek hitam itu seperti UFO yang mendarat keras,” tulis Scott C. Warring di website UFO Sightings Daily seperti dikutip oleh CNN.

“Pesawatnya hanya 2,5-3 meter. Jadi kemungkinan hanya sedikit penumpangnya. Semenjak banyak kita temukan objek di Mars yang kira-kira berukuran 5 hingga 8 meter, jadi boleh saya simpulkan, benda itu mungkin hanya membawa sekitar 20 hingga 40 penumpang.”


Objek mirip pesawat UFO

Sebelumnya pada awal bulan Agustus, Curiosity menangkap gambar seperti kepiting.

“Tapi jangan dulu ganti topi anda dengan helm, untuk bersiap andai Mars menyerang Bumi,” demikian penjelasan dari salah satu ilmuan NASA mengenai objek-objek ‘aneh’ itu.

“Kami punya kamera HD berwarna di pesawat itu, yang bisa menangkap lebih detail objek yang terkadang menipu otak — berpikir objek itu seperti putri duyung. Coba diperbesar, mungkin itu hanya bayangan saja,” kata seorang peneliti yang bekerja untuk proyek penjelajah Mars, Ashwin Vasavada.


Objek mirip helm perang saat Perang Dunia I

Menurut Vasavada ini adalah fenomena pareidolia, yaitu ketika otak mengenali sebuah objek yang ‘akrab’ dengan kehidupan sehari-hari namum sebenarnya objek itu tidak ada. Inilah yang menjelaskan mengapa orang melihat ada gambar laki-laki di Bulan atau perempuan kecil seperti berjalan-jalan di Mars.

“Saya ingat objek yang katanya mirip perempuan itu. Lokasi foto itu adalah tempat yang sedang kami pelajari,” kata Vasada. “Tempat yang kami sebut ‘kontak geologis’, di mana banyak batu pasir dekat lumpur yang terbentuk di dasar sebuah danau kuno.”


Banyak yang mengira `wanita` tersebut merupak alien, hantu, bahkan manusia normal. Apakah memang benar planet Mars memiliki tanda kehidupan?

“Sekarang, 3 miliar tahun setelah terjadi, lokasi itu menjadi gugusan pasir yang menuruni bukit. Kalau kita perhatikan bayangan dan cahaya membuat ilusi seperti perempuan. Dan dia mungkin hanya sekian centimeter tingginya, dan sejauh ini belum berpindah-pindah,” terang Vasavada.

Vasavada menikmati tebakan foto orang-orang yang dikirim oleh Curiosity. Namun, ia mengatakan timnya tidak menanggapi secara serius. Meski begitu, ia berharap NASA dapat menemukan bukti bahwa ada kehidupan di Mars.


objek mirip tulang dinosaurus

“Tentu bagi kami –500 peneliti– yang bekerja untuk Curiosity, akan lebih senang kalau memang benar kami menemukan kehidupan di sana,” ungkap Vasavada. “Namun sejauh ini kami belum menemukan tanda-tanda itu.”

Tapi bagaimana dengan tikus ruang angkasa yang begitu jelas terlihat di tengah puing-puing di foto ini?

“Kami tidak memiliki bukti iguana Mars atau tikus saat ini,” katanya. “Salah satu hal terbaik yang kami temukan adalah bahwa Mars bisa mendukung kehidupan, tapi sejauh ini yang kami pikir adalah kehidupan mikroba. Hal lain seperti tikus dan iguana itu adalah mata rantai makanan yang bisa saja dimiliki Mars.”

Rat On Mars In NASA Photo at Rover, Lizard Or Rodent, May 2013. UFO Sighting News. http://t.co/kMfw7dCH57 #lunch pic.twitter.com/AzwWFqcrfh

— Captain (@Uredda) August 7, 2015

Tikus, iguana dan perempuan kecil, serta spekulasi amatir dari foto-foto jepretan di Mars tidak akan sia-sia. Suatu saat nanti,” kalau orang menemukan tempat di mana meteor jatuh Mars. Itu baru fantastis,” kata Vasada.

Bagi Vasavada, ribuan foto yang diambil oleh Curiosity tidak aneh sama sekali.


Objek mirip tengkorak manusia

“Foto-foto yang diterima Bumi semakin biasa saja, kecuali kami melihat ada kesamaan dengan Bumi,” katanya. “Inilah yang menarik di Mars, bahkan hari ini Anda dapat melihat pemandangan yang terbentuk dengan cara yang sama, bahwa di mana gurun dan tempat-tempat lain di Bumi terbentuk. Inilah yang bikin saya selalu terperangah.”

Vasada berharap orang-orang bersabar tentang penelitian si planet merah.

“Kami memiliki cara tersendiri untuk menjawab pertanyaan ilmiah yang sangat sulit,” katanya. “Tapi tak semudah melihat putri duyung dalam gambar,” pungkas Vasavada.

Mengenai pareidolia selengkapnya dapat dibaca disini

Originally posted 2015-08-30 13:32:08. Republished by Blog Post Promoter

Related

foto tamara jade koleksi foto tamara jade kumpulan foto tamarajade
.
Updated: Maret 16, 2016 — 11:26
On The Spot © 2014