On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Misteri Batu Terbelah di Arab Saudi, Al Naslaa


Sudah tidak asing lagi bagi kita tentang batu yang berukuran sangat besar. Apalagi jika kita berada di tebing atau di gunung-gunung, tentu kita melihat banyak sekali batuan besar.

Tak jarang batu besar tersebut memiliki bentuk yang unik. Tapi batu yang ada di Madinah ini berbentuk sangat unik, yaitu berbentuk besar dengan bagian tengah seperti terbelah pedang.

Klik untuk memutar

Batu yang terbelah simetris ini bernama batu Al Naslaa. Batu ini berada di Padang Pasir Tayma. Batu Al Naslaa berbentuk besar dengan bagian tengah terbelah persis menjadi dua dan lurus seperti dibelah dengan pedang.

Bagian bawah batu terdapat batu lain yang berukuran lebih kecil dari batu besar bak penyangga. Yang membuat heran, bagaimana batu ini dapat terbelah persis lurus seperti sekarang ini. Ini masih menjadi misteri dan ahli arkeolog pun belum mengetahui persis bagaimana hal itu dapat terjadi.

Berbagai pernyataan muncul mengenai batu ini. Ada yang mengatakan bahwa hal itu disebabkan adanya pergeseran tanah, sehingga salah satu sisi tertarik kemudian terbelah menjadi dua.

Ada argumen lain yang mengatakan bahwa batu itu sebelumnya memang sudah retak, tapi kemudian terkikis karena bagian tersebut lebih lemah dari sekitarnya.

Yang tak kalah menarik dari batu yang terbelah sempurna itu adalah adanya lukisan seekor kuda dan manusia pada permukaan Al Naslaa.

Diperkirakan zaman dahulu sudah ada kehidupan di Padang Pasir Tayma ini. Hingga saat ini, belum ada yang mengetahui asal usus secara pasti batu Al Naslaa ini.

Related

.
Updated: Maret 14, 2016 — 11:26
On The Spot © 2014