On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Misteri Piramid Lingakaran di Meksiko


Mungkin, Anda belum pernah mendengar Guachimontones. Inilah piramida di Meksiko yang strukturnya melingkar dan berbeda dengan Piramida Giza yang terkenal di Mesir. Aneh dan penuh misteri.

Seperti yang dikutip dari detikTravel, Guachimontones berada di lembah dekat kota kecil Teuchitlan. Berjarak sekitar 1 jam dari Kota Guadalaraja.

Klik untuk memutar

Menurut ahli arkeolog, Guachimontones diperkirakan dibangun oleh Suku Aztec pada tahun 900-400 sebelum masehi. Guachimontones pun berbeda dengan Piramida Giza di Mesir. Sebab, bentuknya melingkar dan berundak seperti spiral, tidak segitiga.

Yang makin unik nan aneh, bentuk lingkarannya sangat sempurna. Lagi-lagi pertanyaan klasik, bagaimana bisa manusia pada zaman dulu yang belum mengenal teknologi, bisa membuat bangunan-bangunan yang di luar nalar?

Apalagi, Guachimontones tidak hanya satu atau puluhan. Di sekitar Teuchitlan, ditemukan banyak Guachimontones. Bahkan para ahli arkeolog percaya, kalau jumlahnya bisa mencapai 900 lebih. Wow!

Guachimontones diyakini dibangun sebagai tempat beribadah atau berdoa kepada dewa. Sebab di bagian atasnya, ada meja dan lubang untuk menancapkan tiang. Spekulasi bermunculan, bisa jadi itu untuk mengorbankan nyawa sebagai persembahan atau sebagai tempat khusus orang-orang suci.

Meski begitu, hingga kini belum diketahui pasti apa kegunaan piramida ini. Guachimontones sendiri merupakan bahasa nama yang diambil dari masyarakat setempat, yang punya arti ‘tempat yang tertutup.

Penemu Guachimontones pertama kali adalah Phil Weigand di tahun 1969, seorang penjelajah dari AS. Saat itu, dia bersama para ahli arkeolog dari Meksiko menemukan sekitar 200 Guachimontones dengan berbagai ukuran dari yang besar sampai yang kecil. Karena rasa penasaran, mereka menghabiskan waktu penelitian sampai 29 tahun lamanya dan menetap di sana.

Phil Weigand mengungkapkan, Guachimontones merupakan tempat yang disucikan oleh orang-orang Aztec di zaman dulu. Sebab, Guachimontones berlokasi jauh dari pemukiman penduduk. Temuan lainnya yang mengejutkan, yang didapat dari sekitar Guachimontones, terdapat sistem perairan dan kanal yang canggih untuk kehidupan.

Karena usianya yang ribuan tahun, banyak Guachimontones yang permukaannya ditumbuhi lumut dan rumput liar. Hal ini membuatnya terlihat seperti bukit hijau yang cantik dari kejauhan.

Ada tiga Guachimontones yang terkenal, yang berada di dataran tinggi Jalisco dan dikunjungi hampir 150 ribu turis per tahun. Tingginya mencapai 18 meter dan di sinilah turis bisa melihatnya dari dekat serta memotret sepuasnya.

Originally posted 2014-10-21 18:21:08. Republished by Blog Post Promoter

Related

tempat paling bahaya di mexico piramid
.
Updated: Mei 8, 2016 — 23:26
On The Spot © 2014