On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Eksekusi 70 Pejabat, Kim Jong-Un Pecahkan Rekor Ayahnya


Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un sejak naik ke tampuk kepemimpinan pada 2011 lalu, sudah mengeksekusi sekitar 70 pejabat setempat.

Kepemimpinan Jong-Un dianggap memimpin dengan teror. Eksekusi mati yang berlangsung di bawah kepemimpinannya, dianggap melebihi ayahnya. Kim Jong-Il saat masih berkuasa.

Klik untuk memutar

Menteri Luar Negeri Korea Selatan (Korsel) Yun Byung-se mengatakan Kim Jong-Un jauh lebih mengerikan dibandingkan ayahnya. Yun membandingkan Kim Jong-Il yang melakukan 10 eksekusi mati di saat awal berkuasa, jelas jauh berbeda dengan Jong-Un yang melakukan 70 eksekusi.

Pihak intelijen Korsel mengakui bahwa pihaknya mendapatkan data terkonfirmasi mengenai 70 eksekusi mati ini. Namun mereka menolak untuk mengungkapkan bagaimana informasi itu diperoleh.

“Kekejaman Kim Jong-Un memberikan efek signifikan bahwa warga Korut yang bekerja di luar negeri. Banyak dari mereka yang memutuskan untuk membelot ke Korsel,” ujar Menlu Yu, seperti yang dikutip metrotvnews.com dari Guardian.

Sejak naik ke tampuk kekuasaan, Kim Jong-Un menyingkirkan anggota kunci di pemerintah. Tindak eksekusi mati yang paling menyita perhatian adalah terhadap pamannya sendiri Jang Song Thaek pada 2013 lalu.

Thaek dieksekusi atas tuduhan melakukan pengkhianatan. Jang Song Thaek adalah suami dari adik dari Kim Jong-Il dan dia dianggap sebagai orang terkuat kedua di Korut.

Salah satu eksekusi mati lain yang diperintahkan oleh Kim Jong-Un adalah terhadap Menteri Pertahanan Hyon Yong Chol. Hyon dieksekusi dengan ditembak artileri karena dianggap mengeluhkan sikap Kim Jong-Un dan tertidur di saat rapat.

wanita terkejam
.
Updated: Juli 25, 2015 — 03:27
On The Spot © 2014