On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Live Streaming Gerhana Matahari 9 Maret 2016


Ada 12 provinsi yang bakal dilintasi GMT di Indonesia. Catat ya, provinsi-provinsi itu adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara.

Menjadi sorotan dunia, GMT memang menjadi kejadian langka yang hanya terjadi sekali dalam 350 tahun. Lalu, bagaimana dengan kamu yang tidak tinggal di-12 provinsi itu? Apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk melihat GMT? Jawabannya adalah ada dan berterimakasihlah kepada pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang akan menyiapkan fasilitas siaran langsung lewat jaringan internet.

Klik untuk memutar

“Masyarakat bisa mengamati detik-detik terjadinya gerhana matahari mulai pukul 06.30 WIB pagi dengan mengakses situs http://media.bmkg.go.id/gmt. Fasilitas siaran langsung ini disediakan agar masyarakat Indonesia dan publik dunia bisa melihat proses terjadinya gerhana tanpa harus melihat langsung ke arah matahari,” ungkap Rahmat Triyono, Kepala Stasius Geofisika kelas I BMKG Padang Panjang, seperti dilansir kapanlagi.com.

Tentu saja fasilitas siaran langsung yang disediakan BMKG ini menjadi sebuah angin segar bagi kamu yang tak bisa melihat GMT langsung di 12 provinsi yang dilintasi. Apalagi BMKG memang menghimbau agar publik tak melihat gerhana matahari dengan mata telanjang lantaran bisa mengakibatkan kerusakan.

Jadi, pastikan nanti di tanggal 9 Maret kamu punya kuota internet agar bisa berselancar di depan PC untuk menjadi saksi GMT Indonesia. Jangan mau kalah sama orang-orang di seluruh dunia yang juga sudah menanti GMT ini ya!

Selain di situs BMKG, kalian juga bisa menyaksikannya di sini:

[embedded content]

[embedded content]

Related

.
Updated: April 6, 2016 — 11:27
On The Spot © 2014