On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

3 Peristiwa Penting yang Terjadi di Tahun Kabisat


Pada tanggal 29 Februari, tahun kabisat akan muncu. Tahun kabisat hanya akan datang setiap 48 bulan sekali. Selain adanya berbagai fakta, tahun kabisat ternyata juga meninggalkan berbagai peristiwa penting. Apa sajakah peristiwa-peristiwa tersebut?

Seperti yang dikutip Bintang.com, inilah 3 peristiwa penting yang pernah terjadi di tahun kabisat.

Klik untuk memutar

1. Kedaulatan Sarajevo diakui (1996)
Setelah sekitar empat tahun secara rutin mendengar suara peluru serta gelegar meriam, salah satu kota di Bosnia itu akhirnya ‘merdeka’. Kala itu, pemimpin pemerintah Muslim Bosnia berhasil mengambil alih bagian pinggir kota, Ilijas dan jalan utama yang menghubungkan Sarajevo dengan wilayah lain di Bosnia.

2. Gempa Maroko (1960)
Tepat di tahun kabisat, sebuah bencana alam melanda kota di bagian selatan Maroko, Agadir. Gempa dengan kekuatan 6,7 skala richter itu telah memakan korban hingga ribuan jiwa. sementara sisanya, termasuk warga lokal dan turis, dilaporkan terjebak direruntuhan bangunan selama beberapa hari.

3. Perdamaian antara Timur Tengah, Pakistan, dan India (1956)
Sejak 1949, telah terjadi pergolakan antara militer Arab dengan Israel yang banyak menumbuhkan kekhawatiran kestabilan keamanan. Kala itu, Sekretaris Luar Negeri Britania Raya, John Selwyn Llyod, meninggalkan London untuk datang ke sebuah pertemuan di Karachi, Pakistan, untuk berbincang dengan Kolonel Abdel Naseer di Mesir.

Tidak hanya sekedar pertemuan kerjasama di tahun kabisat, perbincangan itu juga memiliki tujuan untuk mengatasi berbagai konflik yang terjadi di Timur Tengah.

Related

.
Updated: Maret 13, 2016 — 19:26
On The Spot © 2014