On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

6 Kerajaan Tertua yang Pernah Ada di Indonesia


Setelah zaman pra sejarah atau era di mana dinosaurus masih berdiri di muka bumi, maka banyak manusia yang membentuk koloni sendiri dan secara bertahap membentuk suatu budaya dan melahirkan peradaban. Peradaban tersebut juga berlaku di bumi Nusantara ini. Mulai dari masuknya manusia-manusia dari ras mongoloid, weddoid dan negroid hingga berkembangnya peradaban yang dibawa oleh bangsa Gujarat dan menghasilkan bangsa Melayu menjadi salah satu cerita asal-usul penyebaran manusia di Indonesia.

Ada banyak postulat sampai dengan hipotesa yang disertai dengan penjelasan atau juga bukti fisik dan otentik menyebutkan bahwa zaman dahulu, kerajaan di Indonesia hanya ada beberapa saja yang akhirnya berkembang luas dan bermunculan seperti yang diceritakan dalam buku-buku sejarah atau para pakar arkeolog dan antropolog.

Klik untuk memutar

Untuk lebih mengenal lebih jauh sejarah kerajaan yang ada di Indonesia, ada baiknya merunut kembali jauh ke belakang untuk mengetahui kerajaan-kerajaan tertua di Tanah Air, sebelum berdirinya kerajaan besar lainnya, seperti Majapahit atau lainnya. Berikut ulasannya seperti yang dikutip dari boombastis.com.

1. Kerajaan Mulawarman


Menurut banyak pakar sejarah, Kerajaan Mulawarman dapat dikatakan sebagai kerajaan tertua di Indonesia karena terdapatnya bukti Prasasti Yupa Mulawarman dengan tulisan huruf Palawa. Kerajaan Mulawarman ini diperkirakan terletak di Desa Muara Kaman, di dekat Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Diperkirakan lagi, Kerajaan Mulawarman berdiri sekitar abad ke-5 Masehi dan diperintah oleh seorang raja yang bernama Maharaja Kundungga. Walaupun sudah banyak yang sepakat menjadikan Kerajaan Mulawarman sebagai kerajaan tertua di Indonesia, akan tetapi ada beberapa bukti lain yang menyebutkan bahwa hal tersebut adalah salah karena banyak prasasti, termasuk Prasasti Yupa Mulawarman, menggunakan batu berjenis batuan beku dengan struktur columnar joint yang tidak ditemukan di daerah tersebut. Batuan jenis ini justru banyak ditemukan di sekitaran Situs Gunung Padang, Jawa Barat dengan umur batuan yang sama.

Pages: 1 2 3

.
Updated: Agustus 2, 2016 — 21:26
On The Spot © 2014