On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

7 Piramida paling Menakjubkan di Dunia


Sekitar 4,5 milenium yang lalu, bangsa Mesir mulai membangun piramida sebagai monumen raksasa. Piramida dipilih selain karena bentuknya yang sederhana, juga karena keistimewaannya yaitu “tak mampu roboh”. Bahkan piramida Giza hingga kini masih menjadi bangunan tertua buatan manusia yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Namun salah besar jika menganggap hanya bangsa Mesir saja pembuat piramida di muka bumi ini. Bangsa-bangsa lain seperti Inca, Maya, Aztec, bahkan Korea dan nenek moyang kita bangsa Indonesia-pun sudah tak asing lagi dengan teknologi pembuatan piramida.

Berikut ini adalah 7 Piramida paling Menakjubkan  di Dunia yang dikutip dari didunia.net

Klik untuk memutar

1. Giza Pyramid (Mesir)

Terdapat 3 kompleks piramida di sini, yakni kompleks piramida Khufu, Khafra, dan Menkaure. Tak lupa, di sini terdapat pula patung Sphinx yang tersohor itu. Konon, piramida ini disebut-sebut tak memiliki bayangan karena bentuknya yang limas sempurna. Namun sayang, peninggalan bersejarah ini terancam semakin “tertelan” dengan perkembangan kota Kairo.

2. Red Pyramid (Mesir)

Terletak di nekropolis (kota mati) Dashur, piramida ini merupakan piramida terbesar ketiga di Mesir setelah piramida Khufu dan Khafra di Giza. Piramida setinggi 105 m ini dibangun oleh Pharaoh Sneferu dan dibangun jauh sebelum Piramida Giza. Yang unik dari piramida ini adalah lokasinya yang masih terpencil dan asli, berbeda dengan piramida Giza yang sudah “terlalu” dekat dengan kota Kairo. Bahkan yang sangat merusak keagungan Piramida Giza dan Sphinx adalah restoran McDonalds yang terletak sangat dekat dengan lokasi bersejarah tersebut.

3. Nubia (Sudan)

Manakah negara yang memiliki jumlah piramida terbanyak di dunia? Ternyata bukan Mesir, melainkan tetangganya, Sudan. Tak banyak yang tahu bahwa di Sudan terdapat 220 buah piramida peninggalan Kerajaan Kushite yang tersebar di tiga lokasi di Nubia, Sudan. Jumlah ini hampir dua kali lipat dari jumlah piramida yang ditemukan di Mesir. Sebagian besar piramida ini dibangun antara abad 2-1 SM, namun piramida tertua di Meroe di tepi sungai Nil diperkirakan sudah ada sejak abad ke-6 SM. Sama seperti piramida2 Mesir, piramida2 Nubia dibangun sebagai makam para raja dan ratu. Hanya bedanya pada kemiringannya saja yang sangat tajam.

4. Teotihuacan (Meksiko)

Dari Afrika, kini kita akan membahas piramida2 yang ada di Amerika Latin. Salah satu yang terkenal dan terbesar adalah kompleks Teotihuacan yang diperkirakan mulai dibangun pada abad ke-2 SM oleh suku Aztec. Kota ini dahulu mungkin bisa disamakan dengan metropolis pada masa kini karena ukurannya yang besar. Di sini terdapat piramida2 raksasa, dua yang terbesar dijuluki Pyramid of the Sun dan Pyramid of the Moon.

5. Chichen Itza (Meksiko)

Dikenal pula dengan julukan “El Castillo”, piramida peninggalan suku Maya ini sudah menyandang predikat sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia yang baru. Namun sayangnya, mendaki hingga ke puncak piramida ini sekarang tidak diperbolehkan, sejak seorang wanita terjatuh dan tewas pada 2006 lalu. Selain Chichen Itza, beberapa piramida lain di Meksiko yang juga menakjubkan namun sayangnya kurang dikenal adalah:

Palenque

Palenque adalah peninggalan suku Maya yang terletak di tengah lebatnya rimba belantara tropis. Piramida ini dibangun sekitar abad ke 6-8 M.

El Tajin

El Tajin sendiri merupakan sebuah kompleks kota kuno yang berdiri sejak abad ke-6 dan berakhir masa kejayaannya sekitar abad ke-12. Bangsa Barat sendiri baru menyadari keberadaannya setelah abad ke-18. Dibangun oleh suku Totonac, reruntuhan kota tua ini memiliki beberapa piramida, namun yang paling terkenal adalah Pyramid of the Niches yang memiliki 7 lantai dan tinggi 22 meter.

Uxmal

Uxmal adalah piramida peninggalan suku Maya yang berbentuk unik, sebab bentuknya menyerupai oval. Diperkirakan piramida ini dibangun sekitar abad ke-6 hingga abad ke-10 M.

6. Ziggurat Ur (Irak)

Tak ada salahnya saya menyebut bangunan punden berundak ini sebagai piramida. Ziggurat adalah istilah bagi piramida buatan kebudayaan Mesopotamia (Sumeria, Babilonia, dll). Salah satu bangunan tertua di dunia ini dibangun pada abad 12 SM oleh Raja Shulgi yang juga memproklamirkan dirinya sebagai dewa. Ziggurat ini mengalami kerusakan akibat peperangan dan direkonstruksi oleh Raja Nabonidus pada abad ke-6 SM dan terakhir oleh Saddam Husein pada abad ke-20 dengan bata bata yang dicap dengan namanya. Ziggurat lainnya yang juga menakjubkan adalah ziggurat Choga Zambil di Iran yang dibangun sekitar abad ke-10 SM.

7. Goguryeo Pyramid (Cina)

Dijamin anda pasti shock begitu tahu bahwa bangsa Korea-pun pernah membangun piramida. Tomb of the General (Makan Sang Jenderal) atau Goguryeo Pyramid adalah piramida peninggalan kerajaan Korea kuno bernama Goguryeo di Jian, Provinsi Jilin, Cina. Tak heran, sebab wilayah kekuasaan kerajaan Korea ini dulu bahkan mencapai Cina dan Mongolia. Piramida ini merupakan makam Raja jangsu yang dibangun sekitar abad ke-5 M. Piramida ini juga menyandang nama Pyramid of The East atau Piramida Timur karena letaknya di Asia.

Selain itu, terdapat pula beberapa piramida yang dibuat oleh bangsa Cina. Piramida2 ini terkenal karena kemisteriusannya, sebab keberadaannya selalu ditutup-tutupi oleh pemerintah komunis Cina. Salah satu yang paling terkenal adalah Mausoleum Xin Shihuang, makam kaisar yang mempersatukan Cina yang terletak di Provinsi Shaanxi. Dibangun pada l pada 221 SM, konon para pekerja dan arsiteknya semua dibantai di tempat ini begitu pembuatan piramida selesai agar lokasinya tak diketahui siapapun.

Baca juga mengenai piramida terbesar di dunia disini

.
Updated: Juni 15, 2015 — 03:29
On The Spot © 2014