On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Lonceng Terbesar Kedua Dunia di Pagoda Mingun


The Mingun Pahtodawgyi atau Minigun Paya di kota Mingun, sekitar 10 km barat laut dari Mandalay di Myanmar tengah, adalah sebuah monumen besar yang belum selesai di tepi sungai Irrawaddy. Monumen mulai dibangun pada tahun 1790 oleh Raja Bodawpaya, tetapi harus dihentikan sebelum dapat diselesaikan. Seandainya monumen telah selesai, maka itu akan menjadi stupa terbesar di dunia. Bahkan dengan hanya sepertiga yang selesai, pagoda yang belum selesai tersebut adalah bangunan batu bata besar, dengan tinggi sekitar 50 meter dan lebar 70 meter.

The Mingun Pahtodawgyi adalah pemandangan yang mengesankan. Seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, Di tengah pagoda setinggi 50 meter yang menghadap ke sungai terdapat pintu masuk besar yang penuh ukiran. Di dalamnya adalah sebuah kuil kecil dengan gambar Buddha. Di depan pagoda menghadap ke sungai terdapat sisa-sisa dari dua patung singa raksasa yang tingginya sekitar 29 meter, menjaga kuil.

Klik untuk memutar


Sisi yang membelakangi sungai

Sebuah tangga di sebelah kanan struktur membawa pengunjung ke puncak pagoda di mana seseorang dapat memiliki pandangan ke daerah sekitarnya seperti Pagoda Hsinbyume di dekatnya, beberapa pagoda lainnya, sungai Irrawaddy dan pegunungan dibelakang pagoda. Namun akses ke tangga kini dibatasi setelah gempa bumi pada tahun 2012 yang menyebabkan kerusakan stupa.

Mingun Pahtodawgyi juga rusak saat terjadi gempa besar di tahun 1838. Beberapa retakan besar terlihat di dalam struktur dan kepala patung singa raksasa pecah dan meluncur ke sungai Irrawaddy.


Sisi yang menghadap sungai

Pembangunan pagoda besar diperintahkan oleh Raja Bodawpaya, Raja ke-6 dari dinasti Konbaung. Raja Bodawpaya telah menerima peninggalan gigi Buddha suci sebagai hadiah dari delegasi Cina yang mengunjungi istana Raja. Untuk mengabadikan peninggalan Buddha yang sangat penting itu, Raja ingin membangun pagoda terbesar di negara ini dan mungkin di dunia. Raja bermaksud membangun pagoda setinggi 152 meter. Skala yang mengesankan dari Paya yang juga dimaksudkan sebagai demonstrasi kekuasaannya.

Proyek pembangunan pagoda itu adalah sebuah proyek penting bagi Raja sehingga ia meninggalkan urusan negara kepada anaknya dan membuat tempat tinggal baru untuk dirinya sendiri di sebuah pulau di sungai untuk mengawasi proyek konstruksi.

Bodawpaya menggunakan ribuan tawanan perang dan budak untuk bekerja pada pembangunan stupa, dan dalam tujuh tahun pagoda telah mencapai ketinggian 50 meter, atau sepertiga dari tinggi yang direncanakan. Karena ukuran stupa yang besar, maka dibutuhkan dana yang besar yang dibebankan kepada rakyat sehingga membuat banyak ketidakpuasan di antara mereka. Mengambil keuntungan dari takhayul Raja, sebuah ramalan dibuat, untuk menghentikan proyek tersebut. Ramalan tersebut mengatakan bahwa setelah pagoda itu selesai Kerajaan juga akan berakhir.

Beberapa sejarawan berspekulasi bahwa mungkin ada penyebab lain, seperti kesulitan teknis, tenaga kerja yang tidak memadai dan kurangnya dana yang mencegah Raja dari menyelesaikan stupa. Ketika Raja meninggal pada tahun 1819 proyek ini dihentikan tanpa batas waktu dan tidak ada penggantinya yang meneruskan proyek tersebut.

Raja Bodawpaya mungkin memiliki harapan tinggi bahwa stupa itu akan selesai, karena pada tahun 1808, ia memiliki lonceng besar buatan yang dimaksudkan untuk dipasang di bagian atas stupa raksasa. Lonceng itu adalah lonceng terbesar di dunia selama hampir dua abad sampai dikalahkan pada tahun 2000 oleh lonceng seberat 116-ton dari Kuil Foquan, di Cina.

Lonceng Mingun tingginya 3,66 meter, berdiameter 5 meter dan berbobot 90 ton. Lonceng ini ditempatkan di sebuah paviliun gaya Burma yang ada di dekat Paya. Berdiri di tepi sungai dekat pagoda tersebut, terdapat Pagoda Pondaw yang lebih kecil, yang merupakan model skala kecil dari Mingun Pahtodawgyi yang asli, memberi kita bayangan yang jelas tentang seperti apa stupa besar ini akan tampak telah setelah selesai.


Pagoda Daw Pon terletak di dekat Pagoda Mingun, adalah model setinggi 15 kaki dari Pagoda Mingun


Pagoda Hsinbyume


Lonceng Mingun, foto diambil tahun 1873


Di dalam Lonceng


Lonceng Pagoda Mingun

Baca juga tentang pagoda-pagoda yang ditenggelamkan oleh tsunami dan kemudian diungkap lagi leh tsunami yang lain disini

lonceng terbesar didunia pagoda tertinggi di dunia sejarah lonceng didunia barat
.
Updated: Oktober 10, 2015 — 03:38
On The Spot © 2014