On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

5 Manfaat Buah Jamblang (Duwet) Bagi Kesehatan


Ragam buah-buahan di dunia memang sangat bervariasi dan masing-masing memiliki manfaat serta fungsi tersendiri, salah satunya adalah buah Jamblang. Di Indonesia, buah yang memiliki nama ilmiah Syzygium cumini ini biasa disebut dengan buah Jamblang atau Duwet. Buah tersebut merupakan buah khas dari dataran Asia karena hanya dapat ditemui di beberapa Negara tertentu di Asia, salah satunya adalah di Indonesia.

Seperti yang dikutip dari arbamedia.com, Buah jamblang, mungkin namanya tidak setenar nama buah pada umumnya seperti anggur,stroberi dan lainnya. Namun anda jangan salah, meskipun namanya tidak begitu populer, khasiat yang terkandung di dalamnya cukup mengejutkan, berikut ini adalah 5 manfaat dari buah Jamblang yang mungkin belum anda ketahui :

Klik untuk memutar

1. Mencegah penyakit jantung
Buah Jamblang, merupakan buah yang kaya akan berbagai macam nutrisi seperti asam ellagic/ellagitannins, anthocyanin dan anthocyanidins yang memiliki sifat inflamasi. Selain itu buah tersebut juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu menangkal radikal bebas dan juga kolesterol dalam tubuh, sehingga memiliki andil besar untuk mengurangi risiko stroke atau penyakit jantung.

2. Meningkatkan daya imun dan juga menguatkan tulang
Di dalam satu buah Jamblang mengandung berbagai macam zat yang mendukung pertumbuhan dan juga kesehatan. Kandungan tersebut adalah kalsium, zat besi , kalium serta vitamin C yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh serta meningkatkan masa tulang dan menguatkannya.

3. Obat anemia
Jika anda merupakan penderita anemia berat atau darah rendah, ada baiknya anda mengonsumsi buah Jamblang. Pasalnya buah tersebut mengandung banyak sekali zat-zat bermanfaat seperti vitamin C dan juga zat besi. Dimana kedua zat tersebut memang sangat berperan dalam pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

4. Penangkal penyakit diabetes
Diabet, sata ini sejatinya sudah sangat lekat sekali dengan hidup manusia. Ya, penyakit yang satu ini bahkan sudah menjadi budaya di masyarakat dan tren masa kini. Oleh sebab itu kehadiran buah jamblang cukup membantu dalam mengatasi masalah tersebut. Zat yang terkandung dalam buah jamblang memiliki manfaat dalam menurunkan risiko terserang diabet karena terbukti mampu menurunkan kadar gula dalam tubuh sebanyak 30 persen.

5. Mencegah penyakit kanker
Manfaat buah jamblang dalam mengatasi kanker telah diungkap oleh beberapa penelitian ilmiah, dimana keberadaan buah tersebut telah membawa sifat radioprotective serta chemoprotective yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas serta menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Itulah 5 manfaat penting buah jamblang bagi kesehatan yang mungkin belum anda ketahui, semoga bermanfaat untuk anda, dan jangan lupa baca juga buah-buahan indonesia yang telah langka disini

.
Updated: Juni 28, 2015 — 03:27
On The Spot © 2014