On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Cara Cuepat dan Gampang Hilangkan Cupang


Bercinta yang berlangsung dahsyat kerap kali meninggalkan bekas yang baru hilang setelah beberapa hari. Ciuman kuat-kuat yang dilakukan pasangan di bagian tubuh tertentu seperti leher akan meninggalkan bekas kemerahan atau kebiruan yang lazim disebut cupang. Tidak berbahaya memang, tapi bisa bikin malu. Bagaimana cara cepat menghilangkannya?

dr Eddy Karta, SpKK menyebut cupang biasanya terjadi di lapisan dermis akibat pecahnya pembuluh darah kapiler (pembuluh darah kecil). Itu makanya cupang sebenarnya sama dengan memar pada saat bagian tubuh terbentur benda keras. Bedanya, pada memar terbentur ada jaringan yang rusak akibat trauma benda tumpul. Sedangkan cupang lebih ringan karena tidak ada jaringan yang rusak, lantaran hanya pecah pembuluh darah.

Klik untuk memutar

“Karena itu cupang umumnya tidak sakit saat ditekan,” ucap dr Eddy saat dihubungi detikHealth beberapa waktu lalu.

Berikut ini beberapa cara yang diyakini bisa cepat menghilangkan cupang di leher dan area tubuh lainnya, seperti yang dikutip dari detikHealth

1. Gunakan Es Batu

Mengompres dengan es batu bisa membantu untuk menghilangkan cupang lebih cepat. Es akan mendinginkan pembuluh darah di area cupang, sehingga membantu mencegah terjadinya pembekuan darah dan membuat darah mengalir lancar kembali.

2. Pakai Sendok Dingin

Cara lain yang diyakini bisa menghilangkan cupang lebih cepat adalah dengan menggunaan sendok logam yang dingin. Ambil sendok logam, masukkan ke dalam freezer selama sekitar 20 menit. Setelah dingin, tekan-tekan sendok di kulit tubuh yang terdapat cupang. Diyakini ukuran dan warna cupang bisa berkurang.

3. Kompres Hangat

Bisa juga menggunakan kompres hangat. Siapkan saputangan atau handuk bersih, celupkan ke dalam air hangat, peras, dan kemudian tekan lembut ke kulit yang terdapat cupang selama beberapa menit. Ulangi setiap 4-5 menit.

Namun ada juga yang menggunakan plester hangat yang banyak dijual di warung atau di apotek. Nah, kalau pakai plester ini, secara otomatis cupang yang ada di leher Anda bisa tertutupi.

4. Gunakan Sikat Gigi

Cara lain yang dipercaya bisa menghilangkan cupang di leher adalah dengan menggosoknya menggunakan sikat gigi berbulu lembut. Gosokan bulu-bulu sikat gigi diyakini merangsang sirkulasi darah. Ingat, jangan terlalu keras karena akan membuat cupang justru lebih terlihat.

Beberapa orang yang menggunakan metode ini mengatakan setelah 15 menit, warna kemerahan mungkin akan menyebar, namun perlahan akan berkurang setelah sekitar 15 menit berikutnya.

Ada pula orang yang menggunakan koin untuk menyamarkan cupang. Jadi kulit yang ada cupangnya diolesi balsam, kemudian koin digunakan untuk menggaruk. Ya, ini adalah metode kerokan. Dengan warna merah bekas kerokan yang semakin banyak bertebaran di leher, tentunya bisa mengelabui teman-teman sekantor bahwa sebelumnya ada cupang bersemayam di sana.

5. Memijat Lembut

Agar aliran darah di sekitar cupang kembali lancar, beberapa orang menyarankan untuk memberikan pijatan ringan. Gunakan dua jari untuk memijat leher Anda yang terdapat cupangnya dengan pola melingkar dalam satu arah. Anda bisa melanjutkan pijatan ke arah lain setelah beberapa menit memijat. Saat memijat bisa digunakan minyak almond, minyak zaitun atau cocoa butter.

Karena cupang disebabkan karea perdarahan di bawah kulit, maka sebenarnya penggunaan obat oles yang ditujukan untuk mempercepat diserapnya perdarahan ini bisa membantu mempercepat hilangnya cupang.

Originally posted 2015-03-13 16:44:18. Republished by Blog Post Promoter

Related

cupang leher apakah boleh menggunakan air panas menghilangkan cupang bagaimana cara hilangin cupang cara hilangin bekas cupang susu merah bekas cupang pacar
.
Updated: Maret 26, 2016 — 11:27
On The Spot © 2014