On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Cobain 8 Trik Ini Supaya Tanggal Tua Kamu Gak Sedih-sedih Amat

Namanya baru gajian, pegang uang, pasti jadinya kalap dan pengen beli ini beli itu. Pengen ngelampiasin keinginan bulan lalu yang gak kesampean, ngerasanya “Ah masih banyak ini uangnya, cukup lah.” Masih “perasaan” loh ya. Kenyataannya sih, kalo diabisin begitu di awal gajian, entar sampe akhir bulan udah gak muat lagi tuh buat ngapa-ngapain. Daripada kamu gigit jari di tanggal tua, mendingan kamu lakukan trik ini biar nanti tanggal tua kamu gak sedih-sedih amat.

Baca juga artikel ini:

Klik untuk memutar

1. Jangan BM di Awal Bulan

The_Big_Bang_Theory,_Comic_Book_Store_-The_Comic_Center_of_Pasadena via de.wikipedia.org

Gonna buy em all! (?)

Untuk mencegah hal-hal yang gak diinginkan, ada baiknya kamu jangan banyak mau alias BM di awal bulan. Meskipun kamu udah ngebet banget sama suatu barang, tapi kamu harus perkirakan baik-baik. Kalo kamu beli itu barang, berapa rupiah lagi uang yang tersisa untuk kamu hura-hura? Bisa gak nge-cover kalo-kalo nanti di tengah-tengah bulan ada yang ngajak jalan? Belom lagi sama “biaya tak terduga” macem tau-tau motor mogok atau mobil kamu pecah ban. Bisa terkuras tuh uang makan.

2. Selesaikan Kewajiban

Di pelajaran PKN juga udah diajarin, yang namanya ada hak, ada juga kewajiban. Kalo kamu udah dapet hak kamu, maka kamu harus menyelesaikan kewajiban. Kewajiban macem apa, ya misalnya kalo kamu punya hutang ke temen, punya tagihan-tagihan nyicil sesuatu gitu, ya sisihkan uangnya untuk bayar. Kalo bisa bayar dulu semua yang harus dibayar sebelum kamu jajan yang aneh-aneh. Biar kamu gak usah ngutang lagi untuk nutupin utang kamu. Itu sih namanya gali lobang tutup lobang.

3. Makan Hemat

Bersyukurlah kalo kamu masih bisa menikmati makanan yang berbeda setiap harinya. Kalo bisa tuh misalnya di kantor dapet makanan, maka kamu makan yang di kantor aja jangan sok-sokan jajan ke luar. Kalo gak dapet konsumsi, coba bawa bekal. Kalo kamu bisa dapet satu menu makanan dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan yang biasa kamu beli yang mahal banget itu, mending pilih yang lebih murah. Biar gak kebingungan di akhir! Mendingan konstan makan menu macem nasi goreng, ayam bakar, ayam penyet dalam satu bulan penuh, daripada kamu makan steak satu hari tapi 29 hari selanjutnya kamu makan kerupuk doang pake kecap.

4. Sisihkan Uang Receh

Biasakan menyisihkan uang kecil-kecil dan simpan baik-baik. Meskipun saat awal bulan uang 10 ribu itu cuma 10 ribu, tapi di tanggal tua 10 ribu itu bisa menentukan kamu makan bubur doang atau kamu makan pecel lele. Uang kecil yang kamu anggap kecil pasti punya manfaat luar biasa terutama sih kalo kamu udah kepepet banget. Pedagang seneng kok kalo kamu belanja pake uang kecil. Biar dianya banyak buat kembalian gitu.

5. Weekend Jangan Keluar

Meskipun kerasanya lebih singkat, tapi hari libur itu waktunya lebih panjang. Dari pagi sampe malam kamu punya banyak waktu luang. Teori MBDC sih; banyaknya pengeluaran itu ditentukan sama berapa banyak uang yang kamu punya dan berapa banyak waktu yang kamu punya. Ibaratnya kalo kamu hari biasa mengeluarkan uang 50 ribu, yang hanya di waktu sekitar lima jam dihitung setelah kamu kerja/kuliah, nah kalo di weekend, yang punya waktu luang banyak, kira-kira ada sekitar lima kali lima jam waktu luang. Pengeluaran bisa tiga kali lipat! Alangkah bijaksananya kalo kamu gak usah keluar rumah biar kamu berhemat.

6. Minta

Pengen ngerokok, gak usah beli, minta aja. Pengen makan snack juga gak usah beli, soalnya malah biasanya yang beli itu makan lebih sedikit dari pada yang minta. Intinya sih batasi pembelian, tapi tingkatkan rasa gak tau malu kamu.

7. Pacaran di Rumah Pacar

bizarre-russians-posing-for-dating-sites via viralshore.com

Sementara itu di ruang tamunya rumah pacar kamu…

Poin ini khusus sih untuk kamu yang udah punya pacar. Jadi biar gak buang-buang duit nonton film di bioskop yang sekarang udah mahal banget, mending nonton film donlotan di rumah. Kalo bisa sih di rumah pacar ya. Biasanya sih di rumah pacar tuh suka dijamu gitu deh. Banyak makanan, bisa lebih quality time sama pacar, udah gitu nyaman, gratis pula. Killing two birds with one stone.

8. Nabung 

Udah deh paling bener ini. Intinya sih jangan boros dan keluarkan uang sesuai keperluan. Daripada kenapa-kenapa di akhir bulan, siapa yang mau nolongin coba? Tabung duitnya sedikit demi sedikit, konon katanya sih nanti makin lama jadi bukit.

Yang MBDC sarankan di atas tuh memang cuma teori, dan itu semua juga sifatnya adalah tindakan pencegahan. Kalo udah terlanjur kimpil di akhir bulan, yah, mau gimana lagi. Pasrah aja bertahan pake sisa makanan yang ada.

Sumber foto utama

Beli motor spot pake uang receh
.
Updated: Februari 28, 2016 — 03:26
On The Spot © 2014