On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Tips Menghalau Bau Mulut


Memiliki masalah bau mulut tentu sangat menjengkelkan. Bau mulut dapat menjadi penghalang Anda tampil percaya diri depan umum. Akibatnya, Anda menjadi malu untuk berinteraksi dengan orang lain. Lalu bagaimana agar napas selalu segar dan terbebas dari bakteri? Berikut TipsBaca Juga Cara Oral Seks Paling Nikmat Ala Geisha. » menghilangkan bau mulut seperti yang dikutip dari metrotvnews.com

1. Konsumsi karbohidrat seimbang dengan lemak dan protein
Makanan berlemak akan menghasilkan keton, yakni produk samping dari metabolisme lemak. Keton berdiam di perut dan berfermentasi. Bau keton kemudian melewati kerongkongan dan menempel pada lidah. Itulah penyebab mengapa Anda bau mulut. Untuk itu, konsumsi karbohidrat yang sehat seperti brokoli, wortel, ubi jalar, dan buah-buahan segar dalam diet Anda. Ini berguna untuk menyeimbangkan keluarnya lemak dan membuat napas lebih segar.

Klik untuk memutar

2. Banyak makan sayuran hijau
Sayuran hijau akan meningkatkan lebih banyak basa. Ini berguna bagi napas Anda dan menyeimbangkan keluarnya asam dalam tubuh sehingga mulut terbebas dari bakteri dan napas tetap segar.

3. Makan apel
Buah-buahan yang keras bertindak sebagai sikat gigi alami. Tekstur renyah dari apel, seledri, wortel dan lainnya dapat menghilangkan makanan yang terjebak di sela-sela gigi dan menggosok bakteri yang menempel.

4. Banyak minum
Air sangat penting agar sistem tubuh dapat bekerja dengan baik. Selain itu, air putih juga berfungsi melumasi mulut, menjaga bakteri baik, dan menjaga fungsi tubuh tetap normal.

5. Minum jus hijau dan kurangi kopi
Kopi memang nikmat, namun itu dapat memengaruhi kesehatan mulut. Sebaiknya konsumsi jus hijau karena mengandung kadar asam yang rendah dibanding kopi. Kadar asam yang tinggi dapat menyebabkan bau mulut.

6. Kunyah daun mint segar atau peterseli
Jika Anda ingin napas segar secara alami, kunyahlah daun mint. Mint akan membantu menyegarkan napas. Begitu juga daun peterseli yang mengandung klorofil. Dr. Jablow mengatakan, munculnya bau telur busuk di mulut karena tercipta senyawa belerang yang mudah menguap, disebabkan oleh hidrogen sulfida, dan bau lambung (disebabkan oleh metil merkaptan).

7. Minum probiotik
Probiotik memberikan enzim yang dibutuhkan untuk memecah makanan dan mengurangi kemungkinan fermentasi makanan di perut sehingga terhindar dari bau mulut.

8. Sikat gigi dan gunakan benang sutra setiap hari
Selain menyikat gigi setiap hari, membersihkan sela-sela gigi dengan benang juga penting. Menyikat gigi akan membantu membasmi sisa kotoran dan bakteri pada gigi. Flossing membantu menghilangkan sisa-sisa makanan yang tak terjangkau oleh sikat gigi.

9. Membersihkan lidah
Tak hanya gigi, lidah juga harus tetap dijaga kebersihannya. Di lidah, bakteri akan menempel dan menyebabkan bau mulut. Gunakan alat pengikis lidah untuk membasmi bakteri.

10. Berkumur dengan obat kumur bebas alkohol
Dr Glassman menyarankan memilih untuk obat kumur tanpa alkohol atau bahkan membuat sendiri di rumah dengan menggunakan 1 sendok makan baking soda dituangkan ke dalam 1 cangkir air hangat dengan beberapa tetes minyak peppermint esensial.

“Baking soda bersifat antibakteri, bebas alkohol dan dapat membantu menyegarkan napas Anda dalam keadaan darurat jika Anda kehabisan obat kumur,” katanya.

11. Kunyah permen karet bebas gula dan mengandung xylitol
Permen karet dapat meningkatkan aliran saliva dan membantu menghilangkan beberapa bakteri dan pewarna. Pilih permen karet yang berisi pemanis xylitol, antibakteri, untuk membantu mengurangi gigi berlubang sekaligus meningkatkan kesehatan gigi dan gusi.

12. Usap bibir dengan lipgloss rasa
Cara ini berguna untuk mengubah napas anda yang bau menjadi lebih segar saat Anda tak ada kesempatan menyikat gigi.

13. Kunjungi dokter gigi
Anda harus rutin ke dokter gigi untuk memastikan kesehatan mulut dan gigi, terutama ketika semua hal sudah dilakukan namun bau mulut tak juga hilang.

.
Updated: Juli 19, 2015 — 03:27
On The Spot © 2014