On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Tips Tetap Fit Menjalankan Puasa Meski Gak Sahur


Ramadan merupakan bulan suci untuk semua umat Muslim di seluruh dunia. Di bulan yang penuh berkah ini, semua umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa sebulan penuh. Dalam ibadah puasa, ada yang namanya sahur, yaitu makan dan minum sebelum subuh. Meskipun makan sahur ini bukan sebuah kewajiban tetapi makan sahur ini sangat penting untuk membantu kita bisa tetap kuat menjalankan ibadah puasa.

Tapi, bagaimana kalau kita ketiduran dan tidak sempat bangun untuk makan sahur? Kira-kira bakal kuat nggak ya untuk menjalankan ibadah puasa seharian nanti? Berikut Tips Tetap Fit Menjalankan Puasa Meski Gak Sahur seperti dikutip dari vemale.com

Klik untuk memutar

Kuatkan Niat
Meskipun Anda tidak sempat makan sahur–dan bukan karena disengaja, kuatkan niat Anda. Tanamkan dalam pikiran Anda bahwa Anda akan tetap baik-baik saja dan tetap bisa menjalankan ibadah puasa meskipun tidak makan sahur. Mungkin Anda akan merasa lelah, lemas, atau haus sepanjang hari nanti. Tapi dengan niat yang teguh, Anda pasti bisa menjalani ibadah puasa dengan optimal.

Atur Jadwal Kegiatan Anda
Anda bisa coba atur kembali jadwal kegiatan harian Anda. Perkirakan lagi apakah diri Anda bisa melakukan semua kegiatan Anda dengan baik, tanpa harus merasa lelah berlebih atau pusing.

Cari Kesibukan
Rasa lapar pasti akan mendera. Dan salah satu cara untuk mengatasi rasa lapar tersebut adalah dengan mengalihkan fokus Anda. Carilah kesibukan yang membuat pikiran Anda tidak terus terfokus pada makanan atau minuman. Dan juga hindarkan pandangan Anda dari makanan atau minuman yang menggoda. Daripada hanya tidur, waktu Anda akan jadi lebih produktif saat Anda bisa melakukan sesuatu dan mencari kesibukan.

Perbanyak Ibadah
Daripada terus-terusan berkeluh kesah atau merasa menyesal karena telah melewatkan makan sahur, lebih baik gunakan waktu yang Anda dengan melakukan lebih banyak ibadah. Ibadah di sini bukan hanya sebatas membaca kitab suci atau shalat saja, tetapi juga melakukan kebaikan-kebaikan lain seperti bersedekah atau menolong orang yang sedang kesusahan.

Tersenyumlah
Rasa lapar yang Anda rasakan ini mungkin tidak ada apa-apanya dibandingkan orang lain yang kesusahan dan sering kelaparan selama berhari-hari. Tersenyumlah dan ambil saja hikmahnya, rasa lapar Anda bisa berbuah pahala jika Anda bisa bersabar menghadapinya.

Makan sahur itu memang memberikan pahala tersendiri. Tetapi jika kita tak sengaja melewatkan makan sahur, tak perlu berkecil hati karena masih ada banyak kebaikan dan kesempatan kita untuk berburu pahala di bulan yang suci ini.

.
Updated: Juli 17, 2015 — 03:26
On The Spot © 2014