On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Kota Batman yang Bukan Gotham


Bagi banyak orang, Batman hanya dapat berarti satu hal – superhero DC Comics dengan sabuk serbaguna yang keren yang tinggal di Gotham City. Tapi jika Anda orang Turki, Batman dapat berarti beberapa hal: sungai, provinsi, kota atau unit pengukuran. Dan tidak satupun dari hal-hal tersebut ada hubungannya dengan, atau terinspirasi oleh karakter buku komik.

Seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, Provinsi Batman terletak di wilayah Anatolia tenggara Turki. ibukotanya juga bernama Batman City. Kota ini terletak di dataran tinggi di dekat pertemuan Sungai Batman dan Sungai Tigris. Batman awalnya sebuah desa kecil bernama Iluh dengan populasi sekitar 3.000. Penemuan minyak sekitar Iluh di tahun 1940-an mengakibatkan pesatnya perkembangan wilayah dan penduduknya mulai meledak selama beberapa dekade ke depan. Pada tahun 1957, desa mengadopsi nama Batman, nama sungai yang mengalir di dekatnya.

Klik untuk memutar

Sungai Batman awalnya tidak disebut Batman. Di masa lalu, sungai itu dikenal sebagai Kalat, yang berarti “pengantin” oleh orang-orang Syria yang menghuni daerah itu. Hal ini diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani sebagai Nymphius, dan sungai kemudian disebut Nymphius sampai abad ke-18. Tidak jelas siapa yang mulai memanggil Nymphius dengan “Batman” tapi itu terjadi sekitar abad ke-19, mungkin muncul pertama dalam literatur internasional. Nama tampaknya menjadi bentuk singkat atau versi rusak dari “Bati Raman”, sebuah gunung di dekatnya, yang asal nama itu sendiri tidak jelas. Bati berarti “barat” dalam bahasa Turki, sementara Raman berarti sukacita dalam bahasa Kurdi. Tapi Raman juga bisa menjadi varian dari Rahman.


Batman City, Turki

Batman juga merupakan unit pengukuran lama yang digunakan untuk mengukur massa, lazim dipakai selama Kekaisaran Ottomon. Nilai Batman bervariasi dari daerah ke daerah dan pada waktu yang berbeda.

Kota Batman membuat berita di tahun 2008 setelah walikota mengumumkan kepada media bahwa ia berencana untuk menuntut Warner Bros dan Christopher Nolan, sutradara dari film trilogi The Dark Knight karena telah menggunakan nama Batman dalam filmnya tanpa berkonsultasi dulu. “Hanya ada satu Batman di dunia,” katanya kepada wartawan. “Para produsen Amerika menggunakan nama kota kami tanpa memberitahu kami.” Namun, ancaman itu, hanya aksi publisitas. Komik Batman pertama kali muncul pada tahun 1939, lebih dari dua dekade sebelum kota mulai menggunakan nama tersebut.


Stasiun Kereta Api Batman


Bandara Batman


Kota Batman (tapi bukan Gotham)

Provinsi Batman juga adalah provinsi dimana kota kuno Hasankeyf yang indah berada. Selengkapnya tentang Hasankeyf dapat dibaca disini

.
Updated: Juli 25, 2015 — 03:26
On The Spot © 2014