On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

10 Istilah Populer yang Kamu Pikir Kamu Paham Padahal Sebenarnya Enggak


Kalo lagi mantengin portal berita di internet atau televisi yang nyiarin program berita, pasti pernah deh denger beberapa istilah yang akhirnya dipake dalam obrolan sehari-hari, padahal kamu dan temen kamu juga sebenarnya kurang paham sama makna kata tersebut. Ada pula istilah yang “berdekatan” dan ketika ditanya bedanya, kamu akan sulit menjawab. Terkadang emang ada beberapa istilah yang populer di khalayak luas namun sebetulnya orang-orang gak mau cari tahu lebih lanjut seperti:

Baca juga artikel ini:

Klik untuk memutar

1. Korupsi
Menurut KBBI: Penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara (perusahaan dsb) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

Kalo bisa jangan ya

Jadi misalnya kamu yang bekerja di lembaga negara dan ngelihat rekan kerja kamu memberi atau menerima hadiah atau janji, memeras, ikut serta dalam pengadaan (apalagi bagi pegawai negeri/penyelenggara negara) dan nerima gratifikasi yang ujung-ujungnya memperkaya dirinya sendiri serta menyalahgunakan wewenang, kemungkinan besar doi udah melakukan tindak korupsi. Tunggu diciduk aja.

2. Kolusi
Menurut KBBI: Kerja sama rahasia untuk maksud tidak terpuji; persekongkolan.

Sekongkol

Misalnya kamu kerja di sebuah perusahaan , terus kamu melihat perusahaan tempat kamu bernaung ternyata bekerjasama dengan perusahaan saingan untuk kepentingan bersama dan mempengaruhi pasar secara signifikan, itu adalah kolusi. Pernah denger kartel? Istilah tersebut adalah kasus khusus dari kolusi berlebihan atau kolusi tersembunyi.

3. Gratifikasi
Menurut KBBI: Uang hadiah kepada pegawai di luar gaji yang telah ditentukan.

Awas hadiah sembarangan

Dalam artian luasnya sih gratifikasi termasuk pemberian biaya tambahan, uang, barang, diskon, komisi pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma dan berbagai fasilitas lainnya. Orang dekat kamu pernah mengalami hal-hal yang disebutin barusan? Curiga gratifikasi.

4. Praperadilan
Menurut Pasal 1 butir 10 KUHAP: Wewenang hakim / Pengadilan Negeri untuk memeriksa dan memutus, sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam undang-undang tentang:

1. Sah atau tidaknya suatu penangkapan dan atau penahanan atas permintaan tersangka atau keluarganya atau pihak lain atas kuasa tersangka.
2. Sah atau tidaknya penghentian penyidikan atau penghentian penuntutan atas permintaan demi tegaknya hukum dan keadilan.
3. Permintaan ganti kerugian atau rehabilitasi oleh tersangka atau keluarganya atau pihak lain atas kuasanya yang perkaranya tidak diajukan ke pengadilan.


Praperadilan ditolak

Nah, jadi yang ngajuin praperadilan ini adalah tersangka yang diwakili oleh kuasa hukumnya. Misal OC Kaligis yang udah ditetapin sebagai tersangka oleh KPK, terus doi mempraperadilankan KPK karena ngerasa penangkapannya gak sah. Tapi gugatan praperadilan dari OC Kaligis digugurkan oleh hakim karena berkas perkaranya udah dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor. Nah, berarti kalo sebuah perkara udah mulai diperiksa pengadilan, sementara pemeriksaan permohonan praperadilan belom selesai, maka permohonan praperadilan gugur. Kata ‘praperadilan’ emang sempat hits beberapa waktu lalu karena kasus praperadilan Budi Gunawan yang (katanya) cacat hukum. Praperadilannya diterima kan tuh sama Hakim Sarpin. Lolos deh si Budi.

5. Kriminalisasi
Menurut KBBI: Proses yang memperlihatkan perilaku yang semula tidak dianggap sebagai peristiwa pidana, tapi kemudian digolongkan sebagai peristiwa pidana oleh masyarakat.

Pergeseran makna

Dalam ilmu kriminologi sih artinya sebuah proses saat terdapat sebuah perubahan perilaku individu-individu yang cenderung untuk menjadi pelaku kejahatan dan menjadi penjahat. Nah, terus terjadilah fenomena pergeseran makna oleh media ketika kepolisian dan KPK berseteru. Kriminalisasi dipake media massa untuk mendefinisikan usaha polisi menjerat pimpinan KPK.

6. Politisasi
Menurut KBBI: Hal membuat keadaan (perbuatan, gagasan, dsb) bersifat politis.

Stop!

Contoh kasusnya politisasi agama aja kali ya kalo lagi masa kampanye calon legislatif. Kan ada aja tuh (banyak malah) caleg yang menjual agama supaya rakyat mau memilih doi. Karena doi adalah orang beragama, orang suci, maka si caleg pantas untuk dipilih. Ayat-ayat atau simbol keagamaan dibungkus sedemikian rupa supaya jadi jualan politiknya doi. Sebetulnya gak cuma agama, apapun bisa aja dipolitisasi. Makanya, cermati calon wakil rakyat yang akan kamu pilih. Apa sih “dagangannya”?

7. Koalisi
Menurut KBBI: Kerja sama antara beberapa partai untuk memperoleh kelebihan suara di parlemen.

Indonesia Hebat!

Mungkin kalo istilah ini kamu udah lumayan ngertilah ya. Biasanya dalam sistem parlementer, ada koalisi pemerintahan dan koalisi oposisi, yang saat ini kasusnya adalah Koalisi Indonesia Hebat-nya Jokowi dan Koalisi Merah Putih-nya Prabowo. Intinya adalah gabungan beberapa partai untuk bekerjasama mencapai kepentingan sendiri-sendiri dan berasas manfaat, juga bersifat sementara (lihat tuh PAN yang hijrah ke KIH).

8. Elektabilitas

Kriteria Capres

Secara harafiah elektabilitas berarti tingkat keterpilihan yang disesuaikan dengan kriteria pilihan, bisa ditetapkan kepada barang, jasa, orang, dan partai. Kata ini emang sering beredar tiap menjelang Pemilu. Jadi kalo ada orang yang elektabilitasnya tinggi, berarti dari survey doi disukai dan difavoritkan masyarakat.

9. Jonru

Boong

Inilah akibatnya jika kamu suka berkomentar nyeleneh dan menyebarkan kabar bohong yang memancing kontroversi. Apa daya Jonru Ginting, kini dirimu udah jadi kata sifat.

10. Hambalang

Terbengkalai

Hambalang, yang kasus korupsi pembangunan kompleks olahraganya udah menyeret nama-nama seperti Angelina Sondakh, Anas Urbaningrum, sampai Andi Mallarangeng, adalah sebuah desa di kecamatan Citeureup, Bogor. Hambalang berasal dari bahasa Sunda yang berarti tangga. Udah itu aja, cukup ya. Kamu yang mau tau lebih lanjut tentang Hambalang boleh tanya lebih lanjut ke Om Gugel yak.

Ada istilah politik lain yang sering kamu denger tapi gak pernah tau artinya apa? Kamu gak sendiri kok, kita juga kadang gitu. Langsung aja yuk melipir ke kolom komentar.

.
Updated: Agustus 15, 2016 — 03:27
On The Spot © 2014