On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

10 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk

Onthespotv7.com – Mengusir nyamuk dengan tanaman berikut diyakini memiliki efek yang cukup baik, dibanding dengan mengunakan obat nyamuk. Cara tersebut juga terbukti aman. Namun tahukah kamu tanaman apa saja yang bisa digunakan untuk membuat hewan kecil ini tidak betah di rumah anda?

Berikut adalah 10 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk :

Klik untuk memutar

1. Bunga Geranium/tapak dara

Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk

Jenis tanaman ini mengandung zat yang mudah terbang memenuhi udara sekitarnya. Geranium sangat mudah ditanam bisa di pot atau langsung ditanah, kalau di pot bisa kita  pindahkan ke dalam ruangan.

2. Bunga Lavender

Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman ini asli dari Pegunungan Alpen di Negara Swiss berwarna ungu, bergerombol diujung tangkai. Tanaman ini biasanya menghiasi padang rumput di kaki pegunungan Alpen. Tanaman hias ini dikenal salah satu jenis tamanan pengusir nyamuk, sebab aroma bunga ini membuat nyamuk pusing.

Kenapa? Karena bunga lavender mengandung zat linalool dan lynalyl acetate. Kedua zat ini bisa diperoleh dari proses penyulingan hingga bisa dibuat menjadi anti nyamuk. Apakah kita harus menyuling bunga lavender? Tidak, kita cukup menanamnya di pot atau tanah di dekat jendela kamar kita.

3. Bunga Rosemary

Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk

Aroma bunga ini seperti minyak talon, harum bukan? Tapi nyamuk tidak suka, nyamuk bisa stres dan tidak mau mendekat. Tamanan ini akan tumbuh baik dibawah sinar matahari dan membutuhkan air yang cukup. Bunga Rosemery cocok ditanam di pot atau tanah di dekat jendela bahkan dekat pintu.

4. Selasih

Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk

Selasih, tlasih, basil, atau basilikum (Ocimum) adalah segolongan terna yang dimanfaatkan daun, bunga, dan bijinya sebagai rempah-rempah serta penyegar (tonikum). Berbagai bagian tumbuhan ini berbau dan berasa khas, kadang-kadang langu, harum, atau manis, tergantung kultivarnya.

Beberapa di antaranya bahkan dapat membuat mabuk. tumbuhan ini juga salah satu Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk. Beberapa jenis selasih, misalnya kemangi, berasal dari Asia Tenggara, namun sebagian besar dianggap berasal dari India.

5.citrosa mosquito

tumbuhan ini adalah musuh nyamuk dan sangat menyukai sinar matahari. merawatnya cukup mudah dan tidak memerlukan perlakuan khusus ,hanya dengan air dan pupuk. ketika disentuh, tumbuhan ini mengeluarkan bau lemon yang sangat kuat yang akan mengusir serangga. tumbuhan ini berasal dari belanda.

 

6. marigold

Marigold berasal dari Mexico dan Guatemala. Terdapat dua jenis marigold yaitu Tagetes erecta (African Mari – gold ) dan Tagetes patula (Dwarf French Marigold), biasanya bunga ini digunakan untuk ditanam di jalan taman. Kedua-duanya dikenali dengan nama indonesia sebagai bunga tai ayam.

7. kecombrang

Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk

Kecombrang, kantan, atau honje (Etlingera eliator; sinonim Nicolaia elatior, Phaeomeria speciosa) adalah sejenis tumbuhan rempah dan merupakan tumbuhan tahunan berbentuk terna yang bunga, buah, serta bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. bunga ini juga dapat mengusir nyamuk. Nama lainnya adalah kincung (Medan) serta siantan (Malaya). Orang Thai menyebutnya kaalaa.

8. zodia

Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk

Orang Papua terbiasa menggosok kulitnya dengan dedaunan tertentu sebelum masuk ke hutan. Maksudnya agar terlindungi dari serangan serangga, khususnya nyamuk. Daun-daun tersebut berasal dari tanaman yang disebut zodia (Evodia suaveolens). Kita ketahui, zodia ini tanaman asli Indonesia yang berasal dari Papua.

 

.
Updated: Januari 25, 2016 — 07:26
On The Spot © 2014