On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

5 Fakta Tentang Tiongkok yang Bisa Bikin Kamu Geleng-Geleng Kepala

Berkat effort dan kerja keras rakyatnya, Tiongkok sekarang udah jadi negara super power yang siap memimpin dunia (dan ngasih utang ke negara-negara yang lagi BU). Nih ada beberapa fakta tentang Tiongkok yang bisa bikin kamu geleng-geleng kepala.

1. Lebih Dari 2000 Websites Diblock 

Kalau kamu suka ngomel tentang internet-positif (yang emang sucks banget), berarti kamu harus berkaca pada Tiongkok. Di negara yang pemerintahannya strict banget ini ada lebih dari 2000 websites yang diblok. Situs-situs yang diblokir pun bukan cuma situs Crot-Crot-Crot tapi situs penting kayak Facebook, Twitter, Gmail, Blogspot, Archive, Wikileak sampai Instagram. Emang sih kayak di Indonesia juga, pemblokiran ini bisa diakalin, tapi tetep ini nunjukin sensor itu hal yang sangat mengganggu demokrasi dan bikin pemerintah bisa ngadalin kita kapan aja. Eh ya, seberapa parah Censorship di Tiongkok? Parah banget sampai kata ‘Censorship’ aja disensor juga!

Klik untuk memutar

2. 78% Software yang Terinstall di Tiongkok Adalah Bajakan

Nah kalau udah disensor sama pemerintah, rakyat pasti punya cara sendiri untuk ngelawan. Semakin ditekan kan rakyat jadi makin kreatif. Meskipun gak bisa dapetin banyak hal secara legal, Tiongkok gak ketinggalan dan keep up dengan dunia lewat jalur ilegal. Persis kayak di Indonesia juga, orang Tionghoa jago-jago banget soal ngedownload secara ilegal dan ngebajak software. Barang-barang bajakan yang banyak beredar di sini ya kebanyakan asalnya dari Tiongkok juga kan?

3. 1 Dari 3 Kaos Kaki yang Ada di Dunia Berasal Dari Tiongkok

kos kaki via todayonline.com

mungkin sekarang kaos kaki ini sedang kamu pake

Bukan cuma demen ekspor barang-barang bajakan, Tiongkok juga ngekspor macem-macem benda ke seluruh dunia. Salah satunya Kaos Kaki. 1 dari 3 kaos kaki yang ada di seluruh dunia asalnya ya dari Tiongkok. Dibuatnya di distrik Datang di kota Zhuji yang kini dikenal sebagai Sock City.

4. Setiap 5 Hari Sekali Ada Satu Gedung Pencakar Langit Dibangun

Tiongkok jadi kaya raya makmur sentosa begini pastinya bukan cuma gara-gara kaos kaki, utamanya sih karena pembangunannya. Bayangin aja setiap 5 hari sekali muncul  gedung pencakar langit baru. Emang sih pembangunan yang begitu gencar kadang gak pas buat rakyat yang hidupnya pas-pasan. Makanya di Tiongkok biarpun banyak gedung-gedung baru, banyak juga diantaranya yang kosong melompong tanpa penghuni. Salah satu contoh klasiknya adalah New South China Mall yang merupakan mall terbesar kedua di dunia. Mall ini kosong karena terlalu luas dan daya beli masyarakat di sekitar situ gak kuat untuk shopping mahal-mahal

5. Tahun 2020 Nanti Bakal Ada 30-40 Juta Pria yang Gak Punya Istri

cowok tionghoa via forbes.com

kemungkinan mereka akan menjomblo

Alasannya simpel aja, ada terlalu banyak pria dan gak cukup wanita di Tiongkok. Bukan cuman itu, para jomblo lumutan ini juga kesusahan dalam mencari jodoh di Tiongkok karena para orang tua di sana sangat materialistis dalam memandang pernikahan. Jadi jika seorang pria tidak berasal dari keluarga terpandang yang punya banyak aset dan pekerjaan yang mapan, dia akan kesusahan mencari istri karena para orang tua gak akan rela ngelepas putrinya ke seorang nobody. Di Indonesia semuanya masih serba bisa ditoleransi tapi di Tiongkok gak bisa gitu. Makanya para nobody kemungkinan bakal membujang seumur hidupnya kalau gak bisa jadi mapan duluan. Sukur deh jomblo di Indonesia gak seekstrim ini problemanya.

Udah geleng-geleng kepala belum? Kalau kamu juga ada tau tentang fakta-fakta Tiongkok, share di sini ya!

sumber gambar utama

.
Updated: Agustus 19, 2016 — 21:26
On The Spot © 2014