On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

5 Negara Paling Berbahaya untuk Jurnalis


Tak peduli dengan kenyataan bahwa kita sudah berada di era modern, yang namanya konflik dalam suatu negara adalah hal yang tak terhindarkan. Nah sepatutnya, kita harus berterima kasih pada para jurnalis di luar sana terutama yang ditempatkan di daerah-daerah konflik. Tanpa mereka, kita nggak akan tahu bagaimana jelasnya kondisi di luar sana. Dikutip dari astaga.com, terdapat beberapa negara yang dianggap paling berbahaya untuk para jurnalis sepanjang tahun 1992-2013. Apa saja?

Irak

Meski pemerintahnya sudah menyatakan bahwa mereka mendukung the independent of witnessing war yang dimiliki oleh para jurnalis perang, kenyataannya negara ini yang paling banyak memakan korban wartawan. Bukan suatu kabar yang mengejutkan sih, mengingat di negara ini emang sering banget terjadi konflik.

Klik untuk memutar

Syria

Sama seperti Irak, Syria juga salah satu negara yang lagi menjadi sorotan internasional karena konflik berkepanjangan yang mereka alami. Menjadi jurnalis yang bertugas di sana tentu membutuhkan nyali dan komitmen yang besar, mengingat 67% kasus kematian jurnalis di Syria disebabkan oleh pembunuhan (kebanyakan tidak diketahui motifnya).

Filipina

Beberapa dari kita mungkin bakalan kaget, karena negara yang lagi berkembangs seperti Filipina masuk ke 5 besar negara paling berbahaya. Yup, nyatanya di Filipina banyak jurnalis yang terbunuh akibat tugas yang mereka lakukan. Kasus yang paling banyak memakan korban jurnalis ialah liputan mengenai politik dan korupsi aparat pemerintah.

Algeria

Di negara ini lagi bergulir konflik panas antara pemerintah dengan organisasi agama radikal setempat yang mencoba memberontak. Akibatnya, banyak jurnalis berita yang ditugaskan untuk meliput kasus tersebut ikut terseret menjadi korban. Kebanyakan ialah jurnalis asing.

Rusia

Rusia memang sudah lama masuk ke dalam daftar negara yang paling berbahaya untuk keamanan jurnalis. Kebanyakan jurnalis di sana memang tidak dibunuh, namun akan diincar dan disiksa akibat liputan yang mereka lakukan. Bahkan hal yang sama juga bisa terjadi pada wartawan lokal, lho. Tak jarang, keluarga mereka ikut menderita karena menjadi target teror dari oknum tertentu. Menyeramkan, ya.

Nah, itulah dia beberapa negara yang dianggap berbahaya untuk mereka yang berprofesi jurnalis. Sebenarnya sih masih panjang sekali daftarnya, mulai dari Afghanistan yang ramai akan konflik agama hingga Meksiko yang terkenal dengan kartel narkobanya. Menurut kamu sendiri gimana?

.
Updated: Februari 26, 2016 — 23:26
On The Spot © 2014