On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

8 Hal Ini Biasanya Bikin Kangen Indonesia Saat di Luar Negeri


Bagaimanapun, tanah kelahiran akan selalu membuat kamu ingin pulang. Berikut 7 hal yang bikin kangen Tanah Air saat kamu sedang liburan ke luar negeri. Apalagi jika liburannya berminggu-minggu.

Saat menjalani setiap hari, mungkin kamu takkan sadar betapa kangennya nanti jika sedang tak di Indonesia. Mulai dari aneka kuliner hingga kesibukan kota yang biasanya menyebalkan jika dijalani. Seperti yang dikutip dari detik.com, inilah 7 hal yang bikin kamu kangen Indonesia kala liburan di luar negeri:

Klik untuk memutar

1. Nasi

Bagi orang Indonesia, rasanya belum makan jika belum ‘kena’ nasi. Nasi akan jadi makanan pertama yang dikangenin saat liburan ke luar negeri. Apalagi jika liburan ke negara yang tidak banyak menu nasinya.

Setelah lebih dari seminggu, traveler Indonesia biasanya tak tahan dan akan mencari menu nasi. Ada juga yang tak bisa melewatkan nasi sehingga mencari restoran dengan menu tersebut.

2. Sambal

Indonesia memang kaya sekali dengan kulinernya. Satu yang selalu ada di meja makan adalah sambal. Sedangkan, tidak semua negara memiliki kuliner seperti itu. Kebanyakan hanya negara di Asia yang punya sambal.

Itupun belum tentu masuk dalam selera lidah kamu. Tak heran jika traveler yang ingin ke luar negeri biasanya membawa botol sambal Indonesia yang bisa awet hingga berminggu-minggu. Sebagai obat kangen!

3. Macet

Rasanya ingin pindah kota jika merasakan macet setiap hari. Tapi waktu liburan ke luar negeri, tiba-tiba rasanya kangen ingin merasakan macet.

Terlalu biasa dengan suasana yang padat merayap lalu mendapati negara lain begitu lengang. Tentu kamu akan kangen. Menemukan macet sedikit saja langsung senyum dan teringat rumah.

4. Udara yang panas

Kebanyakan orang di Indonesia apalagi di kota besar tak bisa lepas dari ruangan dengan pendingin. Karena Indonesia merupakan negara tropis yang kebetulan dilewati Garis Khatulistiwa, tentu udara di sini seringnya panas.

Tak sedikit traveler yang sengaja ke negara 4 musim untuk merasakan salju di musim dingin. Namun kala terlalu lama di sana, pasti kamu kangen dengan udara panas yang ada di Indonesia.

5. Harga yang murah

Boleh saja kamu kesal dengan harga barang-barang yang makin hari makin mahal. Namun saat liburan ke luar negeri, barulah terasa betapa murahnya barang yang ada di Indonesia.

Memang ada beberapa negara yang biaya hidupnya lebih murah dari Indonesia seperti Vietnam. Namun orang Indonesia lebih memilih liburan ke Singapura dibanding Vietnam. Sedangkan, biaya hidup di Singapura lebih tinggi dari Indonesia.

6. Bicara dengan bahasa Indonesia

Akui saja, kamu pasti kangen bicara dengan bahasa Indonesia waktu liburan ke luar negeri. Apalagi jika perginya sendiri saja.

Saat sudah terlalu lelah, rasanya ingin bertanya jalan dengan bahasa Indonesia saja. Sayangnya, takkan ada yang mengerti bahasa Indonesia saat kamu di luar negeri. Ingin segera pulang ya?

7. Mie instan

Satu lagi yang Indonesia banget adalah mie instan. Bukan berarti kamu tak bisa menemukan mie instan di luar negeri. Karena sebenarnya banyak jenis mie instan yang dijual di negara-negara lain.

Tapi tidak semua memiliki gaya dan selera penyajian yang sama. Di Korea, mie instan biasanya dimakan bersama kimchi atau seafood. Tak ada yang mengalahkan kelezatan mie instan Indonesia yang dimakan bersama telur, sawi, dan cabe rawit. Lebih lengkap, bisa ditambah keju, susu dan kornet. Lezat!

8. Tempe

Saat tinggal di luar negeri, tempe akan menjadi salah satu hal yang paling dirindukan. Tidak mudah untuk mendapatkan tempe saat jauh dari tanah air dan harganya pun selangit! Padahal di negeri sendiri tempe sangat mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional hingga supermarket. Harganya pun murah meriah. Cukup Rp 2000,- per papan tempe.

.
Updated: April 28, 2015 — 03:28
On The Spot © 2014