On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Ada Model Tata Surya Sesuai Skala di Padang Gurun Nevada


Dua orang pencinta ruang angkasa berkelana ke padang pasir Black Rock di negara bagian Nevada untuk mencoba membuat gambaran ukuran sistem tata surya kita. Dengan imajinasi yang luar biasa mereka berhasil menciptakan model skala tata surya hanya dengan menggunakan sejumlah kelereng dan bola lampu.

Dikutip dari Russia Times, Wylie Overstreet dan Alex Gorosh tak lupa untuk membuat dokumentasi terhadap proyek mereka. Mereka mengaku tergerak untuk membuat ‘tata surya’ ini karena merasa tidak nyaman dengan gambaran yang beredar sekarang dengan perbandingan jarak planet yang tidak tepat.

Klik untuk memutar

Kata Wylie Overstreet, “Bisa dibilang tidak ada gambar yang layak menggambarkan apa yang sebenarnya terlihat dari luar angkasa.” Menurut kedua orang teman itu, satu-satunya cara untuk menciptakan model dengan skala aslinya adalah dengan membuatnya sendiri.

Seperti yang dikutip dari liputan6.com, Setibanya di dasar danau yang mengering– gurun Black Rock di Nevada, mereka menghabiskan waktu 36 jam untuk menkreasikan model tata surya, lengkap dengan lampu-lampu sebagai animasi perputaran planet-planet pada waktu malam.

Kemudian mereka akan menciptakan rekaman time lapse yang menceritakan betapa besarnya Matahari, Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Dalam rekaman itu, Wylie Overstreet menjelaskan bahwa untuk menciptakan bumi yang diwakili sebuah kelereng, diperlukan ruang kosong seluas 11 kilometer. Tantangan sebenarnya adalah bagaimana menggambarkan planet Bumi sebagaimana terlihat oleh seorang astronot.

Wylie Overstreet menjelaskan dalam penutupan, “Itulah yang saya ingin lakukan dan jelaskan. Kita berada di sebuah kelereng di tengah-tengah ketiadaan. Ketika dihadapkan dengan kenyataan itu– itu sungguh mengejutkan.”

[embedded content]

Baca juga tentang besarnya tata surya kita disini

.
Updated: September 23, 2015 — 03:28
On The Spot © 2014