On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Beberapa Kerusuhan Aneh yang Terjadi Karena Makanan

anehini.com – Abraham Maslow menciptakan teori psikologi tentang motivasi manusia yang bernama hirarki kebutuhan, dimana ada sejumlaj alasan manusia melakukan sesuatu, dengan daftar urutan berdasarkan tingkat kepentingan. Contohnya, moralitas pada bagian puncak dan makanan pada bagian paling bawah, dan tidak heran jika ada beberapa kerusuhan aneh yang terjadi karena makanan.

Kerusuhan Roti Mesir

Gambar Pertama Beberapa Kerusuhan Aneh yang Terjadi Karena Makanan Oleh Unik Segiempat
Hampir semua kota utama Mesir pernah terjadi kerusuhan saat 18-19 Januari di tahun 1977. Pada akhir 1976, Mesir mengambil pinjaman dari IMF, dengan kondisi mereka akan menarik subsidi pada bahan makanan seperti roti dan minyak.

Klik untuk memutar

Harga bahan-bahan makanan langsung melonjak sehari sesudah itu, membuat 10 ribu penduduk melakukan protes di jalan.

Kurang dari 48 jam setelah awal kerusuhan, pemerintah mengirim tentara untuk menghentikan protes. Hasilnya, sekitar 800 orang kehilangan nyawa dan ratusan orang luka-luka.

 

Kerusuhan Garam Rusia

Gambar Kedua Beberapa Kerusuhan Aneh yang Terjadi Karena Makanan Oleh Unik Segiempat
Dulunya di Rusia, hampir sepertiga populasinya meninggal karena kelaparan. Untuk memperbaiki keadaan, pemerintah menghapuskan beberapa hukum pajak terhadap garam, yang mengakibatkan garam menjadi sangat mahal. Saat petisi dibuat untuk tsar muda, dia menolak untuk mendengarkannya dan membuat para masyarakatnya mengamuk.

Lalu kerusuhan skala besar terjadi di Moskow, dengan hampir 2.000 orang yang menjadi korban.

Kerusuhan yang sama juga pecah di beberapa tempat, dan menargetkan pejabat tinggi yang dianggap korup.

 

Kerusuhan Tepung Perancis

Gambar Ketiga Beberapa Kerusuhan Aneh yang Terjadi Karena Makanan Oleh Unik Segiempat
Segera setelah Louis XVI menaiki tahta di tahun 1774, pemerintahannya menjalankan serangkaian deregulasi untuk menciptakan pasar bebas terhadap gandum.

Selama musim semi, saat tepung menjadi langka, harganya sangat mahal sehingga kelas pekerja tidak dapat membeli roti. Pada 27 April, kerusuhan pecah di desa kecil, utara Paris, yang pada akhirnya menyebar ke beberapa kota di negara Perancis.

Louis XVI lalu mengirimkan sekitar 25.000 pasukan untuk menghadapi para perusuh. Setelah kerusuhan reda, dan untuk meredam kerusuhan lebih lanjut, pemerintah lalu mengatur harga tepung agar dapat dijangkau.

 

Kerusuhan Beras Jepang

Gambar Keempat Beberapa Kerusuhan Aneh yang Terjadi Karena Makanan Oleh Unik Segiempat

Selama 3 bulan di pertengahan tahun 1918, Jepang dihantam oleh serentetan kerusuhan yang diakibatkan dengan tingginya harga beras secara tiba-tiba, yang menjadi dua kali lipat dalam waktu singkat. Demonstrasi yang berjalan selama 62 hari dan melibatkan sekitar 10 juta orang membuat protes ini menjadi protes terbesar dalam sejarah Jepang.

Tetapi karena kurangnya sentralisasi, kerusuhan ini sendiri tidak terlalu menghasilkan dampak besar, dan hampir semua kerusuhan padam dengan sendirinya pada bulan September. Meskipun begitu, konsekuensinya cukup besar, dengan lebih dari 25.000 orang ditangkap serta perdana menteri dan kabinetnya mundur di tahun tersebut, sebagai hasil dari kerusuhan.

 

 

.
Updated: Mei 9, 2016 — 07:26
On The Spot © 2014