On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Berapa Kali Kertas Harus Dilipat Agar Mencapai Bulan?


Hampir semua orang mengira dirinya pintar mengira-ngira. Hanya dengan melihat permen mengisi penuh stoples, kita berharap perkiraan kita tentang banyaknya permen yang sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan perkiraan kita. Tapi dapatkah anda memperkirakan hanya dengan membayangkan, berapa kali kita harus melipat kertas agar tebal kertas tersebut mencapai bulan?

Seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, dapat kita lihat dibawah ini, jika kita melipat kertas ini dalam setengah, maka tebal kertas akan menjadi dua kali lebih tebal dari sebelumnya:

Klik untuk memutar

Lalu berapa kali kita harus melipat kertas ini hingga ketebalannya mencapai Bulan?

Nah, mari kita lihat bagaimana kita akan mencari tahu. Ketebalan kertas memang cukup tipis. Disini katakanlah tebal kertas adalah 0,01 cm. Dan berapa jarak bulan dari bumi?

Jarak rata-rata bulan dari Bumi sekitar 384.000 kilometer. Jadi, mungkin anda akan berharap bahwa Anda akan membutuhkan banyak sekali lipatan untuk sampai ke bulan, kan? Tapi, tunggu sebentar…

Ketika kita mulai dengan kertas tak terlipat (nol lipatan), maka tebal kertas itu adalah tebal satu kertas atau satu halaman. Ketika kita melipatnya sekali, maka tebalnya menjadi setebal 2 kertas. Tapi ketika kita melipatnya dua kali, tebal kertas itu tidak menjadi tiga, tapi 4 tebal kertas atau 4 halaman.

Jika kita lipat ketiga kalinya, kita akan lihat bahwa kertas itu tebalnya menjadi 8 kertas atau 8 halaman. Anda dapat melihat pola di sini? Ya, Melipat kertas menjadi separo adalah eksponensial dalam hal ini polanya adalah 2n, sehingga jika kita lipat keempat kalinya, maka kertas itu akan menjadi 16 halaman tebalnya, kelima kalinya akan membuatnya setebal 32 halaman, dan seterusnya.

Pada saat kita sampai ke 9 lipatan, tebal kertas akan lebih besar dari tebal satu rim kertas (500 lembar).

Pada saat 20 lipatan, kertas akan lebih tinggi dari 10 kilometer, yang melampaui Puncak Everest. Jika kita teruskan, kita akan berada di luar angkasa setelah 24 lipatan.

Lipatan ke 41 akan membawa kita sedikit lebih dari setengah jalan ke Bulan, sehingga berarti bahwa lipatan ke 42 adalah semua yang diperlukan!

Cukup luar biasa, bukan? Itulah kekuatan sebuah eksponensial, yang memungkinkan Anda mengubah hal kecil menjadi hal besar dengan hanya meramu apa yang kita miliki lagi dan lagi. Dan hebatnya, hanya membutuhkan 42 kali lipatan kertas untuk mendapatkan jarak Bumi ke Bulan, dan hanya sekitar 94 lipatan kertas untuk membuat sesuatu seukuran seluruh alam semesta yang teramati! Dan mungkin anda terkejut melihat bahwa jawaban dari pertanyaan diatas adalah angka yang sangat kecil….

Namun perlu diingat, pada prakteknya anda mungkin hanya dapat melakukan hingga lipatan ke 6 atau ke 7. Lipatan selanjutnya akan terlalu sangat kuat untuk tenaga manusia. Mythbuster pernah mendemonstrasikannya dengan mengunakan kertas yang cukup besar, sebesar lapangan bola dan melipatnya dengan bantuan forklift. Itupun mereka hanya mampu hingga 12 lipatan.

Rekor dunia melipat kertas, diraih oleh kelompok mahasiswa, yang menggunakan kertas toilet sepanjang 13.000 kaki dan berhasil mencapai 13 lipatan!

[embedded content]

Cukup luar biasa, bukan? “Hanya” tinggal 29 lagi untuk membuatnya ke Bulan, tetapi agar hal itu dapat dilakukan maka kita akan membutuhkan gulungan kertas miliaran kali lebih panjang, jauh lebih panjang dari jarak Bumi-Bulan.

Dan jika ukuran kertas adalah 0.203 x 0.254 meters (8 x 10 inches) saat nol lipatan, maka luas kertas ketika dilipat sebanyak 42 kali (seandainya kita bisa melipatnya) akan menjadi 1.17×10-14 meter persegi yang kurang lebih sama dengan sebuah persegi yang sisinya 10-7 meter, sedangkan diameter sebuah atom sekitar 0.1 hingga 0.7 nm, sehingga permukaan kertas yang mencapai bulan hanya akan berisi beberapa ratus atom, atau sangat sangat sangat kecil….

Lalu bagaimana jika kita membuat terowongan melalui pusat bulan tembus ke sisi satunya dan kemudian kita terjun ke dalamnya? Hal itu dapat anda baca disini

.
Updated: Juli 7, 2015 — 03:27
On The Spot © 2014