On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Ilusi yang Merubah Kerja Otak Anda


Ada sebuah ilusi yang dapat memiliki efek yang tahan lama. Ilusi tersebut diberi nama Efek McCollough, yang melibatkan menatap gambar garis vertikal dan horisontal, dan dapat membuat Anda melihat hitam dan putih sebagai warna hijau dan merah sampai tiga setengah bulan.

Seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, Efek ini pertama kali ditemukan oleh psikolog Amerika, Celeste McCollough Howard pada tahun 1965, dan dijelaskan oleh pengguna YouTube, Tom Scott pada saluran nya: “Hal-Hal yang Anda Mungkin Tidak Tahu”

Klik untuk memutar

Untuk merasakan efek McCollough, Anda perlu menatap pusat gambar grid garis horizontal dan vertikal hitam dan putih hitam beberapa detik lamanya.

Setelah itu, Anda harus menatap bergantian pada persegi yang mengandung garis-garis merah dan hitam horizontal, dan garis-garis hijau hitam vertikal selama tiga menit. (bergantian antara menatap pusat merah dan hijau selama beberapa detik hingga 3 menit).

Setelah ini dilakukan, tataplah kembali gambar awal, yaitu garis-garis horisontal dan vertikal hitam dan putih.

Sekarang, bukannya muncul hitam dan putih, namun garis-garis vertikal di kanan atas dan kiri bawah akan memiliki rona merah muda, sedangkan garis-garis horisontal kanan bawah dan kiri atas akan terlihat sedikit hijau.

Langkah Pertama

Tataplah pusat gambar hitam dan putih ini selama 10 detik.

Langkah Dua

Menatap bergantian di pusat gambar-gambar induksi warna ini sampai tiga menit. Anda harus menatap pusat salah satu gambar untuk beberapa detik, sebelum beralih ke gambar kedua selama beberapa detik, terus berulang kali selama tiga menit.

Langkah Tiga
Lihat kembali gambar pertama di atas. Maka anda akan melihat bahwa bagian vertikal di kanan atas dan kiri bawah muncul sedikit merah, sedangkan bagian horisontal kiri atas dan kanan bawah akan terlihat sedikit hijau.

Efeknya akan lebih terasa jika Anda menghabiskan lebih banyak waktu lagi pada langkah kedua.

Anda akan melihat bahwa bahkan setelah beberapa menit, efeknya masih terlihat. Efeknya benar-benar dapat tetap bertahan sampai tiga setengah bulan, dan mungkin terlihat pada garis horizontal dan lurus lainnya yang anda lihat.

Atau anda bisa melihat video ini secara keseluruhan. Kuncinya adalah kesabaran
[embedded content]

Langkah Empat
Untuk membalikkan efek, Anda hanya perlu menatap gambar induksi yang diputar 90 derajat berlawanan arah jarum jam, selama setengah dari waktu yang anda perlukan saat menatap gambar induksi awal. Gambar yang diputar ditampilkan di bawah.

Semakin lama Anda melakukan langkah kedua, maka akan lebih jelas efeknya.

Tapi tidak seperti banyak ilusi optik, hal yang paling aneh tentang ilusi yang satu ini adalah bahwa, setelah beberapa menit, efeknya masih terlihat. Bahkan, laporan oleh Dr McCollough menunjukkan bahwa efek ilusi ini dapat bertahan hingga tiga setengah bulan.

Tapi jangan takut! jika Anda ingin membalikkan efek, Anda hanya perlu menatap gambar induksi warna lagi tetapi yang sudah diputar 90 derajat melawan arah jarum jam, selama setengah dari waktu yang anda habiskan saat melihatnya pertama kali,

Efek ini tidak terjadi di retina mata, tetapi bekerja di otak.

Efek McCollough adalah hal yang sangat langka. Ini cukup menakutkan. Ini adalah gambar nyata yang dapat terkunci di dalam otak Anda, mengubah cara kerjanya, dan tetap tinggal untuk sementara waktu. Namun bagaimana sebenarnya trik ini bekerja, belum sepenuhnya sepenuhnya dipahami.

Ada tiga teori utama. Yang pertama adalah bahwa menatap gambar berwarna menyebabkan korteks visual dalam otak Anda untuk melihat warna di sebelah tepi lurus tertentu.

Teori lain adalah bahwa kesalahan otak Anda mengoreksi, setelah menatap gambar hitam dan putih begitu lama, dan mengkompensasi dengan menambahkan warna di mana tidak mungkin sebelumnya.

Teori ketiga adalah bahwa hal itu mungkin terkait dengan gejala penarikan dari menatap warna – dengan otak sekarang mengaitkan garis vertikal dengan hijau, dan horisontal dengan merah.

Lalu mengapa efek McCollough dapat bertahan untuk waktu yang lama – bisa menit atau jam, tapi kadang-kadang hari dan bulan.

Penjelasan yang mungkin untuk ini adalah bahwa tidak ada banyak kesempatan bagi otak untuk mengkalibrasi ulang lagi – kita tidak melihat banyak pola di dunia nyata yang cukup mirip dengan pola asli.

Tentu saja, otak tampaknya perlu semacam paparan visual untuk menyingkirkan efek, karena efek tetap dapat bertahan meski anda memejamkan mata semalaman atau tidur.

Jika anda tertarik dengan ilusi-ilusi lainnya, silahkan lihat disini yang memuat daftar ilusi paling lengkap

.
Updated: Juni 19, 2015 — 03:27
On The Spot © 2014