On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Menegangkan! Pertarungan Angin Vs Pesawat Saat Mendarat di Bandara


Gara-gara embusan angin yang begitu kencang, sebuah pesawat terpaksa membatalkan pendaratan hanya beberapa meter dari landasan pacu.

Adegan pertarungan antara angin dan pesawat itu terekam selama lebih dari 2 menit. Dalam rekaman yang salah satunya dimuat di News.com.au, terlihat pesawat Monarch terombang-ambing ketika ingin mendarat di Bandara Manchester, Inggris. Fotografer amatir pun Simon Whittaker mengabadikannya.

Klik untuk memutar

Ketika pesawat Airbus mendekati landasan, pesawat terkena embusan angin kencang. Setelah ‘bertarung’ beberapa saat, terombang-ambing, pilot memutuskan untuk mengudara kembali dan membatalkan pendaratan.

“Lima pesawat yang akan mendarat pada hari itu dialihkan ke bandara lain karena kondisi cuaca ekstrem. Tiga unit mendarat di Bandara East Midlands dan 2 lainnya ke Birmingham,” kata pihak Manchester Airport.

Seperti yang dikutip dari liputan6.com, Ketika rekaman itu diambil, wilayah Manchester memang dilanda oleh embusan angin hingga 130 km per jam yang menyebabkan jaringan listrik terputus dan kerusakan serius pada banyak bangunan.

Simon yang sedang dalam perjalanan ke sebuah hotel di Bandara Manchester langsung berhenti ketika melihat pesawat. Ia pun melaporkan hal itu kepada Manchester Evening News: “Cuaca mengerikan dan berbahaya di bandara.

“Bahkan sulit memegang kamera saat kekuatan angin seperti itu,” imbuh Simon.

Saat itu, bandara mengatakan pengalihan yang berlaku selama sekitar 30 menit. Namun tak dijelaskan apakah pesawat Monarch yang terekam kamera itu salah satu yang terkena dampaknya.

Seorang juru bicara bandara mengatakan kondisi saat ini tidak seburuk sebelumnya, dan hari ini cuaca baik-baik saja.

Berikut ini tayangan mendebarkan tersebut:

[embedded content]

.
Updated: Desember 23, 2015 — 03:27
On The Spot © 2014