On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Minum Kopi Secara Rutin Bisa Turunkan Resiko Kematian Dini


Apakah anda termasuk orang yang merasa hari anda tak lengkap tanpa minum kopi? Jika ya, hasil penelitian para ilmuwan ini mungkin akan menjadi kabar baik bagi Anda.

Para peneliti telah menemukan lebih banyak bukti bahwa kopi baik untuk tubuh kita. Orang yang minum kopi dalam jumlah cukup secara teratur, memiliki kemungkinan kecil meninggal akibat berbagai penyakit, dari diabetes hingga penyakit jantung.

Klik untuk memutar

Seperti yang dikutip dari nationalgeographic.co.id, Tim kesehatan masyarakat di Harvard University menemukan bahwa mengonsumsi sekitar lima cangkir sehari—bahkan kopi tanpa kafein, dapat membantu mengurangi resiko itu.

Meski begitu, tetap saja peminum berat kopi tidak bisa mengimbangi kerusakan yang disebabkan oleh merokok, tulis ilmuwan dalam jurnal Circulation.

“Pesan utamanya adalah bahwa mengonsumsi sekitar tiga sampai lima cangkir kopi sehari secara rutin, menurunkan resiko kematian yang diakibatkan oleh beberapa penyebab seperti diabetes, penyakit jantung dan bunuh diri,” Frank Hu, seorang profesor nutrisi dan epidemiologi yang membantu memimpin penelitian itu, mengatakan kepada NBC News.

“Dalam studi sebelumnya kopi yang dimaksud adalah kopi berkafein. Namun, dalam penelitian kami, baik kopi berkafein dan tanpa kafein menunjukkan resiko kematian yang lebih rendah,” ujar Hu.

Hu dan rekan-rekannya mengamati dua sumber informasi raksasa: survei yang dilakukan oleh lebih dari 200.000 dokter dan perawat yang telah diperbarui secara berkala dan rincian tentang kesehatan mereka selama lebih dari 20 tahun.

Secara keseluruhan, peminum kopi memiliki kemungkinan meninggal lebih rendah selama satu dekade dibandingkan non-peminum. Efeknya lebih kuat dan lebih jelas ketika tim tidak menyertakan para perokok. Non-perokok yang minum kopi memiliki kemungkinan meninggal 8-15 persen lebih kecil, tergantung pada berapa banyak mereka minum.

“Bukti kuat ini menjadi berita bagus bagi orang-orang yang minum kopi. Minum kopi memang baik untuk kesehatan,” kata Hu.

.
Updated: Januari 4, 2016 — 07:28
On The Spot © 2014