On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Penemuan Harta Karun Senilai Rp. 640 Miliar


Sejumlah besar harta karun yang berada di dalam kapal yang tenggelam ditemukan kembali.

Harta karun senilai lebih dari 50 juta USD atau lebih dari Rp 640 miliar itu diangkat dari kapal dagang SS City of Cairo, yang ditenggelamkan oleh tembakan torpedo dari kapal selam U-68 milik Nazi Jerman.

Klik untuk memutar

Seperti yang dikutip dari liputan6.com, Kapal dagang itu tenggelam bersama dengan sejumlah besar kepingan mata uang logam mulia milik Bendahara Negara Inggris, pada 4 November 1942 semasa Perang Dunia II. Saat itu, kapal tersebut berisi antara lain 100 ton uang dalam denominasi rupee yang dibawa dari Bombay, di India, ke Inggris.

Kapten kapal selam Jerman saat kejadian, Karl-Friedrich Merten, ketika mendekati sekoci-sekoci penyelamat, terkenal karena ucapannya,

“Selamat malam, maaf telah menenggelamkan kalian.”

Sebanyak 104 awak kapal tewas akibat peristiwa tersebut.

Merujuk kepada The Telegraph, Kementrian Perhubungan Inggris memberi wewenang kepada perusahaan penyelaman Deep Ocean Search (DOS) untuk menguasai beberapa puluh ton kepingan mata uang temuan itu.

Temuan harta karun itu diangkat dari kedalaman 5.150 meter di bawah permukaan laut. Jauh lebih dalam daripada kedalaman tenggelamnya Kapal Titanic pada 3.800 meter di bawah permukaan laut.

Ketika ditemukan, bangkai kapal dagang itu sudah terbelah dua dan tertutup oleh lapisan lumpur yang sangat tebal. Pencarian menggunakan kapal ship SV John Lethbridge itu menggunakan teknologi sonar canggih, dipimpin oleh pelaut Inggris piawai, John Kingsford.

Temuan ini terjadi tahun 2013, namun baru diungkap kepada dunia pada bulan April 2015 ini.

[embedded content]

Baca juga mengenai hartanya Qorun disini

.
Updated: Mei 13, 2015 — 03:28
On The Spot © 2014