On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Soal Tes Matematika Singapura yang Menghebohkan Dunia


Bagi sebagian orang, ujian nasional (uan) adalah hal yang luar biasa dan kadang menakutkan. Tiap tahun muncul kehebohan berita tentang ritual-ritual aneh untuk menghadapi ujian nasional agar bisa mengerjakan soal-soal. Meskipun sekarang ujian nasional tidak menentukan kelulusan seorang siswa.

Seperti yang dikutip dari liputan6.com, Kehebohan ujian nasional terjadi juga di Singapura, namun bukan soal ritualnya namun tentang soal ujian yang sangat sulit. Sejak kemarin soal matematika di Singapura ini menjadi bahasan netizen karena soal itu dianggap sangat sulit. Berikut solal matematika yang heboh di social media.

Klik untuk memutar


Albert dan Bernard baru saja berkenalan dengan Cheryl, dan mereka ingin tahu kapan ulang tahunnya. Cheryl kemudian memberi mereka daftar yang berisi 10 tanggal dan bulan dimana salah satunya adalah tanggal dan bulan ulang tahun Cheryl:

15 Mei, 16 Mei, 19 Mei, 17 Juni, 18 Juni, 14 Juli, 16 Juli, 14 Agustus, 15 Agustus, 17 Agustus.

Setelah itu, Cheryl memberitahu Albert, hanya bulan ulang tahunnya dan memberitahu Bernard hanya tanggal ulang tahunnya secara terpisah.

Albert kemudian berkata: “Saya tidak tahu kapan tepatnya (tanggal dan bulan) ulang tahun Cheryl, tapi saya juga tahu bahwa Bernard sama tidak tahunya seperti saya”.

Mendengar Albert berkata seperti itu, Bernard berkata: “Pada awalnya saya tidak tahu kapan tepatnya ulang tahun Cheryl, tapi sekarang saya tahu.”

Mendengar perkataan Bernard, akhirnya Albert berkata: “Saya sekarang juga tahu kapan tepatnya ulang tahun Cheryl”.

Pertanyaannya adalah kapan tepatnya ulang tahun Cheryl?

Soal matemarika untuk anak SD kelas 5 ini menjadi perhatian dunia. Termasuk the guardian.com mengulasnya.

Can you solve the Singapore primary maths question that went viral? http://t.co/kpFZBlAhrr pic.twitter.com/4hJNxrZv1e

— The Guardian (@guardian) April 13, 2015

Soal matematika ini pertama kali diposting oleh presenter Singapore TVm Kenneth Kong di halaman Facebooknya. Dia membuat status dengan menuliskan, “This question causes a debate with my wife …. and its a P5 question.” I’m assuming that means primary Year 5”

Singapura memang dikenal sebagai negara dengan rangking tertinggi pada Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS), baru berturut-turut Korea Jepang, Hongkong dan Belanda.

Bagaimana? Apakah anda dapat menjawabnya? Jika ya, cocokkan jawabannya disini dan jika tidak, ketahui penyelesaiannya disini

.
Updated: Mei 7, 2015 — 03:27
On The Spot © 2014