On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Telur-Telur Menakjubkan dari Dunia Serangga

Onthespotv7.com – Telur-telur dibawah ini mungkin terlihat seperti telur-telur alien di film-film fiksi ilmiah, tetapi telur-telur ini benar-benar nyata – telur-telur ini adalah telur-telur serangga. Ini adalah kehidupan, tapi tentu kehidupan yang tidak seperti yang kita kenal. Lihatlah telur-telur yang menakjubkan dari dunia alien di sekitar kita.

Klik untuk memutar

Telur-telur Lacewing dibawah ini melekat pada daun atau batang dengan sepotong sutra tipis untuk menempatkan mereka. Jika selamat dari bahaya, apa yang keluar dari telur-telur itu saat menetas adalah mimpi buruk.


Larva-larva segera meranggas dan kemudian berpesta makan. Karena indra perasa mereka belum berkembang dengan baik, mereka pada dasarnya akan menyerang apa pun yang hidup yang mereka sentuh dengan harapan bahwa itu adalah makanan. Setelah mereka melekat pada mangsanya mereka akan menyuntikkan cairan pencernaan – seluruh jeroan sebuah aphid (kumbang kecil) dapat dicairkan oleh larva Lacewing hanya dalam 90 detik. Menakjubkan!

Sebuah telur serangga tongkat (stick insect), foto diambil di Malaysia. Tergantung pada spesies, stick insect akan meletakkan antara 100 hingga 1200 telur. Sejumlah spesies adalah parthenogenic yang berarti bahwa betina tidak perlu kawin untuk menghasilkan keturunan. Namun, telur dari para ibu perawan seperti itu, dikenal tidak pernah menghasilkan keturunan jantan dan semua dari mereka adalah salinan yang tepat (exact copies) dari ibu mereka.

Telur dari kupu-kupu Tiger Swallowtail timur seperti mutiara hijau kecil. Lebar telur bisa sampai 1.2mm yang membuat mereka menjadi salah satu telur terbesar dari spesies kupu-kupu. Tiga instar (tahap perkembangan arthropoda) awal dari ulat, terlihat menyerupai tai burung – untuk satu alasan yang jelas: jika terlihat seperti tai, maka predator tak tertarik dan menjauh.


Telur dari kupu-kupu  gulf fritillary (Agraulis vanillae) terlihat seolah-olah sesuatu yang jauh lebih mematikan daripada ulat yang akan muncul darinya (mirip dengan telur dalam film “Alien” Ellen Ripley).


Meski ulatnya tidak akan menempel di wajah Anda seperti di film Alien, tetapi mereka sangat beracun dan kebanyakan burung akan menghindarinya. Meski tidak beracun untuk kaumnya sendiri, namun ulat dari telur yang menetas di akhir musim mungkin hanya berakhir sebagai makan siang untuk sepupu mereka yang lebih tua.

Kupu-kupu Satyr Comma (Polygonia satyrus) sering bertelur secara tunggal. Setelah mereka menetas ulat yang soliter akan memakan daun dari tanaman inang mereka. Mereka hanya keluar pada malam hari dan ketika tua, ulat akan membangun tempat berlindung dari daun untuk menyembunyikan diri di siang hari.

Kadang-kadang lebih mudah untuk memahami betapa kecil telur dengan menempatkan sang induk disampingnya, sehingga terlihat dalam gambar. Alderfly betina ini tumbuh hingga 25mm panjangnya dan bertelur di batang rumput di atas air. Mereka menetas, mereka jatuh dan siklus hidup dimulai lagi.

Seekor ladybug yang menelurkan ratusan telur dan larva rakus akan mulai menyusui saat telur-telur menetas. Mereka disebut ladybird di Inggris dan disebut Marienkäfer di Jerman yang jika diterjemahkan berarti kumbang Maria (Maryam).

Seekor serangga perisai atau shield bug, meletakkan telurnya dalam baris dengan hati-hati. Mereka juga dikenal sebagai stink bug, ketika diganggu mereka akan merilis cairan yang berbau benar-benar busuk. Nimfa nya (yang terlihat sama seperti dewasa kecuali mereka tidak memiliki sayap dan, tentu saja, jauh lebih kecil) juga memiliki fasilitas ini.

Ini adalah telur cupido minimus, kupu-kupu terkecil di Inggris: rentang sayapnya dapat sekecil 16mm – sehingga Anda dapat membayangkan bagaimana kecilnya telur mereka ini. Telur mereka ini kurang dari setengah milimeter. Setelah telur diletakkan betina akan menggosok perutnya di bunga vetch dimana telurnya diletakkan. Hal ini untuk mencegah betina lain dari menggunakan tanaman yang sama untuk bertelur. Alasannya? Larva mereka sangat kanibalis di instar pertama mereka.

Kupu-kupu mallow skipper (Carcharodus alceae) dari Asia dan Eropa menelurkan telur yang terlihat aneh ini ….

 

..dan chalkhill blue (Polyommatus coridon) juga memilik telur yang bentuknya aneh


Harlequin (gambar di atas diambil di California) mungkin bisa menghitung. Mereka selalu bertelur dalam kelompok yang berisi dua belas. Telur bergaris hitam dan putih dan tampil lebih berbentuk kubus daripada bulat.

Telur kupu-kupu skipper yang Anda lihat di sini membantu untuk menunjukkan bahwa lepidoptera (ordo serangga dimana kupu-kupu dan ngengat ditempatkan) adlah telur yang paling kompleks di dunia serangga. Ada dua jenis. Yang paling umum adalah tegak (erect) tapi ada juga telur datar yang jarang, contoh-contoh dari keduanya sekarang telah anda lihat di atas. Hal yang menakjubkan tentang foto ini adalah bahwa Anda dapat melihat micropyle (lubang kecil di tengahnya) di mana sel sperma masuk selama pembuahan.

Telur clown bug – bola hijau alien menunggu untuk menetas.

Namun, kadang-kadang seorang fotografer tidak akan dapat segera mengidentifikasi spesies asal telur. Dibawah ini adalah foto-foto yang indah dari telur yang tidak diketahui. Jika Anda tahu telur ini berasal dari spesies apa, silakan beritahu AMJG …

Di atas itu diambil di Virginia, Amerika Serikat.


Jerman


East Lothian, Skotlandia
Singapura
New Zealand
Nigeri


Skotlandia
New South Wales, Australia

Dalam keindahan kadang juga dapat ditemukan horor. Pada gambar ini, seekor ulat tembakau atau  tobacco hornworm ini diserang oleh tawon parasit braconid yang meletakkan telur-telurnya di punggung hornworm ini. Ketika telur-telur menetas, larva-larva akan segera berpesta makan dari tubuh hornworm dan kemudian berkepompong sendiri di punggung hornworm untuk tahap kepompong mereka.

Mari kita akhiri artikel ini dengan sebuah pertanyaan. Apakah serangga melakukan matematika? Pola teratur telur di bawah ini mungkin tampaknya menyarankan hal itu … ^_^


dari mana asal telur ulat? daun terkecil di dunia nyata foto telur serangga aneh penemuan telur dinosaurus terbaru telur ulat ulat dinosaurus
.
Updated: Mei 1, 2016 — 01:35
On The Spot © 2014