On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

10 Bank Paling Aman Di Dunia

World-Bank

(Vibiznews-Business) Situs bisnis terkemuka, CNBC) merilis hasil survey yang dilakukan oleh beberapa perusahaan agensi rating ternama mengenai bank-bank global yang memperoleh rating sebagai bank paling aman di dunia.
Terdapat 10 Bank Paling Aman Di Dunia yang berhasil dirangkum dari hasil rating Fitch Ratings, Standar & Poor’s dan Moody’s dari total 500 bank yang sebelumnya telah disurvey. Berikut info yang dikutip dari berjambang.blogspot.com

Klik untuk memutar

1. China Development Bank
Sebagai bank paling aman di dunia ditempati oleg bank BUMN China yaitu China Development Bank. Bank yang berdiri tahun 1994 dan memiliki asset sebesar 992 miliar dollar ini merupakan salah satu bank kebanggaan masyarakan China mengingat pentingnya posisi bank ini bagi perekonomian negara tersebut. Fungsi dibentuknya bank ini bertujuan sebagai penyedia kredit pinjaman bagi proyek-proyek pembangunan infrastruktur di China, mulai pembangunan bendungan, fasilitas air bersih sampai dengan jalur kereta api. Moody’s memberi rating bank ini Aa3, S&P AA- dan A dari Fitch.

2. Agricultural Development Bank of China
Masih di China, peringkat kedua ditempati oleh ADBC. Bank ini dikenal aman karena memiliki potensi rasio terjadinya kredit macet sebesar 0,9%. Kecilnya kemungkinan tersebut disebabkan oleh selektifnya pihak ADBC dalam memberikan kredit dan hanya memperuntukan pinjam kepada sektor agrikultur. Total asset yang dimiliki ADBC sampai dengan saat ini ialah sebesar 310 miliar dollar.

3. National Bank of Abu Dhabi
Selama dua tahun berturut-turut, bank milih pemerintah Arab Saudi ini menduduki peringkat ketiga dalam 10 besar bank teraman. Agensi rating memberikan nilai hampir sempurna seperti Moody’s Aa3, S&P A dan Fitch AA-. Predikat aman diperoleh mengingat tujuan bisnis bank ini terfokus kepada perbankan syariah dan menjadi salah satu barometer bagi perkembangan ekonomi syariah di seluruh dunia.

4. National Bank of Kuwait
Bank ini memiliki reputasi yang sangat baik di kawasan Timur Tengah. Bahkan pada tahun 2011 lalu bank ini merupakan bank terbaik di Timur Tengah versi Global Finance, Euromoney dan The Banker. Sedangkan beberapa agensi rating seperti S&P memberikan penilaian A, Fitch AA- dan Moody’s Aa3. Total asset yang dimiliki oleh bank ini mencapai 48,9 miliar dollar.

5. Industrial Bank of Korea
Bank BUMN Korea Selatan ini merupakan salah satu bank dengan asset terbesar di Korea Selatan. Bank yang memfokuskan kepada pinjaman kredit bagi UKM ini memiliki total asset mencapai 161 miliar dollar. Bank yang didirikan pada tahun 1961 ini juga menyediakan pinjaman kredit bagi para masyarakat yang membutuhkan dana pinjaman non konsumtif.

6. Korea Finance Corp
Kembali ke Korea Selatan, satu lagi bank BUMN asal negara tersebut yang memiliki reputasi sebagai bank teraman ialah Korea Finance Corp. Secara bisnis, Korea Finance Corp hampir sama dengan Industrial Bank of Korea, meski terdapat perbedaan sedikit yaitu adanya penyediaan kredit terhadap pembangunan infrastruktur di Korea Selatan. Bank ini memiliki total asset sebesar 157 miliar dollar.

7. Qatar National Bank
Peringkat ketujuh ditempati oleh Qatar National Bank. Bank yang didirikan oleh Qatar Investment Authority pada tahun 1964 ini dikenal memiliki reputasi yang baik bertahun-tahun bukan hanya domestik tapi juga internasional. Bank yang memiliki total asset sebesar 82,9 miliar dollar ini memiliki rating A dari S&P dan Fitch dan AA3 dari Moody’s.

8. Samba Financial Group
Samba Financial Group merupakan bank kedua terbesar dari segi asset di Arab Saudi. Bank yang telah diakuisisi oleh Citibank tahun 1980 ini telah memiliki 70 jumlah cabang yang tersebar dibanyak negara dan kota besar seperti di London, Qatar, Pakistan dan Dubai. Total asset yang dimiliki bank ini mencapai 51,4 miliar dollar.

9. BancoEstado
Posisi ke 9 ditempati oleh bank asal Chile. Bank milik pemerintah ini merupakan bank ketiga terbesar yang menjadi penyedia layanan kredit di Chile. Fokus bisnis bank ini ditujukan kepada pinjaman produktif bagi para UKM, proyek pembangunan infrastruktur publik dan sektor properti untuk rakyat tidak mampu. Pada tahun 2012 lalu, bank tersebut memperoleh kenaikan pendapatansebesar 13%.

10. Bank of Taiwan
Bank yang berdiri tahun 1946 ini merupakan bank milik pemerintah Taiwan dan memiliki asset terbesar di sektor perbankan Taiwan dengan total asset mencapai 130 miliar dollar sampai dengan tahun 2012 lalu.

5 negara dengan bank paling aman didunia
.
Updated: November 13, 2015 — 11:26
On The Spot © 2014