On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

10 Candi Termegah di Dunia

tiantan

Di bumi kita ini banyak ditemukan candi atau kuil. Biasanya bangunan tersebut dibuat sebagai tempat sembahyang, terutama bagi agama Hindu dan Buddha. Nah, apa saja candi terbesar di dunia? Berikut adalah 10 candi terbesar di dunia yang dikutip dari berjambang.blogspot.com

Klik untuk memutar

10) Kuil Chion-in, Jepang
Kuil Chion-in dibangun pada tahun 1234 oleh seorang murid dari guru Honen, Genchi. Hal unik yang pertama dari kuil ini adalah terdapat ukiran berupa lambang keluarga Tokugawa di setiap atap balok kuil. Salah satu arsitek yang membantu membangun kembali kuil ini menempatkan beberapa payung di depan kuil ini karena dipercaya dapat membantu menurunkan hujan.kaskus

9) Shwedagon, Burma
Sesuai dengan legenda, kuil berumur lebih dari 2500 tahun. Juga dikenal dengan sebutan candi emas, candi ini terdiri atas stupa dan pagoda. Candi ini terletak di pusat kota Yangon, Burma, dan menghiasi pemandangan kota.

8) Harmandir Sahib, India
Juga dikenal dengan sebutan Golden Temple, Harmandir Sahib merupakan tempat suci bagi umat Sikh. Seluruh bangunan kuil ini terbuat dari emas, dan terletak ditengah-tengah danau. Harmandir Sahib terletak di kota Amritsar.

7) Wat Rong Khun, Thailand
Wat Rong Khun merupakan sebuah candi Hindu dan Buddha di kota Chiang Rai. Candi ini didesain oleh Chalermchai Kositpipat, konstruksi dimulai pada tahun 1997. Keunikan dari candi ini adalah warna bangunannya yang berwarna putih. Sampai sekarang candi ini masih akan diperbesar dan dibangun.

6) Prambanan, Indonesia
Prambanan merupakan kompleks candi Hindu yang didirikan pada abad ke-9. Prambanan melambangkan Trimurti, yakni Dewa Brahma (pencipta), Dewa Wisnu (pemelihara), dan Dewa Shiwa (penghancur). Prambanan merupakan salah satu dari UNESCO World Heritage Site dan merupakan salah satu tujuan wisata utama Kota Yogyakarta.

5) Kuil Surga, Republik Rakyat Cina
Kuil Surga merupakan sebuah kompleks kuil Tao yang terletak di sebelah tenggara kota Beijing. Kompleks ini dikunjungi oleh kaisar-kaisar dinasti Ming dan Qing untuk doa tahunan ke surga agar mendapatkan hasil panen yang baik. Kuil ini merupakan salah satu dari UNESCO World Heritage Site dan merupakan ikon kota Beijing.

4) Candi Srirangam, India
Candi Srirangam merupakan candi yang dipersembahkan kepada dewa Ranganatha. Sekarang, candi ini merupakan candi terbesar di India dan merupakan salah satu candi Hindu terbesar di dunia. Candi ini merupakan tujuan wisata utama bagi Tamil Nadu, India.

3) Tiger’s Nest Monastery, Bhutan
Tiger’s Nest Monastery merupakan situs sakral bagi umat Buddha Himalaya, terletak di Lembah Paro bagian atas. Pada abad ke-8, Guru Padmasambhava meditasi di gua ini selama tiga bulan. Pada tahun 1692, di sekitar gua tersebut di bangun kompleks ini. Kompleks ini terletak di tepi tebing yang curam. Kompleks ini juga merupakan ikon wisata negara Bhutan.

2) Borobudur, Indonesia
Nah, siapa yang tidak tahu dengan candi yang satu ini. Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di Indonesia, sekaligus di Asia Tenggara. Candi ini memiliki 2,672 panel relief dan memiliki 504 stupa dan patung Buddha. Candi ini merupakan salah satu dari UNESCO World Heritage Site dan merupakan ikon wisata utama pulau Jawa.

1) Angkor Wat, Kamboja
Nah, ini dia candi terbesar di dunia. Angkor Wat merupakan kompleks Hindu Buddha terbesar di dunia. Kompleks ini dibangun pada awal abad ke-12 untuk dipersembahkan kepada Raja Suryawarman II sebagai tempat tinggal dan tempat pemerintahannya. Desain kompleks ini berdasarkan desain bangunan Khmer. Angkor Wat memiliki arti ‘Kota Candi’, dan sekarang Angkor Wat merupakan salah satu dari UNESCO World Heritage Site dan merupakan tujuan wisata utama bagi Kamboja.

.
Updated: September 28, 2015 — 07:28
On The Spot © 2014