On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

10 Fenomena Alam yang Unik dan Aneh


Setiap tahun, berbagai kegiatan manusia dan fenomena alam menyebabkan bencana lingkungan dan kerugian ekonomi yang besar di seluruh dunia. Meskipun demikian, ada sesuatu yang menarik tentang kekuatan alam dan dampaknya. Jangan berharap untuk menemukan Aurora Borealis yang kini sangat populer atau pasang merah (red tides) tercantum di sini.

Tujuan dari daftar yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com ini adalah untuk menyajikan beberapa fenomena alam yang paling menarik/bahaya yang terjadi pada tahun 2011 dan 2012, yang kurang diketahui oleh masyarakat umum. Kriteria seperti kelangkaan dan keunikan adalah hal yang mendasar dalam menentukan daftar Top 10 ini.

Klik untuk memutar

10. Laut Hitam yang Beruap – Romania

Hangatnya matahari, tanah lembab dapat beruap, apalagi sebuah danau, laut atau samudra jika udara di atasnya cukup dingin. “Dalam kasus terakhir, fenomena ini biasanya disebut kabut uap (jika terjadi di atas air tawar) atau asap laut (jika terjadi di atas air garam)”, menurut Saunders PM dari Woods Hole Oceanographic Institution.

Gambaran spektakuler diatas diambil beberapa bulan yang lalu di Rumania, dan menangkap asap laut yang sangat indah di Laut Hitam.

9. Suara Aneh dari Laut Hitam yg Membeku
[embedded content]
Jika Anda pernah bertanya-tanya bagaimana suara dari laut yang beku, inilah jawabannya! Kedengarannya seperti kuku-kuku yang menggaruk papan tulis atau seng.. Video ini diambil di lepas pantai Odessa, Ukraina. Ada bait dalam puisi naratif ST Coleridge, “The Rime of the Ancient Mariner,” yang secara tepat melukiskan esensi dari video diatas:

The ice was here, the ice was there
The ice was all around
It cracked and growled, and roared and howled
Like noises in a swound!

8. Spider Web Trees – Pakistan

Sebuah efek samping tak terduga dari banjir besar yang melanda seperlima dari daerah Pakistan adalah jutaan laba-laba mengubah pohon menjadi seperti kepompong. Mereka merangkak ke pohon untuk menghindari air banjir yang meninggi.

Jaring laba-laba raksasa yang ditemukan di Texas diatas, adalah mimpi arachnophobe terburuk. Menutupi area 200 yard! Terlepas dari kenyataan bahwa laba-laba adalah kanibal dan jaring mereka tidak berhubungan, spesialis mempelajari lebih dari 240 spesimen dan mengidentifikasi 12 family laba-laba berada di jaring yang besar tersebut. belum begitu diketahui apa yang memicu fenomena langka ini.

7. Tornado Api – Brazil
[embedded content]
Sebuah fenomena langka yang dikenal sebagai “tornado api” telah tertangkap kamera di Aracatuba, Brasil beberapa tahun yang lalu. Kombinasi mematikan suhu tinggi, angin kencang, dan kebakaran hutan menyebabkan pusaran api. Salah satu tornado api yang paling ekstrim terjadi di Jepang. Pada tahun 1923, gempa bumi besar Kanto menghancurkan Tokyo, Yokohama dan sekitarnya. Setelah itu badai api menyebabkan kerusakan yang luar biasa. Kerugian nyawa terbesar disebabkan oleh pusaran api besar yang menewaskan 38.000 orang hanya dalam lima belas menit. Selengkapnya baca disini

6. Cappuccino Shores – Cleveleys, UK

Pada bulan Desember 2011, resor tepi laut Cleveleys, Lancashire diselimuti dengan busa laut (gambar pertama). Yang kedua dan gambar-gambar ketiga diambil di Cape Town, Afrika Selatan. Mereka mungkin terlihat seperti cappucino musim dingin, tetapi penduduk setempat senang dengan busa yang meledak-ledak di lepas pantai Laut Irlandia. Menurut para ahli, Cairan kental atau lebih tepatnya lendir di lautan muncul ketika air garam berinteraksi dengan produk dekomposisi makhluk hidup bawah air, dan semuanya bergejolak dan diaduk bersama-sama oleh arus kuat yang menyebabkan air membentuk busa. Untuk gambar yg lebih lengkap bisa dilihat disini

5. Salju di Gurun Pasir Tertua di Dunia

Salju di tanah kering Namib bukannya tidak pernah terdengar, tetapi merupakan peristiwa langka. Statistik menunjukkan bahwa salju menyelimuti Gurun Namib setiap sepuluh tahun. Pada bulan Juni tahun 2011 salju langka ini turun pada siang hari, dari jam 11 pagi sampai sore. Ahli meteorologi mengatakan suhu terendah tercatat oleh stasiun cuaca pada hari itu adalah -7, di kota Otjozondjupa. Setelah mengalami kondisi kering selama lebih dari 50 juta tahun, Gurun Namib dianggap oleh para ahli sebagai padang pasir tertua di dunia.

4. Maelstrom Near The Port Of Oarai – Japan

Sebuah pusaran air yang sangat besar muncul di lepas pantai timur Jepang setelah tsunami melanda negara itu. Pusaran dekat pelabuhan Oarai berlangsung beberapa jam dan terjadi karena interaksi antara air deras dan geologi dari garis pantai dan dasar laut. Maelstroms (pusaran) adalah fitur umum dari tsunami. Tembok air tsunami ketika mengalir akan mengikuti pola dari rupture atau pola dari patahan yang terpatahkan. Retakan atau rekahan ini menyebabkan air tersembul keatas, dan membuat tembok air tsunami. Menurut perkiraan visual dari ketinggian dari tembok air ini mencapai 30 meter. Dan hingga lebih dari 10 meter ketika mencapai daratan, sampai menyapu segalanya yang dilewati. Termasuk rumah, bangunan, kendaraan, dan tentusaja manusia yang tidak sempat mengevakuasi. Innalilahi wainnailaihi rojiun !

Ketika mencapai pantai terjadi perubahan bentuk dari tembok air ini karena morfologi dasar air dan morfologi garis pantai. Ketika mendekati pantai kecepatan air yang tidak terganggu akan terus melaju, tetapi yang terganggu garis pantai akan berbelok. Belokan inilah yang akhirnya menyebabkan terbentuknya pusaran air. Perhatikan bentuk dan pola garis pantai Timur Jepang yang berkelok-kelok. Tentu saja terbentuknya pusaran ini akan sangat mungkin terjadi. Gambar Yang pertama menunjukkan salah satu pusaran yang terlihat dari helikopter pengamat. Untuk memberikan gambaran tentang seberapa besar pusaran air ini, lihatlah gambar pertama.bandingkan dengan besarnya kapal yg terlihat. Tidak diketahui apakah kapal itu ada penumpangnya atau tidak. Beberapa pusaran air yang paling terkenal dan kuat adalah Moskstraumen (juga dikenal sebagai pusaran Lofoten), Saltstraumen, Corryvreckan dan Old Sow whirlpool. Penulis terkenal seperti Edgar Allan Poe, Jules Verne dan Herman Melville menggambarkan pusaran Lofoten dalam tulisan mereka. Selengkapnya tentang Maelstrom dapat dibaca disini

3. Dramatic Waterspouts – Australia
[embedded content]
Empat tornadic waterspouts tertangkap kamera di lepas pantai Australia pada bulan Mei 2011. Fenomena alam yang sangat menarik ini sedikit membuat gempar penduduk setempat, beberapa di antaranya telah tinggal di kawasan itu selama lebih dari 45 tahun dan belum pernah melihat puting beliung. Keempat waterspouts yang dramatis itu mencapai ketinggian hampir 2.000 kaki. Waterspouts secara umum diklasifikasikan menjadi dua kategori: tornadic waterspouts dan fair-weather waterspouts. Waterspouts Tornadic berawal sebagai tornado diatas tanah dan kemudian pindah ke badan air. Ukuran mereka bervariasi dari beberapa meter hingga lebih dari satu mil tingginya. Waterspouts dapat mencapai lebar hingga ratusan kaki. Selengkapnya tentang waterspout dapat dibaca disini

2. Massive Dust Storm – Phoenix, USA

Gambar yang luar biasa ini menunjukkan badai debu besar yang menelan Phoenix pada tahun 2011. Badai pasir – juga dikenal sebagai haboob – berasal dari Tucson dan memiliki lebar 50 mil. Awan debu mencapai ketinggian 10.000 kaki sebelum tiba di Phoenix. Hal ini disebabkan oleh “downdrafts dari badai yang sangat kompleks yang dihasilkan oleh monsun Barat Daya.

Badai pasir adalah fenomena meteorologi yang umum di Arizona, tetapi penduduk setempat dan peneliti mengatakan badai 5 Juli adalah luar biasa intens. Ukuran badai, dan banyaknya debu itu dijemput yang dibawa oleh badai, sangat tidak biasa. Selengkapnya tentang badai pasir dapat dibaca disini

1. Volcanic Ash Blankets Lake Nahuel Huapi – Argentina
[embedded content]
Letusan gunung berapi Puyehue – dekat kota Osorno, Chili selatan – menyebabkan sesuatu yang sangat luar biasa di Argentina. Angin timur laut meniup abu ke negara tetangga, Argentina, dan beberapa bagian dari Danau Nahuel Huapi ditutupi oleh lapisan tebal abu vulkanik. Tidak seperti abu yang tersisa setelah pembakaran kayu atau bahan lainnya, abu vulkanik terbuat dari kaca dan partikel batuan, sehingga sangat kasar dan keras. Dan lebih celaka lagi, abu ini tidak larut dalam air. Dengan kedalaman 1.394 kaki dan permukaan 529 km2, Nahuel Huapi adalah danau air terdalam dan terbesar di Argentina. Danau membentang 100 km di sepanjang perbatasan Chile. Penulis ingin tahu apakah Nahuelito, raksasa yang dilaporkan tinggal di danau ini, masih ‘hidup’ setelah bencana ini … :)

fenomena paling di takuti oleh manusia
.
Updated: Juni 14, 2015 — 03:26
On The Spot © 2014