On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

5 Menara Miring di Dunia Selain Menara Pisa

Onthespotv7.com – Menara Pisa, yang pernah menjadi salah satu keajaiban dunia terkenal karena bangunannya yang tidak tegak alias miring. Namun ternyata tidak hanya Menara Pisa yang menjadi banguann yang miring di dunia. Ada berbagai bangunan lain yang juga ternyata tidak tegak alias miring. Bahkan ada beberapa bangunan yang kemiringannya melebihi Menara Pisa yang hanya 3 derajat.

Berikut ini adalah beberapa bangunan miring di dunia selain Menara Pisa :

Klik untuk memutar
  • Menara Miring Chesire Selatan

foto menara miring chesire selatan oleh  Unik SegiEmpat

Yang pertama adalah menara miring Cesira Selatan. Menara ini adalah bekas menara dari Gereja St Chad. Selain bernama Menara Miring Cheshire Selatan, menara ini juga memiliki nama Menara Gantung dari Wimberie.  Menara setinggi 29,3 meter ini dibangun pada abad ke lima belas dan terletak di desa Wybunbury, Inggris. Menara ini sendiri adalah sisa dari Gereja St. Chad yang dihancurkan pada tahun 1833.  Pada tahun 1832,  menara ini distabilkan oleh James Trubshaw dengan menggunakan teknik pengangkatan dari bawah. Teknik ini jugalah yang digunakan untuk menstabilkan Menara Miring Pisa.

  • Menara Miring Liuzhou

foto Menara Miring Liuzhou oleh Unik SegiEmpat

Bangunan miring selanjutnya berasal dari Cina, tepatnya di daerah otonomi Guangxi Zhuang, yang berada di selatan Cina. Di daerah tersebut terdapat sebuah menara lonceng miring. Menara tersebut menjadi miring karena kegagalan pembongkaran menara sebelumnya.

  • Menara Miring Inwa

foto Menara Miring Inwa oleh Unik SegiEmpat

Bangunan miring selanjutnya berasal dari Myanmar. Pada awalnya, menara ini adalah menara pengawas atau dalam bahasa setempat dinamakan Nan Mying. Namun gempa bumi yang terjadi pada tahun 1838 menyebabkan menara setinggi 90 kaki ini hancur dan hanya menyisakan sudut kemiringan yang terlihat sangat berbahaya.

  • Menara Miring Huludao

foto Menara Miring Huludao oleh Unik SegiEmpat

Menara yang terletak di daerah Huludao, yang terletak di sebelah timur laut provinsi Liaonin, Cina ini dibangun di jaman Dinasti Liao dengan ketinggian hampir 10 meter. Namun setelah banjir dan gempa bumi, menara ini kemudian menjadi miring. Kemiringan menara ini adalah 12 derajat ke arah timur laut.

  • Menara Miring Madrid

foto Menara Miring Madrid oleh Unik SegiEmpat

Bisa dikatakan bahwa kedua menara ini adalah ‘Gerbang ke Eropa’. Menara Miring Madrid dianggap sebagai bangunan modern miring tertinggi pertama di dunia. Kemiringan yang dimiliki masing-masing menara adalah 115 meter. Menara yang memiliki kemiringan 15 derajat ini dibangun oleh John Burgee dan Phillip Johnson pada tahun 1996.

 

.
Updated: Mei 14, 2016 — 11:26
On The Spot © 2014