On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

5 Tanda Kamu Gak Sehat Dilihat Dari Bentuk Tai

Selain sebagai kotoran yang kita buang dari segala hal yang kita makan, tai juga bisa dijadikan objek brilian untuk mengetahui apakah kamu terkena suatu penyakit berdasarkan panduan bernama Bristol Stool Scale. Tapi tenang aja, kamu gak perlu sampe megang apalagi nyium tai kamu sendiri kok. Caranya cukup dengan melihat bentuk tai kamu seperti di bawah ini:

 

Klik untuk memutar

Bulat-bulat yang keras 
Plung. Plung. Plung. 
Kalo tai kamu kecil dan mungkin susah dikeluarin, ada kemungkinan kamu mengalami sembelit atau konstipasi yang cukup serius. Wah, kalo udah sembelit gini kerasa sakit dong ya pas lagi BAB. Kalo menurut banyak sumber sih hal ini bisa disebabkan dehidrasi, panas dalam, stres, dan lain-lain, dan bisa jadi pertanda penyakit yang lebih hebat kayak tifus atau bahkan kanker usus. Kalo udah kayak gini sih mungkin kamu perlu ke dokter dan jangan makan sembarangan!

 

Panjang dan tidak halus
Yang satu ini juga tanda konstipasi nih tapi pada tingkat yang lebih rendah. Kalo yang sebelumnya bentuknya kecil-kecil, kalo yang satu ini bentuknya panjang dan permukaannya gak mulus alias berbentol-bentol sebagai tanda tai kamu yang keras. Kalo udah kayak gini sih ya ikuti aja saran di atas biar konstipasi kamu sembuh dan tai kamu pun normal kembali.

 

Bulat-bulat lembek dengan bentuk yang jelas
Beda dengan sebelumnya yang merupakan tanda sembelit, bentuk tai yang satu ini sudah mengarah ke diare. Kalo konstipasi tainya cenderung kering, nah kalo diare ditandai dengan bentuk tai yang cenderung lembek dan cair. Kalo udah gini mungkin kamu mesti minum obat anti-diare.

 

Bulat-bulat kecil halus dengan bentuk yang gak jelas
Yah, 11 12 sih dengan yang sebelumnya. Bedanya tai yang satu ini lebih kecil dan lebih halus. Selain itu keliatan lebih encer dari tai yang di atas. Tai dengan bentuk ini juga menandakan kamu terkena diare tapi sedikit lebih parah. Walopun kamu bisa dapetin obat diare, mungkin dengan tai seperti ini mending kamu ke dokter aja karena siapa tau diare ini mesti disembuhkan dengan obat khusus dari dokter.

 

Cair
Kalo pas BAB yang kamu keluarin sepenuhnya encer dan gak ada padetnya sama sekali udah jelas diare tingkat tinggi nih. Kebanyakan yang kayak gini bisa jadi gejala tipus. Bahaya. Makanya mesti cepet pergi ke dokter!

Keren ya ada ilmu kayak ginian. Makanya mulai sekarang kalo kamu habis BAB jangan langsung diflush! Perhatiin dulu deh bentuknya kayak apa. BTW kamu udah tau kan warna tai itu apa?

.
Updated: Juli 11, 2016 — 03:27
On The Spot © 2014