On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

6 Tembok Besar yang Paling Menakjubkan di Dunia


Berdiri lebih dari ribuan tahun, beberapa bangunan besar ini menjadi dinding kuno yang mengungkap potongan sejarah umat manusia. Lebih dari itu, struktur bangunannya yang kuno dan menawan, juga menjadi magnet bagi wisatawan untuk datang.

Tembok-tembok kuno peninggalan sejarah banyak ditemukan di berbagai negara. Mengingat bentuknya yang mengagumkan, dan dibuat dengan sangat spektakuler melampaui zamannya, beberapa tembok besar ini juga telah diakui sebagai salah satu keajaiban dunia. Berikut 6 tembok besar yang menakjubkan yang ada di dunia seperti yang dikutip dari liputan6.com.

Klik untuk memutar

Sacsayhuaman, Peru

Tembok besar Sacsayhuaman merupakan reruntuhan yang luar biasa dari kerajaan Inca, yaitu kekaisaran terbesar sebelum datangnya Colombus ke Amerika. Jajaran tembok menawan ini diyakini telah dibnagun sekitar abad ke-13, namun hanya dinding bagian luar yang masih bisa dilihat saat ini.

Tembok raksasa ini dibangun menggunakan batu besar dan berbentuk tidak teratur, dengan tinggi mencapai 8,2 meter. Namun demikian, tembok ini dibangun dengan kerapatan sempurna tanpa memiliki celah sama sekali. Selengkapnya baca disini

Wall of Dubrovnik, Kroasia

Tembok Dubrovnik merupakan contoh terbaik yang dapat menginformasikan tentang bagaimana arsitektur benteng maju di dunia dibuat. Terletak di bagian selatan Kroasia, struktur bangunan tembok besar ini dibangun sekitar abad ke-14. Memliki tinggi 25 meter lebih, bangunan tembok ini berbentuk melingkari sebagian besar kota kuno Kroasia.

Tembok besar Dubrovnik juga dilengkapi dengan menara, dan menyimpan sekitar 120 meriam, yang menggambarkan betapa pentingnya pertahanan yang diberikan untuk melindungi kota.

Phoenician Marine Wall, Lebanon

Tembok besar ini terletak di kota pesisir Batroun di Lebanon. Ini adalah satu kota tertua di dunia dengan tembok-tembok menawan berusia tua. Tembok laut ini dibangun untuk melindungi kota dari gelombang pasang yang datang.

Secara umum, tembok besar ini memiliki panjang sekitar 200 meter, dan dengan ketebalan mencapai 1,5 meter. Dibangun menggunakan pasir keras, tembok ini menjadi sangat kuat untuk menjaga kota dari gelombang pasang. Buktinya, tembok Phoenecian masih berdiri kokoh hingga saat ini. Selengkapnya baca disini

Xian City Wall, Tiongkok

Xian City Wall merupakan salah satu tembok besar bersejarah yang ada di Negeri Tirai Bambu. Dibangun sekitar tahun 1300, pembangunan tembok ini membutuhkan waktu hingga 4 tahun dalam pembuatan konstruksinya.

Tujuan awal pembangunan Xian City Wall adalah sebagai rumah bagi banyak prajurit perang. Namun tembok besar ini juga menjadi pertahanan terakhir bagi kerajaan yang ada di dalamnya. Tembok besar ini memiliki panjang hingga 6 mil persegi, dengan ketebalan mencapai 50 kaki dan dilengkapi dengan empat dinding yang masif. Kini tembok besar bersejarah ini telah berubah menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Tiongkok. Dari atas tembok ini, wisatawan dapat melihat keindahan seluruh kota kuno Tiongkok. Selengkapnya baca disini

Hadrians Wall, Inggris

Memiliki panjang hingga mencapai 84 mil, tembok besar Handrian dibangun sekitar abad ke-2. Tembok yang dibangun sebagai bentuk pertahanan ini, juga sempat digunakan sebagai layanan bea cukai. Kini tembok raksasa yang sudah diakui sebagai warisan dunia UNESCO ini, menjadi magnet bagi wisatawan yang datang ke Inggris.

Tembok Besar Cina

Siapa yang tidak kenal Tembok Besar Cina? Tembok kuno yang paling banyak mendapat kunjungan wisatawan ini telah lama diakui sebagai salah satu keajaiban dunia. Tembok ini merupakan tembok raksasa terpanjang yang pernah ada di dunia. Dibangun untuk melindungi bagian utara Cina, tembok ini diyakini telah dibangun sejak 2.000 tahun yang lalu. Selengkapnya baca disini

Baca juga mengenai kota-kota yang bertembok dari seluruh penjuru dunia disini

.
Updated: Januari 4, 2016 — 19:27
On The Spot © 2014