On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Hati-Hati! Hal-Hal Berikut Dapat Membuat Telinga Sakit

Onthespotv7.com – Telinga adalah salah satu organ manusia yang sangat penting dan memiliki peran yang banyak dan baik bagi keberlangsungan kehidupan manusia. Di dalam telinga ini tidak hanya memiliki fungsi yang sangat penting, namun juga terdapat beberapa organ lain yang saling mempengaruhi kinerjanya masing-masing. Sehingga jika terdapat kesalahan pada salah satu organ ini, maka sistem yang ada di dalam telinga juga akan terganggu. Karena pentingnya telinga ini maka banyak orang yang akhirnya sangat menjaga kesehatannya. Meskipun usaha yang dilakukan dengan ekstra, namun manusia banyak yang tidak mengetahui adanya kerusakan sedikit di dalam telinga dan hanya membiarkannya. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa hal yang membuat sakit telinga.

  •  Membersihkan Telinga Dengan Cotton BudFoto cotton bud oleh unik SegiEmpat

Hal pertama yang membuat telinga kita menjadi sakit adalah membersihkan telinga dengan cotton bud. Tentunya hal ini membuat Anda kaget bukan? Ya, hal ini wajar terjadi karena seperti yang kita lihat bahwa cotton bud ini adalah salah satu alat yang berguna untuk membersihkan telinga dari berbagai macam kotoran. Seperti yang kita ketahui ini bahwa cotton bud ini adalah semacam alat yang dibuat dengan adanya kapas yang dililitkan di tepi kedua ujung atau salah satu ujung cotton bud dengan batang yang berukuran pendek yang biasanya terbuat dari kayu atau plastik. Dengan adanya kapas yang terlilit ini memudahkan bagi seseorang untuk membersihkan kotoran yang nantinya akan tersaring di dalam kapas ini. Tidak hanya dipakai sebagai alat pembersih telinga saja, namun juga digunakan dalam bidang kosmetik dan juga peralatan pertolongan pertama dan juga cotton bud ini dikembangkan dengan berbagai bentuk yang beragam dan bisa membuat para penggunanya bisa merasa nyaman dalam menggunakannya.

Klik untuk memutar

Jika dilihat dari sejak awal perkembangan cotton bud atau pembersih telinga ini, ternyata awal mulanya terinspirasi dari seorang tokoh bernama Leo Gerstenzang. Pada saat itu dia menggunakan kapas untuk tusuk gigi sehingga lama kelamaan dia terpikir untuk menggunakan kapas ini dalam melakukan pembersihan telinga. Meskipun hal ini adalah hal yang tidak dianjurkan namun ternyata penggunaan kapas ini sudah meluas ke berbagai bidang bahkan bidang dalam penyeka mikrobiologi. Namun meskipun cotton  bud ini sangat berperan dalam proses pembersihan telinga, namun ternyata membersihkan telinga dengan cotton bud ini adalah salah satu hal yang cukup membahayakan bagi kesehatan telinga sendiri. Hal ini biasanya dikarenakan intensitas pembersihan telinga yang sangat sering sehingga membuat beberapa luka di dalam telinga yang nantinya akan menghalangi pendengaran juga dan menimbulkan beberapa penyakit telinga.

Ternyata meskipun kapas yang digunakan di ujung cotton bud untuk membersihkan telinga, namun ternyata kapas ini juga sangat berperan dalam merusak gendang telinga. Hal ini tentunya jika pembersihan telinga dilakukan dengan jarak jangkauan yang dalam. Hal inilah juga yang menyebabkan banyak orang datang ke dokter THT untuk mengatasi masalah ini. Bahkan jika hal ini terjadi secara terus menerus dan juga mempengaruhi saraf yang ada di telinga sehingga saraf ini bisa saja mengenai saraf di otak yang nantinya akan mempengaruhi terjadinya kelainan saraf wajah seseorang.

 

tusuk telinga GAMBAR TUSUK TELINGA
.
Updated: Mei 2, 2016 — 22:10
On The Spot © 2014