On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Hewan-Hewan Air Terbesar di Dunia

Onthespotv7.com –  Keberagaman hewan di dunia ini tentunya bisa membuat dunia ini lebih kaya dan semakin menarik untuk diteliti. Hewan yang kita lihat biasanya akan memiliki keunggulan masing-masing dan ukuran yang berbeda tiap hewan. Namun yang akan kita bahas kali ini adalah hewan yang memiliki keunggulan berdasar ukuran tubuhnya yang besar. Hal ini menjadi semakin unik karena ukurannya lebih besar daripada satu spesiesnya. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa hewan terbesar di dunia khususnya hewan air.

  • Hiu PausFoto hiu paus raksasa oleh unik SegiEmpat

Hewan pertama yang memiliki ukuran tubuh yang besar adalah hiu paus. Sepertinya hal ini bukanlah hal yang asing bukan? Ya, karena memang sesungguhnya hiu paus ini adalah hewan terbesar di dunia. Hiu paus atau yang disebut hiu tutul karena memiliki pola tubuh berupa bintik putih di sekujur tubuhnya yang berwarna abu-abu dan bagian perutnya yang bewarna putih.Hiu ini memang memiliki ukuran yang sangat besar bahkan ikan ini dijadikan sebagai hewan terbesar di dunia, namun tidak perlu khawatir karena hiu paus ini adalah binatang yang memakan plankton di lautan bebas. Hal ini adalah hal yang aneh bukan karena hiu paus yang berukuran besar ini bisa bertahan hidup sekitar 70 tahun lamanya hanya dengan memakan plankton kecil, namun ternyata hal yang bisa menjelaskan adalah karena hiu paus ini memiliki sistem penyaringan di dalam mulut besarnya yang sangat hebat. Namun ternyata diantara hiu paus yang berukuran besar ini, ada yang memiliki ukuran lebih besar lagi. Hiu Paus yang ditemukan di samudra tropis ini memiliki panjang sekitar 13 meter dan memiliki berat sekitar 16 ton. Dengan hal ini tentunya Anda akan merasa merinding ketika berada di samping hiu paus ini karena ukuran tubuh Anda bisa jadi tidak lebih besar dari ukuran siripnya.

Klik untuk memutar
  • BuayaFoto buaya raksasa oleh unik SegiEmpat

Pernahkah Anda memikirkan tentang seberapa besar ukuran buaya yang merupakan predator kejam ini? Ya, mungkin Anda tidak akan memikirkan bahwa buaya yang dilihat di sekitarnya ini akan adalah buaya yang memiliki ukuran tubuh biasa dan cenderung kecil jika dibandingkan dengan buaya yang ditemukan di Australia ini. Setengah abad yang lalu telah ditemukan di daerah perairan Australia ini seekor buaya yang sangat besar yaitu dengan ukuran panjang sekitar 6 meteran. Buaya ini sangat menggemparkan Australia pada saat itu sehingga banyak ahli yang menjadikan buaya tersebut sebagai bahan penelitian. Namun ternyata ada kemunculan buaya lagi yang juga sangat menggemparkan, hal ini dikarenakan buaya ini memiliki ukuran yang lebih besar daripada ukuran buaya yang ditemukan pada 50 tahun yang lalu. Pada tahun 2006, di sekitar perairan payau Australia, beberapa orang secara tidak sengaja menemukan buaya yang memiliki ukuran sangat besar ini.

Bayangkan saja, tinggi buaya ini mencapai 8 meter dan jika disejajarkan dengan truk, tubuhnya hampir sama dengan besarnya truk. Buaya ini ditemukan di sebuah kota teluk kecil bernama Normanton yang berada di daerah Queensland. Di sungai yang mengairi beberapa daerah ini sempat dikatakan telah hidup seekor buaya raksasa. Hal ini tentunya merupakan hal yang kurang dipercayai oleh masyarakat setempat. Namun hal ini menjadi kenyataan yang mengerikan karena telah ditangkap dalam keadaan hidup buaya yang sangat besar dan memiliki ukuran 8 meter. Pada awalnya buaya raksasa ini tidak muncul dan ada seorang pendeta yang telah mengambil foto mengenai ukuran buaya ini. Ukuran telapak kakinya ini saja mencapai 25 cm lebarnya dan kedalaman jejak ke dalam tanah yaitu sekitar 2,5 cm dan ketika diukur jarak antara kaki depan dan belakangnya ini mencapai jarak 1 meter. Dengan adanya data yang sangat akurat ini, mulailah ada beberapa pihak yang sengaja pergi dan menelusuri sungai tersebut untuk mencari tahu keberadaan buaya raksasa ini.

Dan sejak foto yang diambil oleh pendeta bernama Elie Thompson ini menyebar di dunia maya, banyak warga yang mulai mengaku bahwa telah melihat makhluk besar ini dengan mata kepala mereka. Tidak berselang lama dari pengakuan banyak orang ini, ada seorang nelayan yang juga mengaku telah melihat buaya berukuran raksasa ini di sungai Normanton. Nelayan ini mengatakan bahwa ukuran sebenarnya dari buaya ini lebih besar dari yang diperkirakan bahkan ekor dari sang buaya saja mencapai ukuran perahu sang nelayan yang digunakan untuk mencari ikan ini. Pertanyaanya kini adalah, makanan apa saja yang dimakan buaya ini hingga memiliki tubuh yang begitu besar?

 

hewan hewan dengan keunggulannya masing masing paus hiu di air
.
Updated: Mei 17, 2016 — 11:20
On The Spot © 2014