On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Ini Tokek yang Mirip Katak Kermit


Seekor tokek yang mencoba untuk menyamarkan diri di pohon – tiba-tiba melompat dan memberikan ekspresi wajah yang membuatnya sangat mirip dengan tokoh Kermit si Katak.

Seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, Makhluk berkaki panjang tersebut menyamarkan dirinya saat mengetahui kehadiran predatornya, yaitu burung Coua yang berputar-putar di puncak-puncak pohon di Nosy Mangabe – sebuah pulau di lepas pantai Madagaskar di Afrika.

Klik untuk memutar

Namun, setelah menyadari penyamarannya diganggu oleh fotografer, tokek besar terebut segera mengungkapkan dirinya menjadi karakter komedi.

Dengan mata melotot dan badan kurus, tokek kaki panjang mengingatkan kita akan tokoh Kermit sang katak

Tokek tersebut bergantung di cabang pohon sebelum mengungkapkan seringai besarnya sehingga menyerupai karakter Muppet yang terkenal.

Fotografer Sam Rowley, mahasiswa biologi tahun ketiga di Universitas Bristol, melihat tokek di perjalanan ke Nosy Mangabe.

“Mereka biasanya hanya beberapa meter dari tanah di batang, sehingga lebih mudah untuk dilihat,” katanya.

“Nosy Mangabe adalah tempat terbaik untuk melihat mereka karena hanya ada sedikit couas, sebuah spesies burung besar. Untungnya, tokek yang satu ini tidak keberatan dengan kehadiran kami – ia mengasumsikan saya tidak bisa melihatnya. Namun ketika suara beberapa burung besar mulai terdengar dekat, tokek itu menjadi sedikit gelisah dan mengatakan kepada saya untuk pergi dengan memberikan wajah seperti Kermit. Saya langsung meninggalkannya.”

“Hewan-hewan nokturnal, pemakan serangga, memiliki penglihatan 350 kali lebih sensitif daripada manusia. Sayangnya mereka berada di bawah ancaman dari perdagangan hewan peliharaan ilegal, “tambah Mr Rowley.

“Mereka beristirahat dengan kepala mereka menghadap ke bawah, sehingga sinar matahari tidak memantulkan cahaya di mata mereka ke burung sehingga predator tidak melihat mereka dengan mudah saat terbang di atas. Dan juga agar air hujan tidak turun langsung ke lubang hidung mereka. Mereka akan tetap pada batang pohon selama matahari berada di atas cakrawala.”


Tokek menyembunyikan diri dengan berkamuflase terhadap pohon


Dapatkah anda menemukan sang tokek?

Baca Juga mengenai hewan-hewan yang ahli kamuflase dan lihatlah apakah anda dapat menemukannya disini

.
Updated: Oktober 8, 2015 — 03:35
On The Spot © 2014