On The Spot 7

Informasi Unik dan Menarik

Katak Ini dapat Bangkit dari ‘Kematian Beku’ nya


Ada beberapa makhluk yang memiliki toleransi tertentu untuk suhu di bawah nol, tapi tidak ada yang semenakjubkan Katak Kayu Alaska (Alaska Wood Frog). Amfibi kecil ini bisa bertahan hidup meskipun tubuhnya hampir sepenuhnya beku selama musim dingin, dan secara ajaib hidup kembali segera setelah musim semi tiba!

Seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, Selama berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan selama periode hibernasi musim dinginnya, lebih dari 60 persen tubuh katak ini membeku; ia berhenti bernapas dan jantungnya berhenti berdetak. Proses fisik seperti aktivitas metabolisme dan produksi limbah terhenti. “Untuk semua maksud dan tujuan, mereka mati,” kata Don Larson, Ph.D. mahasiswa di Fairbanks, Alaska. Menurut penelitian, katak kayu bisa bertahan di musim dingin yang panjang di mana suhu berkisar antara – 9 derajat Celcius hingga -18 derajat Celcius.

Klik untuk memutar

Para peneliti telah menemukan bahwa alasan untuk fenomena ajaib ini adalah konsentrasi tinggi cryoprotectants pada jaringan kayu katak. Ini adalah larutan (mengandung glukosa dan urea) yang menurunkan suhu pembekuan sel katak, membantu mereka bertahan hidup. Pada kebanyakan hewan, paparan suhu di bawah nol untuk waktu yang lama dapat menyebabkan penyusutan seluler. Selama proses ini, air ditarik dari sel-sel tubuh untuk membentuk es, akhirnya mengisap mereka hingga kering dan membunuh sel. Tapi pada katak kayu, krioprotektan membantu sel-sel melawan penyusutan.

“Krioprotektan cenderung menurunkan titik beku,” kata Jon Costanzo Departemen Zoologi di Miami University di Ohio. “Ini membatasi jumlah es yang benar-benar terbentuk dalam tubuh pada setiap bagian.” Costanzo telah meneliti katak kayu selama 25 tahun terakhir – ia ingin memahami bagaimana katak bisa berfungsi pada tingkat fisiologis dan kimia.

[embedded content]

Berkat katak kayu yang luar biasa, para peneliti medis telah menemukan cara membekukan dan menghangatkan kembali organ dan jaringan hidup tanpa merusak mereka, yang memiliki implikasi serius dalam bidang seperti transplantasi organ.

Katak-katak unik lainnya dapat anda baca disini, sedangkan misteri ribuan katak yang meledak dapat dibaca disini

.
Updated: Agustus 11, 2016 — 09:26
On The Spot © 2014